Alasan Mengapa Do'a Belum Terkabul


Sebagai seorang muslim, wajib menjalankan ibadah serta senantiasa berdo'a kepada Allah SWT. Dengan ini, Ia akan merasa lebih dekat dan tunduk kepada -Nya. Tidak hanya itu, berdo'a juga bisa membuatmu lebih berikhtiyar kepada Allah atas takdir yang akan didapatkannya.

Namun, pernahkah terbesit di pikiran, mengapa tidak semua do'a bisa langsung terkabulkan? Padahal, sudah dilakukan pada waktu-waktu yang afdhol, misalnya selesai sholat.

Dalam hal ini, Al-Qur'an menjawabnya dengan tegas bahwa, "Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku" (QS al-Baqarah ayat 186).

Ungkapan "orang yang berdoa apabila ia berdoa", diartikan bahwa tidak semua manusia sudah berdo'a dalam penilaian Allah SWT. Ayat di atas juga menerangkan, ketika berdo'a seorang Mukmin haruslah "memperkenankan panggilan atau melaksanakan ajaran agama" terlebih dulu.

Dari beberapa ayat dan hadist diterangkan bahwa adab berdo'a bisa dimulai dengan mengucapkan Alhamdulillah. Memuji-Nya atas segala nikmat yang telah dianugerahkan. Meski do'anya belum tentu terpenuhi, hal itu tidak akan mengatarkan pada sebuah kesalahan.

Setelah itu mengucapkan shalawat kepada Rasulullah SAW, supaya dilimpahkan rahmat dan kasih sayang oleh-Nya. Karena Nabi Muhammad SAW ialah kekasih Allah, maka dengan mengucapkannya akan memperoleh percikan kasih sayang dari-Nya.

Ucapkanlah juga Subhanallah, sebagai bentuk mensucikan Allah SWT dari segala kekurangan dari sifat kikir atau tidak adil. Selanjutnya, berdo'a bisa diakhiri denga mensyukurinya sekali lagi sebagaimana petunjuk Al-Qur'an."Akhir doa mereka adalah Alhamdulillahi Rabbil 'Alamin" (QS. 10: 10).

Hal ini sejalan dengan pesan yang diuraikan Rasulullah SAW. Ketika seorang yang menengadah ke langit dan berseru, "Tuhanku, perkenankan doaku!". Tetapi, dari makanan hingga pakaian pun didapat dari cara yang haram. Maka, bagaimana mungkin doanya dikabulkan?

Hendaklah bersihkan diri terlebih dulu dari harta haram dan syubhat (diragukan kehalalalanya). Selanjutnya, manusia diperintahkan agar percaya dan menyerahkan semua kepada-Nya. Allah SWT akan memilih kan yang terbaik dan tidak menyia-nyiakan do'a dari semua hamba-Nya.

Allah Maha Mengetahui. Bisa jadi, do'a kita dikabulkan namun tidak dalam waktu sekejap. Ataupun mungkin doa itu berupa menjadi sebuah rahmat kelak di akhirat.

Rasulullah SAW bersabda, "Berdoalah kepada Allah disertai dengan keyakinan bahwa Allah akan memperkenankan". Berdo'a pun memerlukan kesabaran. Jagalah diri agar selalu berprasangka baik terhadapa Allah SWT.

[Agung P.] 

KOMENTAR

Name

2021,4,22 Mei 2019,1,Advertorial,2,Al-Qur'an,1,Albert Camus,1,Albert Estein,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Artikel,329,Beasiswa,2,Begadang,1,berdoa,1,Berita,1135,buku,1,Carl jung,1,cerpen,23,Corona virus,59,Daun kelor,1,EkspreShe,29,Essay,101,Filsafat,5,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,Guru,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Jumat,1,Hari Raya,9,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,53,Imam Nawawi,1,Kahlil Gibran,1,Keagamaan,38,Kebahagiaan,1,Kesehatan,22,Kitab Allah,1,KKN,5,Komunikasi,3,Kuliah,1,Kuliah luar negeri,1,Kuliah Online,16,Literasi,1,Machiavelli,1,Mahasiswa,246,makna hidup,1,Maksiat hati,1,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,Menulis,1,Muhammad,5,Muhammad Iqbal,1,Nabi Muhammad,1,New Normal,16,Oase,290,Opini,198,opini mahasiswa,10,PBAK,17,Pendidikan,2,Perempuan,2,Pertemanan,1,politik,3,Pramoedya Ananta Toer,1,Psikologi,4,Puasa Ramadan,27,Puisi,104,Quotes,1,Rasulullah,1,Resensi,19,Resensi Buku,17,Resensi Film,26,Riset,4,Sahabat,2,Sastra,76,Semarang,38,Shalawat,1,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,2,Taubat,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,Toxic,1,Tutur kata baik,1,UIN Walisongo,297,UKM,6,ukt,11,Wisuda,44,Writer's block,1,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: Alasan Mengapa Do'a Belum Terkabul
Alasan Mengapa Do'a Belum Terkabul
Setelah itu mengucapkan shalawat kepada Rasulullah SAW, supaya dilimpahkan rahmat dan kasih sayang oleh-Nya. Karena Nabi Muhammad SAW ialah kekasih Al
https://1.bp.blogspot.com/-i5qsOLuTHTE/YBWIY8DPwSI/AAAAAAAALWo/JOZcOr-R3SINm-aEZsKOd3o6Vcnj_MFcACLcBGAsYHQ/s16000/3.png
https://1.bp.blogspot.com/-i5qsOLuTHTE/YBWIY8DPwSI/AAAAAAAALWo/JOZcOr-R3SINm-aEZsKOd3o6Vcnj_MFcACLcBGAsYHQ/s72-c/3.png
IDEApers
https://www.ideapers.com/2021/02/alasan-mengapa-doa-belum-terkabul.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2021/02/alasan-mengapa-doa-belum-terkabul.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin