Ini 8 Fakta Terbaru SBMPTN 2019

gambar: http://undiksha.ac.id
Buat kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 12 dan ingin masuk UIN Walisongo lewat jalur SBMPTN, pastikan kamu sudah mempersiapkannya mulai sekarang. Apalagi saat ini sudah memasuki masa pendaftaran jalur masuk perguruan tinggi. Pastinya kamu membutuhkan banyak informasi terkait pelaksanaan SBMPTN di UIN Walisongo.

Berdasarkan informasi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengeluarkan aturan baru terkait pelaksanaan SBMPTN tahun ini. Peraturan ini juga berlaku dalam pelaksanaan SBMTN di UIN Walisongo 2019. Apa saja peraturan baru tersebut?

1. Kuota SNMPTN 2019 Berkurang

Seperti yang diketahui bahwa terdapat tiga jalur masuk perguruan tinggi negeri. Yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Jalur Mandiri. Penting kamu ketahui bahwa jumlah kuota jalur SNMPTN tahun ini telah berkurang. Jika sebelumnya kuota mencapai 30 persen, kini dipangkas menjadi 20 persen saja. Sementara Kuota jalur SBMPTN meningkat menjadi 40 persen. Sedangkan kuota jalur mandiri tidak berubah di angka 40 persen. Perubahan kuota ini tentunya juga berdampak pada kuota penerimaan mahasiswa baru UIN Walisongo dari jalur SNMPTN dan SBMPTN.

2. Alur Penerimaan Baru 

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tahun sebelumnya, peserta mendaftarkan diri serta memilih jurusan di PTN yang diinginkan kemudian baru mengikuti tes. Tahun ini mekanismenya berubah. Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menuturkan bahwa peserta mengikuti tes terlebih dahulu. Setelah itu calon mahasiswa akan mendapatkan nilai dari hasil tes tersebut. Nilai itulah yang akan digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi yang diinginkan. Jika kamu memilih UIN Walisongo sebagai PTN pilihanmu, pastikan nilai ujianmu cukup baik, ya.

3. Kuasai Dua Materi

Ada dua materi yang harus dikuasai peserta yang akan mendaftarkan diri untuk tes SBMPTN 2019. Pertama, Tes Potensi Skolastik (TPS). Kedua, Tes Kompetensi Akademik (TKA). Kedua tes tersebut masih berlaku untuk rumpun keilmuan Saintek dan Soshum. Hanya saja tahun ini jumlah soal TPS akan ditambah. Tujuannya untuk mengukur kemampuan kognitif peserta, kemampuan penalaran, dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan menempuh pembelajaran di perguruan tinggi.

4. Ujian Berbasis Cetak Dihapuskan

Penting untuk kamu ketahui bahwa dalam pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya menerapkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Kabarnya, Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) resmi dihapuskan. Hal ini disampaikan sendiri oleh Ketua Panitia Pusat (Panpus) Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri yaitu Prof. Ravik Karsidi. Hal ini berarti kamu harus ekstra hati-hati dan lebih cermat dalam mengerjakan SBMPTN 2019. Sebab soal dalam sistem hanya bisa dijawab dengan satu klik saja. Melihat fasilitas yang ada di UIN Walisongo, kira-kira mungkin enggak ya UTBK dilaksanakan?

5. Dikelola Institusi Nirlaba LTMPT

Penyelenggaraan SBMPTN akan digelar oleh sebuah institusi dengan nama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Lembaga ini tidak hanya bertugas mengadakan ujian SBMPTN saja tetapi juga mengelola serta mengolah data calon mahasiswa baru sebagai bahan seleksi SNMPTN maupun SBMPTN oleh pihak rektor setiap PTN.

6. Kesempatan Dua Kali Tes

Sebelumnya para pejuang SBMPTN harus pasrah menerima apapun hasilnya berdasarkan satu kali tes. Peserta SBMPTN 2019 diperkenankan mengikuti tes ulang sekali lagi jika hasil tes dirasa belum memuaskan. Ketua Panitia SBMPTN 2019 Ravik Karsidi menjelaskan bahwa setiap peserta dapat ikut maksimal dua kali dengan membayar 200 ribu rupiah untuk setiap tes. Adapun jenis soal yang diujikan sama namun dengan pertanyaan yang berbeda. So, manfaatkan kesempatan ini dengan baik ya, gaes.

7. Uji Keterampilan Ditiadakan 

Bagi kamu yang ingin mengambil jurusan Seni dan Olahraga, untuk tahun ini agak berbeda. Jika tahun sebelumnya ujian dalam bentuk keterampilan, kali ini peserta hanya perlu menjalani seleksi portofolio untuk ujian SBMPTN 2019. Sayangnya di UIN Walisongo belum ada jurusan olahraga dan seni, jadi kamu harus bersabar, ya.

8. Dilaksanakan Sebelum UN 2019 

Kabarnya SBMPTN 2019 akan diadakan sebelum Ujian Nasional (UN). Kemungkinan besar SBMPTN akan diadakan sekitar Maret dan April 2019. Ujian Nasional pun tidak akan menjadi pertimbangan untuk seleksi masuk PTN. UN sendiri hanya akan menjadi pertimbangan untuk kelulusan saja. Jadi latar belakang akademik pendidikan nampaknya tidak terlalu menjadi perhatian serius dalam seleksi masuk PTN tahun ini.

Setelah mengetahui 8 hal baru tentang seleksi masuk PTN, sudahkah kamu menentukan strategi untuk menghadapi SBMPTN, SNMPTN, dan Jalur Mandiri?

[Zair]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,183,Berita,965,cerpen,20,Dosen,5,EkspreShe,24,Essay,74,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,17,Kesehatan,8,Mahasiswa,125,Muharram,1,Oase,200,Opini,155,opini mahasiswa,2,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,80,Resensi,11,Resensi Buku,14,Resensi Film,22,Riset,4,Sastra,44,Semarang,1,Surat Pembaca,7,Suro,2,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,175,UKM,3,Wisuda,22,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Ini 8 Fakta Terbaru SBMPTN 2019
Ini 8 Fakta Terbaru SBMPTN 2019
Ini 8 Fakta Terbaru SBMPTN 2019. Berdasarkan informasi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengeluarkan aturan baru terkait pelaksanaan SBMPTN tahun ini. Peraturan ini juga berlaku dalam pelaksanaan SBMTN di UIN Walisongo 2019.
https://4.bp.blogspot.com/-o4OJ5-HIyUo/XJSzXUJaB_I/AAAAAAAAHVI/5Eh2H4mu8REsCYkeG78qvr7OBnzwr4MOgCLcBGAs/s1600/Ini-8-Fakta-Terbaru-SBMPTN-2019.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-o4OJ5-HIyUo/XJSzXUJaB_I/AAAAAAAAHVI/5Eh2H4mu8REsCYkeG78qvr7OBnzwr4MOgCLcBGAs/s72-c/Ini-8-Fakta-Terbaru-SBMPTN-2019.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/03/ini-8-fakta-terbaru-sbmptn-2019.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/03/ini-8-fakta-terbaru-sbmptn-2019.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin