Kisah Perjuangan Mahasiswa Disabilitas untuk Bisa Wisuda dan Pesan Inspiratifnya

Aldo Amenta Berjalan di Panggung dan Menerima Gelar Wisuda

Semarang, IDEAPERS.COM - Mahasiswa penyandang disabilitas asal Florida International University (FIU) berhasil mewujudkan mimpinya, berjalan tanpa kursi roda saat menerima gelar sarjana.

Tiga tahun lalu, dilansir dari CBS News (22/01/19), mahasiswa asal Venezuela, Aldo Amenta harus menjalani perawatan di Rumah Sakit selama dua bulan. Ia koma selama dua minggu dan dinyatakan menderita infeksi paru-paru. Jantungnya sempat berhenti dua kali. Amenta juga dinyatakan lumpuh.

Kejadian bermula ketika Amenta mengalami kecelakaan. Tepatnya pada 5 November 2017 lalu, lehernya patah setelah menyelam ke ujung kolam renang yang dangkal. Setelah keluar dari Rumah Sakit, Amenta tidak bisa lepas dari kursi roda. Saat itu Ia berpikir tidak ada harapan untuk lulus kuliah, terlebih dapat berjalan di hari kelulusannya.

Apalagi ia harus memulai dari Nol demi melanjutkan hidup. Bekerja untuk membayar biaya medis dan fokus pada kesehatannya. Ia juga mengalami kesulitan terkait legalitas. Visa pelajar miliknya dipertanyakan karena Amenta tidak terdaftar di kelas.

Kemudian Ia memutuskan menghubungi FIU, guna mendapatkan bantuan. FIU menawarkan beasiswa untuk Amenta menyelesaikan studinya sebagai mahasiswa Teknik Elektro.

Pemberian beasiswa tersebut memotivasi Amenta untuk menata ulang hidupnya. Mengembalikan kepercayaan diri dan bekerja keras. Kesempatan yang ia dapatkan membuatnya bermimpi, bisa berjalan ke panggung ketika wisuda.

Dengan tekad yang kuat, Amenta berlatih menggunakan alat bantu eksoskeleton. Selama Enam bulan hingga Satu tahun ia berlatih, berlatih, dan terus berlatih untuk mewujudkan mimpinya.

Perjuangannya membuahkan hasil. 20 Januari 2019 kemarin, menggunakan alat bantu eksoskeleton, Amenta berjalan ke panggung dan menerima gelar sarjana Teknik Elektro. Bahkan, saat ini ia sedang menyiapkan diri untuk melanjutkan studinya dan berharap bisa berjalan normal kembali.

Amenta merasa bersyukur atas segala dukungan yang ia terima. Ia juga menyampaikan bahwa kita harus selalu menjaga harapan, selalu tekun dan kerja keras, serta sabar ketika mengalami situasi yang kurang baik.

"Jika kamu menemukan dirimu di tempat yang benar-benar gelap, selalu ada sedikit cahaya yang akan menerangi jalanmu untuk sukses. Jadi, ikuti saja itu," ujar mahasiswa disabilitas tersebut kepada CBS News (22/01/18). [A]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,23,Berita,643,cerpen,17,EkspreShe,18,Essay,47,Oase,80,Opini,85,Puisi,56,Resensi,6,Resensi Buku,11,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,15,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Kisah Perjuangan Mahasiswa Disabilitas untuk Bisa Wisuda dan Pesan Inspiratifnya
Kisah Perjuangan Mahasiswa Disabilitas untuk Bisa Wisuda dan Pesan Inspiratifnya
Tiga tahun lalu, mahasiswa asal Venezuela, Aldo Amenta harus menjalani perawatan di Rumah Sakit selama dua bulan. Ia koma selama dua minggu dan dinyatakan menderita infeksi paru-paru. Jantungnya sempat berhenti dua kali. Amenta juga dinyatakan lumpuh.
https://3.bp.blogspot.com/-vVi3p6nmzOQ/XEcMzd7MA8I/AAAAAAAAGpY/X40YrD9k0J8-q06vlKjDP8hgCRwNInl_ACK4BGAYYCw/s1600/Kisah%2BMahasiswa%2BDisabilitas%2Buntuk%2BBisa%2BWisuda%2Bdan%2BPesan%2BInspiratifnya_cpj.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-vVi3p6nmzOQ/XEcMzd7MA8I/AAAAAAAAGpY/X40YrD9k0J8-q06vlKjDP8hgCRwNInl_ACK4BGAYYCw/s72-c/Kisah%2BMahasiswa%2BDisabilitas%2Buntuk%2BBisa%2BWisuda%2Bdan%2BPesan%2BInspiratifnya_cpj.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/01/kisah-perjuangan-mahasiswa-disabilitas-untuk-bisa-wisuda-dan-pesan-inspiratifnya.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/01/kisah-perjuangan-mahasiswa-disabilitas-untuk-bisa-wisuda-dan-pesan-inspiratifnya.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin