"Dunia" dalam Kekuatan Pikiran

"This is not a cartoon. This is real world!" Perkataan Elijah Price, si jenius yang menyebut dirinya Mr. Glass. Ia merupakan salah satu tokoh dalam film "Glass" yang menjadi akhir dari trilogi superhero dari M. Night Shyamalan. Film "Unbreakable" pada tahun 2000 dan "Split" (2017) menjadi kisah yang menarik mengenai tiga tokoh yang menganggap dirinya makhluk luar biasa.

Selain Elijah, ada David Dunn yang beramsumsi bahwa dirinya pahlawan, juga Kevin Wendell Crumb manusia dengan 24 kepribadian yang berbeda. Kisah mereka dalam Glass dimulai sejak usaha David untuk menyelamatkan gadis-gadis yang diculik oleh Kevin. Mereka bertemu dalam satu ruangan dan saling menghajar menganggap diri mereka kuat. Sayang, mereka tertangkap oleh Dr. Ellie, seorang Psikiater yang percaya kekuatan super itu tidak penah ada.

Dr. Ellie dibantu aparat keamanan membawa David dan Kevin ke rumah sakit jiwa dengan penjagaan yang ketat. Nyatanya tempat itu malah mempertemukan mereka dengan Mr. Glass, Elijah. Kemampuan Dr. Ellie untuk memberikan sugesti kepada ketiga tokoh bahwa tidak ada sisi spesial dalam diri mereka membuat Elijah turun aksi. Ia percaya bahwa keistimewaan itu ada, dan semua telah diatur dalam skenarionya.

Berakhir sedikit menegangkan, ketiganya bertemu dalam satu tempat. Saling beradu, Elijah dengan kursi rodanya mengontrol arah cerita Kevin dan David layaknya koleksi komik yang ia baca. Semua nampak nyata dalam pikirannya. Mereka sama-sama menganggap semua itu nyata. Sedangkan Dr. Ellie bersama kerabat dekat ketiga tokoh berusaha menyadarkan psikologis mereka yang dianggap terganggu.

Nyatanya kasus bipolar (kepribadian ganda) tidak hanya terjadi di film. Salah satunya dialami oleh Anastasia Wella, seorang perempuan yang memiliki sembilan karakter yang berbeda pada dirinya. Ia mengidap Dissociative Identity Disorder (DID). Kebiasaan ini muncul ketika ia menghadapi suatu masalah, merasa dalam ancaman, atau keadaan sulit. Warga Indonesia yang pertama kali ditemukan memiliki 9 karakter ini menjadi perbincangan. Namun tidak membuat ia putus asa untuk sembuh.

Beberapa orang mampu mengendalikan pikirannya, beberapa yang lain dikendalikan olehnya. Segala sesuatu yang terjadi entah itu baik atau buruk, pikiran itulah yang membuatnya seperti itu. Seperti halnya dalam kisah di atas, kekuatan besar yang terdapat pada diri tokoh berasal dari pikiran mereka yang begitu kuat menganggap dirinya superhero. Pun yang terjadi pada kehidupan nyata.

Apa yang kita rasakan dan kita alami sejatinya berasal dari pikiran sendiri. Segalanya tentang hidup kita, berhasil atau gagal. Hidup merupakan perjuangan bagi setiap orang dengan kadar yang berbeda-beda. Adakalanya kita menghadapi kekecewaan, frustasi, dan berbagai masalah kehidupan. Manusia seringkali secara tidak langsung menyalahkan orang lain atas apa yang dialami, padahal tanpa disadari pikiran kitalah yang menentukan akan bagaimana dan seperti apa perilaku kita.

Ketika kita berpikir bahwa hidup itu sulit, maka kesulitan itu pula yang akan menghantui pikiran kita sendiri. Bagaimana kita mengatasi tantangan sehari-hari dan juga cara kita menyelesaikan masalah itupun menjadi cerminan bagi pikiran kita. Lebih singkatnya, kita dapat menggunakan kekuatan pikiran kita dengan mengubah cara berpikir, yang akhirnya akan mengubah bagaimana kita merasakan sesuatu atau bahkan berperilaku. 

Seorang penyair asal Inggris, John MIlton pernah menuliskan tentang kekuatan pikiran. Menurutnya, pikiran itu amatlah perkasa, bisa membuat neraka seperi surga, dan surga seperti neraka.

Namun, apakah kita pernah menyadari kekuatan pikiran itu? Nyatanya kita seringkali tidak sadar jika kitalah yang membuat pikiran itu. Menganggap bahwa pikiran itu terjadi begitu saja. Demikian besar kekuatan pikiran yang sesungguhnya. Hal yang selama ini kita abaikan.

[Devia]

KOMENTAR

Name

2021,4,22 Mei 2019,1,Advertorial,2,Al-Qur'an,1,Albert Camus,1,Albert Estein,1,Anak laki-laki,1,Analisis Utama,2,Animal Farm,1,Artikel,339,Beasiswa,3,Begadang,1,berdoa,2,Berita,1143,buku,1,Bulan Ramadan,3,Carl jung,1,cerpen,23,Corona virus,59,Daun kelor,1,EkspreShe,30,Essay,104,Filsafat,7,FUHUM,2,Generasi Milenial,26,George Orwell,1,Guru,1,Harapan,1,Hari Buruh Internasional,3,Hari Jumat,1,Hari Kartini,1,Hari Perempuan Internasional,1,Hari Raya,9,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,54,Imam Nawawi,1,Kahlil Gibran,1,Keagamaan,38,Kebahagiaan,2,Kesehatan,22,Kitab Allah,1,KKN,5,Komunikasi,3,Kuliah,1,Kuliah luar negeri,1,Kuliah Online,17,Literasi,1,Machiavelli,1,Mahasiswa,254,makna hidup,1,Maksiat hati,1,Membaca cepat,1,Mendikbud,1,Menulis,1,Muhammad,5,Muhammad Iqbal,1,Nabi Muhammad,1,New Normal,17,Oase,292,Opini,200,opini mahasiswa,10,PBAK,17,Pendidikan,2,Perempuan,3,Pertemanan,1,politik,3,Post-truth,1,Pramoedya Ananta Toer,1,Psikologi,5,Puasa,1,Puasa Ramadan,29,Puisi,105,Quotes,1,Rasulullah,1,Resensi,19,Resensi Buku,19,Resensi Film,26,Riset,4,Sahabat,2,Sastra,77,Second Sex,1,Semarang,38,Shalawat,1,Skripsi,3,sumpah pemuda,1,Surat Pembaca,7,Tafsir Misbah,1,Tafsir Surah Fatihah,2,Tahun baru,2,Taubat,1,Teknologi,24,Toefl-Imka,15,Toxic,1,Tutur kata baik,1,UIN Walisongo,305,UKM,6,ukt,11,Wisuda,44,Writer's block,1,Zodiak,3,Zuhud,1,
ltr
item
IDEApers: "Dunia" dalam Kekuatan Pikiran
"Dunia" dalam Kekuatan Pikiran
film "Glass" yang menjadi akhir dari trilogi superhero dari M. Night Shyamalan. Film "Unbreakable" pada tahun 2000 dan "Split" (2017)
https://1.bp.blogspot.com/-_LU81c88juc/X7HyLMIMaaI/AAAAAAAALJI/bNT1v2YbUGMgQOjqv_70SmAu3eINjHQIgCLcBGAsYHQ/s320/12.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_LU81c88juc/X7HyLMIMaaI/AAAAAAAALJI/bNT1v2YbUGMgQOjqv_70SmAu3eINjHQIgCLcBGAsYHQ/s72-c/12.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/11/dunia-dalam-kekuatan-pikiran.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/11/dunia-dalam-kekuatan-pikiran.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin