Pendeta GKJTU Sambut Baik Kunjungan Generasi FKUB Jateng

ideapers.com
Dok. Arifin
Salatiga, Ideapers.com - Pendeta Gereja Kristen Jawa Tengah Utara (GKJTU), Daniel Kiswanto menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh 18 generasi muda Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah, Sabtu, (28/11).

Di ruang tamu gereja, mereka dijamu dengan aneka makanan ringan dan kopi. Sambil menyantap hidangan yang disuguhkan, ombrolan santai berlangsung. Didampingi Pendeta Endang Setio Mukti, Pendeta Daniel menyampaikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan Touring Religi yang diadakan oleh generasi muda FKUB Jateng.

“Ini akan menjadi andil di masa depan di tengah-tengah situasi Indonesia yang sudah berbeda dengan awal kemerdekaan,” kata Daniel.

Menurutnya, kegiatan generasi muda FKUB merupakan bagian dari menabur benih-benih pluralisme. Kata Daniel, ketika benih-benih pluralisme ditanamkan,  maka ia akan tumbuh dan akan menciptakan  kedamaian di dunia.

“Kerukunan bukan hanya hiasan di bibir, tapi harus mendarah daging dalam kebersamaan,” tambahnya.

Sebelumnya, seluruh generasi muda FKUB diminta berkenalan satu persatu. Dengan gaya dan ciri khas mereka memperkenalkan diri. Gelak tawa sesekali memenuhi ruangan ketika sebagian dari mereka menampakkan kelucuan. Suasana hangat dan santai terjadi Siang itu.

Pendeta Daniel bercerita banyak hal, salah satunya mengenai kota Salatiga yang dinobatkan sebagai kota toleran nomer dua. Bagi dia, merupakan sebuah kebahagiaan karena Salatiga bisa menjaga toleransi antar umat beragama.

Namun, Lanjut dia, di satu sisi ia khawatir jika tidak bisa menjaganya karena toleransi harus disertai dengan tanggung jawab luar dalam, antara perbuatan dan pemahaman. “Atas penobatan itu, semoga betul Salatiga bisa menjadi inspirasi bagi yang lain,” imbuhya.

Meskipun demikian, ia tidak menampik bahwa kota-kota lain juga telah menjunjung tinggi pluralisme.

Ia Juga bercerita mengenai organisasi-organisasi lintas iman yang ada di Salatiga seperti Forum Shobat, Forum Shobat Muda dan Wacana Lintas Iman. Dia berharap, agar generasi muda FKUB juga bisa bersinergi dengan organisasi-organisasi tersebut.

Sebagai informasi, kunjungan ke GKJTU merupakan rangkaian agenda Touring Religi generasi muda FKUB Jateng. Selain GKJTU, kegiatan yang diikuti oleh generasi muda agama-agama ini mengunjungi juga Klenteng dan Goa Maria di Ambarawa.

(Arifin/Kontributor IDEA)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,23,Berita,643,cerpen,17,EkspreShe,18,Essay,47,Oase,80,Opini,85,Puisi,56,Resensi,6,Resensi Buku,11,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,15,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Pendeta GKJTU Sambut Baik Kunjungan Generasi FKUB Jateng
Pendeta GKJTU Sambut Baik Kunjungan Generasi FKUB Jateng
GKJTU, FKUB, kerukunan umat beragama, pluralisme, pluralis, kota toleran, toleransi
http://4.bp.blogspot.com/-wbb-XQuRZ1w/VlnuGokfebI/AAAAAAAAA7k/ier4zr85D1Y/s320/P_20151128_142349.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-wbb-XQuRZ1w/VlnuGokfebI/AAAAAAAAA7k/ier4zr85D1Y/s72-c/P_20151128_142349.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2015/11/pendeta-gkjtu-sambut-baik-kunjungan.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2015/11/pendeta-gkjtu-sambut-baik-kunjungan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin