Baca Ini Agar Tidak Dibantai Penguji di Sidang Skripsi




Saat kamu sudah berada di semester gak muda lagi, yakni yang fokus membuat skripsi saja, atau saat skripsimu sudah selesai dan tinggal diujikan saja, yang terlintas di pikiranmu adalah gambaran pembantaian oleh dewan penguji kepadamu yang terlihat horor karena menentukan lulus tidaknya kamu.

Di situasi tersebut semua orang pasti merasakan cemas dan takut yang menyelemuti hari-hari sampai waktu sidang datang. Ada tips buatmu nih biar ngga sampai dirimu terbantai di sidang skripsi.

Berikut ulasannya:

Pertama, Kecemasan dan Ketakutanmu itu Manusiawi



Jadi, selama belum sidang skripsi kamu masih menjadi manusia yang manusiawi. Karena saat kamu meremehkan dan acuh pada sidang dan bayangan pembantaian itu artinya kamu diindikasikan menjadi manusia yang cukup sombong dan angkuh. Hal itu sungguh tidak baik.

Sambil menikmati harap-harap cemas, cobalah untuk membulatkan niat dan tekat, serta usaha belajar menguasai materi yang akan disidangkan. Jangan lari dari kenyataan.


Kedua, Buat Ceklist Pertanyaan dan Poin Skripsi



Cobalah untuk menonton orang lain yang sedang ujian atau sidang skripsi. Selanjutnya cobalah list pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul lalu jawab sesuai hasil dan yang tertuang penelitianmu.

Pertanyaan seperti mengapa kamu mengambil obyek penelitian ini? Metodologi yang digunakan? Validitasnya bagaimana? dan semacamnya. Serta list poin-poin inti di dalam skripsimu. Di sana kamu akan cukup menguasai materi.


Ketiga, Persiapan Presentasi



Bikin presentasimu bisa menghipnotis penguji. Maksudnya dari penampilan dan tata krama yang harus kamu pelajari dan praktikkan nanti, File presentasi yang menarik namun janhan keluarkan semua di file presentasi tersebut. Jadi jebak penguji dengan pertanyaan yang sebenarnya kamu tahu jawabannya karena tidak kamu tuliskan di presentasi.

Keempat, Kuasai tentang Waktu Sidang dan Karakter Penguji



Waktu sidang sangat mempengaruhi pembantaian. Saat waktu sidangmu pagi, mungkin penguji masih belum fokus jadi praktik pembantaian mungkin bukan seberapa. Saat sidang di siang hari itu biasanya banyak pembantaian, karena penguji lapar dan suasana panas. Dan saat sore, penguji kecapekan.

Waktu itu jangan diremehkan. Pagi kamu harus juga tetap terlihat fresh dan jangan bikin penguji badmood. Saat siang cobalah tetap buat suasana sidang seperti pagi. Dan saat sore jangan sampai bikin penguji emosi.

Selanjutnya, menguasai karakter penguji. Ada penguji yang sering menanyakan metodologi saja misalnya, jadi kamu harus mempersiapkan materi metodologi yang matang. Atau ada penguji yang mau disebutkan namanya dan gelarnya lengkap, atau ada pula penguji yang nggak suka terlalu lama ramah tamah pembukaan, dan lain sebagainya.

Kelima, Sikap Sejati Peneliti



Sikap inilah yang harus kamu tahu dan ini penting. Kamu seorang peneliti yang sudah membuat karya dan harus mempertanggungjawabkannya. Jadi meskipun terbantai sehebat apapun, cobalah untuk tidak gentar dan berusaha menjawab semampumu. Jangan diam saja atau kayak kebingungan. Karena penguji akan mempertanyakan keaslian penelitianmu. Sikapmu harus meyakinkan ya gays:)

Sekian semoga sidang skripsimu lancar jaya.. Thankyu:) (*)

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,126,Berita,777,cerpen,19,Dosen,3,EkspreShe,22,Essay,70,Generasi Milenial,16,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,17,Keagamaan,4,Kesehatan,4,Mahasiswa,8,Oase,146,Opini,132,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,63,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,25,Surat Pembaca,7,Teknologi,6,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,17,Zodiak,1,
ltr
item
IDEApers: Baca Ini Agar Tidak Dibantai Penguji di Sidang Skripsi
Baca Ini Agar Tidak Dibantai Penguji di Sidang Skripsi
semua orang pasti merasakan cemas dan takut yang menyelemuti hari-hari sampai waktu sidang datang. Ada tips buatmu nih biar ngga sampai dirimu terbantai di sidang skripsi.
https://4.bp.blogspot.com/-dZQQF6c8kJg/XEbiYDfzZUI/AAAAAAAAGpM/-28odDxudN8Yh3wL5HWM7h0HwSO5-4XdACK4BGAYYCw/s1600/Baca%2BIni%2BAgar%2BTidak%2BDibantai%2BPenguji%2Bdi%2BSidang%2BSkripsi-jpg.png
https://4.bp.blogspot.com/-dZQQF6c8kJg/XEbiYDfzZUI/AAAAAAAAGpM/-28odDxudN8Yh3wL5HWM7h0HwSO5-4XdACK4BGAYYCw/s72-c/Baca%2BIni%2BAgar%2BTidak%2BDibantai%2BPenguji%2Bdi%2BSidang%2BSkripsi-jpg.png
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/01/baca-ini-agar-tidak-dibantai-penguji-di-sidang-skripsi.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/01/baca-ini-agar-tidak-dibantai-penguji-di-sidang-skripsi.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin