Mau Dibawa Kemana Ushuluddin?





Semarang, IDEApers.com - UIN Walisongo Semarang selain meresmikan tiga fakultas baru juga meresmikan perubahan nama Fakultas Ushuluddin (FU), menjadi Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHum) (11/15). Menurut dekan FUHum, Muhksin Jamil penambahan kata humaniora tersebut seiring dengan transformasi kelembagaan dari IAIN ke UIN.

Lebih lanjut, Mukhsin menguraikan bahwa fakultas yang notabene adalah for Islamic Studies selama ini dipandang ekslusif atau kurang berelasi dengan ilmu-ilmu sosial dan Humaniora. Oleh sebab itu, secara teknik dipertimbangkan oleh pihak fakultas dengan adanya kemungkinan penggunaan nama dan perangkat ilmu lain. Hal tersebut dilakukan agar keilmuan di Ushuluddin terintegrasi dan terinterkoneksi dengan bidang-bidang ilmu lain. Kemudian ditemukanlah nama itu dengan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.

Selain itu, Mukhsin jamil juga menambahkan, perubahan nama fakultas berkepentingan untuk menjadikan tetap bereksistensi dan tidak tertinggal di tengah UIN Walisongo yang membuka program-program sains dan teknologi dan ilmu sosial.

"Maka, cakupan pembelajaran dan program studi yang dikembangkan di fakultas kita bukan semata-mata program studi keislaman saja, seperti selama ini kita kembangkan. Tetapi kita menginginkan ada kemungkinan untuk membuka prodi-prodi baru di bidang humaniora sehingga fakultas ini tetap eksis di tengah transformasi UIN," terangnya.

Prodi baru yang rencananya akan dibuka di antaranya adalah sastra dan budaya, sejarah dan estetika Islam, serta kepustakaan yang termasuk dalam ilmu humaniora.

"Saya kira banyak, mengambil prioritas dan perlu proses kajian prodi mana yang akan dibuka. Kemungkinan kita juga mencoba mentransformasikan Tasawuf dan Psikoterapi menjadi Psikologi Islam," tegas Dekan FUHum.

Kemudian ia juga menambahkan bahwa dengan adanya ilmu-ilmu humaniora sejauh ini tidak menyebabkan bergesernya ilmu-ilmu ke-ushuluddinan.

"Saya optimis ini tidak bergeser, sejauh kita bisa memformulasikan prodi itu dalam kaitannya tentang kebutuhan relevansi pengembangan ilmu-ilmu pengetahuan dan pengembangan ilmu-ilmu ke-Islaman, pungkasnya.

Senada dengan Mukhsin Jamil, Guru Besar Filsafat Islam, Yusuf Suyono mengatakan, Ushuluddin memang sudah cocok dengan Humaniora.

"Pengejawantahan dengan cara dialog ilmu agama dengan ilmu umum memang harus saatnya ada di UIN. Sedangkan untuk Ushuluddin karena hanya perihal pokok-pokok agama, maka sudah seharusnya berdialog dengan Humaniora yang bahasannya tentang kemanusiaan," jelasnya.

Guru besar FUHum itu juga menambahkan, ketika masih menjadi FU, ilmu yang diajarkan masih mengarah kepada hal pokok agama saja, belum mengena seluruhnya pada kehidupan.

"Sementara, setelah menjadi FUHum, maka ilmu agama dan ilmu umumnya akan mengena pada kehidupan karena menyatunya ilmu agama dan ilmu umum. Maka nanti ada dialog antara ilmu kalam dengan filsafat ketuhanan," terangnya.

Perubahan-Perubahan

Wakil Dekan Bidang Akademik, Ahmad Musyafiq mengungkapkan, memang ada pergeseran terkait dengan kurikulum.

"Mahasiswa 2015 dan nanti seterusnya akan memakai kurikulum 2015. Sedangkan kurikulum 2010 tetap akan digunakan untuk mahasiswa lama, hal ini supaya mahasiswa yang sebelumnya yaitu angkatan 2014 ke atas bisa menyelesaikan mata kuliah yang belum diambil," katanya.

Menurutnya, substansi kuliah yang dulu (ketika masih FU) berbeda dengan sekarang. "Bedanya yaitu kalau sekarang ada nuansa atau spirit unity of sciences," tuturnya.

Ia juga mengatakan, untuk mewujudkan spirit unity of sciences antara lain dengn adanya mata kuliah baru seperti Falsafah Kesatuan Ilmu. Mata kuliah tersebut tidak lain untuk memberikan pengetahuan yang cukup, kemudian diimplementasikan dengan mengimplementasikan ke semua mata kuliah.

Mahasiswa Aqidah dan Filsafat angkatan 2013, Afit Khomsani, menuturkan bahwa perubahan yang mendasar terkait perubahan FU ke FUHum yaitu terutama dalam kurikulum ajar di setiap prodi. Lebih lanjut Afit menjelaskan, pada setiap mata kuliah menjurus dan mendasarkan pada humanisme dan tidak ada yang melangit. Misalnya pada kuliah filsafat akan dibenturkan dengan realita global yang berkembangan. Ia mengatakan, referensi yang dialaminya adalah referensi buku yang kurang memadai.

Mahasiswa angkatan 2013 Jurusan Perbandingan Agama, Umarul Kohar menuturkan perihal perkuliahan, dirinya sangat senang karena ada kuliah baru seperti jurnalistik, broadcasting, dan lain-lain. Di mana mata kuliah tersebut meruakan pelajaran di luar lingkup Ushuluddin.

Selain kurikulum, transformasi FU menjadi FUHum juga dibarengi dengan sarana dan prasrana. Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan Keuangan, Rokhmah Ulfa mengungkapkan bahwa di antara sarana yang akan dilengkapi adalah kelas internatioanal.

"Kalau sebelumnya ada FUPK dan bilingualnya. Kemudian, untuk menunjang itu lebih baik dari tahun sebelumnya, maka kita harus menyiapkan sara dan prasaran kelas internasional di tahun 2016. Semoga bisa segera terwujud 2016," terangnya.

Konsep kelas internasional ini akan ditunjang dengan, multimedia, billingual, dan wifi. "Kelas internasional akan diuji coba satu kelas, tapi lama-lama akan menyeluruh. Langkah ini adalah raba-raba dulu. Semua jurusan, satu tahun ini sampel satu kelas," tuturnya saat diwawancarai di kantor.

Sedang fasilitas yang sudah dilengkapi antara lain ialah gedung perkuliahan FUHum yang ada di gedung O. Rokhmah juga menuturkan pada bulan Juli 2016 ada satu kelas kelas pascasarjana yang bertempat di gedung O, yaitu untuk program studi Ilmu al Quran dan Tafsir.

Ia juga menjelaskan, bergabungnya pascasarjana sudah dianalisa secara matang sudah dipastikan kebutuhan untuk sarjana sudah tercukupi.

Rokhmah juga menyampaikan, untuk tahun 2016 ini  pihaknya sedang fokus pada lahan parkir dan penataan halaman menuju go green.

Sementara itu terkait lahan parkir yang memiliki kontra komunikasi dengan Ushuluddin Sport Club (USC), Ketua USC, Mishbakhul Munir mengungkapkan bahwa dekanat telah menyampaikan pengalokasian lapangan sebelah barat pusat kegiatan mahasiswa sebagai lahan parkir.

"Pihak Dekanat sudah mengajukan opsi, pertama akan dibuatkan lapangan di tengah lahan parkir, kedua kalau mau bersabar akan dibuatkan lapangan tetap di gedung O," ujarnya.

Meskipun secara tidak langsung tindakan tersebut menonaktifkan kegiatan USC, akan tetapi dirinya memaklumi karena menurutnya di Ushuluddin kekurangan lahan parkir.

"Teman-teman sendiri menyayangkan kebijakan tersebut, namun saya tidak mau ambil pusing. Menurut saya lebih penting bagaimana agar anggota USC selalu ada kegiatan," tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk mengantisipasi kekosongan kegiatan, dirinya telah menjalin kerjasama dengan UKM olahraga di fakultas lain.

"Kita bergabung dengan UKM fakultas lain agar atlit-atlit USC tetap bisa latihan. Selain itu, hal itu juga dilakukan untuk menjalin silaturahmi," pungkasnya. [Rep. Kiki/Red. Abdi]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,24,Berita,651,cerpen,17,EkspreShe,18,Essay,48,Oase,82,Opini,87,Puisi,56,Resensi,6,Resensi Buku,11,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,15,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Mau Dibawa Kemana Ushuluddin?
Mau Dibawa Kemana Ushuluddin?
Transformasi IAIN menjadi UIN Walisongo mengakibatkan perubahan terhadap Fakultas Ushuluddin.
//3.bp.blogspot.com/-yIyVM_egyzc/WgEqW1bgQpI/AAAAAAAAE80/fYu9A_BVXyk8vziLHzH-sqOOVJ3DlPjVQCK4BGAYYCw/s0/ideapers.com-mau-dibawa-ke-mana-uhsuluddin.jpg
//3.bp.blogspot.com/-yIyVM_egyzc/WgEqW1bgQpI/AAAAAAAAE80/fYu9A_BVXyk8vziLHzH-sqOOVJ3DlPjVQCK4BGAYYCw/s72-c/ideapers.com-mau-dibawa-ke-mana-uhsuluddin.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2016/01/mau-dibawa-kemana-ushuluddin.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2016/01/mau-dibawa-kemana-ushuluddin.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin