Mencari Kenikmatan Iman


Judui buku : Syarah al-Hikam
Penulis : K.H. Sholeh Darat
Penerjemah : Agustin Ulum dan Agustin Mufarohah
Penerbit : Sahifa
Tahun terbit : 2016
Peresensi : Abdi Pribadi
 “Sesungguhnya yang menjadikanmu bersusah hati karena tidak adanya pemberian, itu karena engkau tidak memahami pemberian Allah”.

Kutipan dari buku Syarah Al-Hikam karya K.H. Sholeh Darat itu menunjukan bahwa, adanya kenikmatan dari kesusahan dan kepedihan yang dihadapi manusia. 

Buku penggugah keikhlasan, ketawakkalan, serta selalu berprasangka baik kepada Tuhan ini awalanya ditulis menggunakan aksara pegon. Karya ini ditulis pada tahun 1820-1903 oleh K.H. Sholeh Darat dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Agustin Ulum dan Agustin Mufarohah.

Ketika pertama kali membaca buku ini pembaca disajikan dengan jejak K.H. Sholeh Darat secara singkat, mulai ia kecil sampai menghembuskan nafas terakhir. Ini membuat pembaca akan leih mengenali sosok K.H. Sholeh Darat, walaupun tidak mendalam.

Buku setebal 396 halaman ini, terdapat banyak footnote penjelesan istilah arab yang sangat memudahkan pembaca memahami tujuan sang penulis. Terlebih, Al Hikam adalah buku yang notabene berbasis tasawuf dan terbilang sulit untuk dipahami secara tekstual, namun penjelasan yang diberikan oleh penulis sangat membantu pembaca memahaminya.

Lebih dalam lagi, buku ini mengajak pembaca untuk meninggalkan rasa cemas terhadap keduniaan, seperti harta, rezeki, hawa nafsu, dan hal-hal bersifat duniawi lainnya. Sehingga manusia hidup dalam kelezatan dan mahabbah (cinta) pada Tuhan. Ketika manusia cinta dan mengenal siapa penciptanya, maka tak ada yang ia takuti dalam menjalani kehidupanya.

Sekilas, buku ini tak ayal seperti bermadzhab Jabariyyah (segala sesuatu sudah diatur oleh Tuhan). Hal ini bisa dilihat dari awal hingga akhir penjelasan dalam buku ini, yang  membahas agar manusia dapat menyembah kepada-Nya secara total tanpa mengharapkan surga dan takut akan neraka. Surga diberikan oleh Tuhan bukan semata-mata karena amal perbuatannya, akan tetapi karena fadhal-Nya, dan manusia dimasukkan ke dalam neraka bukan karena perbuatannya saja, tapi karena murkanya Allah.

Dalam beberapa penjelasan ada perumpaan untuk memudahkan memahami arti dari kata-kata tersebut. Namun, ada banyak kutipan dari Ibnu Atha’illah yang pendek dan dijelaskan terlalu singkat, sehingga sulit untuk memahaminya. Misalnya pada kutipan berikut, “engkau merdeka dari sesuatu yang tidak engkau inginkan, dan menjadi budak dari sesuatu yang kau harapkan”. Penjelasan dari kata ini seakan tidak tuntas dan menyisakan tanya besar bagi pembaca.

Terlepas dari itu semua, terjemah dari Syarah Al Hikam ini bisa disebut sebagai karya besar, karena menerjemahkan aksara Arab Pegon ke dalam bahasa Indonesia bukanlah perkara mudah. Terlebih begitu banyak varian dan arti dalam bahasa Jawa ketika dialihkan ke dalam bahasa Indonesia. Namun, apabila penulis lebih banyak memberikan analisisnya untuk menambahi penjelasan yang masih samar akan menjadikan buku ini renyah dan mudah untuk dipahami pembaca. [Abdi]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,19,Berita,630,cerpen,17,EkspreShe,18,Essay,43,Oase,77,Opini,79,Puisi,54,Resensi,5,Resensi Buku,11,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,13,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Mencari Kenikmatan Iman
Mencari Kenikmatan Iman
“Sesungguhnya yang menjadikanmu bersusah sehati karena tidak adanya pemberian, itu karena engkau tidak memahami pemberian Allah”.
https://1.bp.blogspot.com/-GkNRVHf9oLQ/Vvv3LzsON6I/AAAAAAAABOg/rPO9WGqJBXw-DmHZCe72vwZB_p7hJaiuA/s320/resensi-al-hikam-ideapers.com.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GkNRVHf9oLQ/Vvv3LzsON6I/AAAAAAAABOg/rPO9WGqJBXw-DmHZCe72vwZB_p7hJaiuA/s72-c/resensi-al-hikam-ideapers.com.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2016/03/mencari-kenikmatan-iman.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2016/03/mencari-kenikmatan-iman.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin