Terhalang Pandemi, Yuk Coba 6 Aktivitas Ngabuburit Asyik di Rumah


Selama bulan Ramadan, ngabuburit menjadi salah satu aktivitas pilihan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Biasanya ngabuburit ini dilakukan dengan jalan-jalan santai, pergi ke taman kota dan berburu takjil bersama teman atau keluarga. Namun di masa pandemi seperti ini, aktivitas di luar untuk ngabuburit menjadi terbatas. 

Meskipun demikian, bukan berarti ramadan kamu menjadi membosankan. Kamu masih bisa menjalankan ibadah puasa dengan kegiatan yang menyenangkan sembari menunggu waktu berbuka, walau di rumah aja. Lalu, kegiatan apa saja sih yang bisa kamu lakukan sambil menunggu azan maghrib? Yuk simak uraian di bawah ini supaya rasa penasaranmu terjawab.

1. Tadarus atau Membaca Alquran

Selama Ramadan tadarus menjadi rutinitas. Biasanya tadarus dilakukan secara bersama-sama di Masjid ketika sore menjelang berbuka atau malam setelah shalat tarawih. Meskipun aktivitas di luar terbatas karena pandemi, bukan berarti kamu nggak bisa melakukan tadarus. Kamu masih bisa melakukannya walau di rumah aja. 

Sambil menunggu azan maghrib kamu bisa melakukan tadarus bersama orang tua, kakak, adik, atau anggota keluarga lainnya. Terlebih pahala melakukan kebaikan di bulan suci Ramadan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Tentu bisa kamu jadikan tambahan semangat untuk segera mengkhatamkan Alquran. Setelah itu, kamu bisa mengulang bertadarus dari awal atau mengkaji tafsir ayat Alquran, loh.

2. Mendengarkan Ceramah 

Bulan Ramadan bisa menjadi momentum untuk meningkatkan belajar ilmu agama. Terlebih di bulan Ramadan banyak aktivitas berbau keagamaan diadakan, seperti pengajian, tadarus, shalat tarawih dan lainnya. Selama masa pandemi ini, memperdalam ilmu agama dapat dipelajari melalui platform digital atau secara online. 

Mendengarkan ceramah bisa menjadi aktivitas pilihan untuk menunggu waktu berbuka selama di rumah aja. Kamu bisa menonton acara ceramah di televisi atau mendengarkan kajian keagamaan dari pemuka agama melalui YouTube atau platform lainnya. Banyak konten-konten keagamaan yang tersedia di platform digital seperti channel YouTube Quraish Sihab. 

3. Membaca Buku 

Menunggu azan maghrib berkumandang, tentu sangat membosankan jika tidak diikuti dengan melakukan aktivitas apapun. Nah, kamu bisa mengusir rasa bosan dengan membaca buku, seperti novel fiksi ataupun non-fiksi dan buku-buku lainnya. Selain memperluas wawasan, waktu senggangmu juga tidak terbuang secara sia-sia, bukan? 

4. Menonton Film 

Menantikan waktu berbuka puasa dengan menonton film menjadi aktivitas yang mengasyikkan. Kamu bisa mengajak keluargamu untuk ikut meramaikan suasana dalam menonton film bersama. Tidak harus pergi jauh-jauh ke bioskop, saat ini banyak platform digital yang bisa kamu akses untuk menonton film secara online, seperti Netflix, WeTV, Vidio, dan iflix. Genre yang tersedia juga beragam, jadi bisa menambah referensi filmmu juga, loh.  

5. Memasak Menu Berbuka 

Sembari menunggu waktu berbuka, memasak menjadi salah satu kegiatan pilihan. Kamu bisa membantu ibumu memasak di rumah atau selama kamu manfaatkan untuk belajar memasak. Kamu bisa menonton beragam tutorial dari platform YouTube untuk mengasah kemampuan memasak. Setelah itu, kamu bisa mengaplikasikan menu tadi sebagai santapan untuk berbuka puasa.

6. Mendengarkan Podcast

Jika kamu menganggap aktivitas mendengarkan podcast adalah hal yang menjenuhkan, tahan dulu pendapatmu! Sebab, kamu bisa memilih topik kesukaan yang ingin didengarkan. Topiknya pun beragam, mulai dari obrolan ringan mengenai kehidupan sehari-hari hingga pembahasan mengenai permasalahan hidup. Karena keberagaman topik yang tersedia, kamu juga bisa memilih obrolan yang dapat meningkatkan kerangka berpikir agar waktu ngabuburitmu semakin bermanfaat, seperti Makna Talks, SVK Crypto Podcast, dan Hustle Sold Separately.

Itulah 6 aktivitas yang bisa kamu lakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Mari jadikan waktu menantikan azan maghribmu lebih bermanfaat.

[Mita]

KOMENTAR

Name

2021,4,22 Mei 2019,1,Advertorial,2,Al-Qur'an,2,Albert Camus,2,Albert Estein,1,Anak,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,Artikel,369,Beasiswa,4,Begadang,1,berdoa,2,Berita,1166,buku,2,Bulan Ramadan,3,Carl jung,1,cerpen,23,Corona virus,60,Daun kelor,1,EkspreShe,31,Essay,113,Filsafat,10,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,George Orwell,1,Guru,1,hak cipta buku,1,Harapan,2,Hari Buku Internasional,1,Hari Buruh,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Jumat,1,Hari Kartini,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,11,Hari Santri,4,idul adha,3,Ilmu Pengetahuan,58,Imam Nawawi,1,Kahlil Gibran,1,Kapitalis,1,Keagamaan,51,Kebahagiaan,2,Kesehatan,24,Kitab Allah,1,KKN,5,Komunikasi,3,kopi,1,Kuliah,1,Kuliah luar negeri,1,Kuliah Online,18,Literasi,1,Machiavelli,1,Mahasiswa,277,makna hidup,1,Maksiat hati,1,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,Menulis,1,modernitas,1,Muhammad,5,Muhammad Iqbal,1,Nabi Muhammad,2,New Normal,18,Oase,307,Opini,206,opini mahasiswa,11,Pandemi,2,PBAK,17,Pendidikan,2,Perempuan,4,Pertemanan,1,politik,3,Post-truth,1,Potret Berita,3,Pramoedya Ananta Toer,1,Psikologi,6,Puasa,8,Puasa Ramadan,40,Puisi,115,Quotes,1,Rasulullah,1,Resensi,19,Resensi Buku,19,Resensi Film,26,Riset,4,Sahabat,2,Sastra,88,Second Sex,1,Semarang,40,Shalawat,1,Skripsi,3,sufisme,1,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,2,Taubat,1,Teknologi,24,tips,1,Toefl-Imka,15,Toxic,1,UIN Walisongo,330,UKM,6,ukt,20,Wisuda,48,Writer's block,1,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Terhalang Pandemi, Yuk Coba 6 Aktivitas Ngabuburit Asyik di Rumah
Terhalang Pandemi, Yuk Coba 6 Aktivitas Ngabuburit Asyik di Rumah
6 Aktivitas Ngabuburit Asyik di Rumah pada masa pandemi.
https://4.bp.blogspot.com/-W-M1-mPUrIA/YIL1sfOHJUI/AAAAAAAALhs/SoAZYhbPRx8L4vzQNS3ak2UoLcZ18FzKwCLcBGAsYHQ/s16000/sx4wjzb5ihmbkuonufws.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-W-M1-mPUrIA/YIL1sfOHJUI/AAAAAAAALhs/SoAZYhbPRx8L4vzQNS3ak2UoLcZ18FzKwCLcBGAsYHQ/s72-c/sx4wjzb5ihmbkuonufws.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2021/04/terhalang-pandemi-yuk-coba-6-aktivitas-ngabuburit-asyik-di-rumah.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2021/04/terhalang-pandemi-yuk-coba-6-aktivitas-ngabuburit-asyik-di-rumah.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin