Berburu Lailatul Qadar? Cek 5 Ciri Ini!

gambar: ikhtisarislami.com
Lailatul Qadar menjadi malam yang dinanti kala Ramadan tiba, dan ramai diperbincangkan ketika puasa sudah memasuki 10 hari terakhir.  Kita selalu menebak-nebak kapan kiranya malam yang dikatakan sebagai lebih baik dari 1000 bulan ini datang. Ada beberapa tanda yang bisa mengindikasikan the power of night ini. Apa saja? Check this out!

1. Tanggal Ganjil

"Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan ramadhan" (HR. Bukhari).

Dari hadis riwayat Bukhari di atas, bisa kita asumsikan lailatul qadar jatuh di antara tanggal-tanggal ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. Biasanya orang-orang semakin giat beribadah ketika memasuki tanggal-tanggal ini.

2. Pagi Cerah

".. Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot" (HR Muslim).

Tanda-tanda yang nampak ketika lailatul qadar datang ialah ketika matahari bersinar lebih putih dan bersih dibandingan biasanya. Tentunya harus siap stay terjaga pagi-pagi untuk mengamati kejadian ini. Itu pun kalau peka dan bisa merasakan perubahannya. That's special day indeed.

3. Malam Tenang

Karena malam ini lebih baik dari seribu bulan, rasanya akan berbeda dengan malam-malam Ramadan biasanya meski sama-sama di bulan suci. Akan ada banyak keistimewaan di malam ini. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, “Sesungguhnya tanda lailatul qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tenteram, tidak dingin dan tidak panas".

4. Tidak Hujan

Karena langit cerah dari pagi, malamnya pun tidak mendung. Maka 10 malam terakhir ramadan ketika tidak turun hujan, bisa berindikasi datangnya lailatul qadar. Ciri ini juga dijelaskan dalam kitab Irsyadul Ibad loh! Tapi jangan jadikan ini sebagai patokan final datangnya lailatul qadar.

5. Membekunya Air, dan Heningnya Pepohonan

Dua ciri ini tentu memiliki denotasi yang luas. Sederhananya, karena keistimewaan lalilatul qadar, semua yang menjadi ciptaan-Nya menunduk hormat menyambut kedatangannya. Ciri ini bisa kita asumsikan dengan tenangnya malam yang membuat ibadah kita menjadi lebih khusyu'.

Banyak ayat al-Quran dan hadis yang menyebutkan ciri-ciri malam istimewa ini yang diakui keabsahannya. Namun, di balik semua itu bukan berarti kita hanya mengultuskan 10 hari terakhir bulan Ramadan untuk memperbanyak ibadah. Tetap, kita selayaknya selalu beribadah kepada Sang Maha Pencipta di setiap waktunya, tidak harus menunggu malam ini tiba.

Kehadiran lailatul qadar menjadi 'hidangan' terlezat yang Allah sediakan bagi mereka para 'pemenang' . Layaknya perjamuan, sebelum menyantap hidangan utama sebelumnya kita dijamu dengan 'appetizer' berupa keutamaan ibadah berkali lipat dibandingkan biasanya. Lailatul qadar seumpama 'menu besar' yang akan membuat kita 'kenyang' dan merasakan lezatnya bulan ramadan.

[Adha]

Artikel Lain:

33 Aktivitas yang Dilakukan Orang di Bulan Puasa

Lupakan Rasa Laparmu di Empat Spot Ngabuburit di UIN Walisongo

6 Kebiasaan Mahasiswa UIN Walisongo Saat Ramadhan


KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,127,Berita,780,cerpen,19,Dosen,3,EkspreShe,22,Essay,70,Generasi Milenial,17,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,17,Keagamaan,4,Kesehatan,4,Mahasiswa,11,Oase,149,Opini,132,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,63,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,25,Surat Pembaca,7,Teknologi,6,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,19,Zodiak,1,
ltr
item
IDEApers: Berburu Lailatul Qadar? Cek 5 Ciri Ini!
Berburu Lailatul Qadar? Cek 5 Ciri Ini!
Lailatul Qadar, malam lebih baik dari seribu malam. Datang saat bulan puasa Ramadhan.
https://2.bp.blogspot.com/-JYaXgujRkCk/XNjhHFjLBKI/AAAAAAAAH6U/fw9xReVRkzkfWRdyGa-b2n7DOlCmnoShwCK4BGAYYCw/s1600/Berburu-Lailatul-Qadar-Cek-Ciri-Ini%2521.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-JYaXgujRkCk/XNjhHFjLBKI/AAAAAAAAH6U/fw9xReVRkzkfWRdyGa-b2n7DOlCmnoShwCK4BGAYYCw/s72-c/Berburu-Lailatul-Qadar-Cek-Ciri-Ini%2521.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/05/berburu-lailatul-qadar-cek-5-ciri-ini.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/05/berburu-lailatul-qadar-cek-5-ciri-ini.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin