Mendikbud Putuskan Kampus di Semua Zona Tetap Berlakukan Kuliah Online

sumber: Kompas.com



Semarang, IDEAPERS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim memutuskan, sistem pembelajaran kuliah di perguruan tinggi pada semua zona masih tetap diberlakukan secara online hingga ada kebijakan lebih lanjut.

"Karena keselamatan adalah yang nomor satu, saat ini perguruan tinggi masih melakukan secara online sampai ke depannya mungkin kebijakan berubah. Tapi sampai saat ini belum berubah, jadi masih melakukan secara daring. Itu adalah keputusan dari Kemendikbud saat ini," jelas Nadiem dalam konferensi video Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (15/6/2020).

Lebih lanjut, Nadiem mengatakan bahwa tahun akademik perguruan tinggi 2020/2021 tetap dimulai pada bulan Agustus. Sementara tahun akademik pendidikan tinggi keagamaan dimulai pada bulan September 2020.

"Pembelajaran di perguruan tinggi di semua zona masih dilakukan secara daring, masih online, belum belajar tatap muka, belum masuk," papar Nadiem.

Ia mengungkapkan bahwa alasan kampus dilarang melakukan pembelajaran tatap muka karena kampus memiliki potensi mengadopsi pembelajaran jarak jauh lebih mudah daripada pendidikan menengah dan dasar.

Dalam pelaksanaannya nanti, untuk mata kuliah yang tidak bisa dilakukan secara online, Nadiem menyarankan agar meletakkannya di bagian akhir semester. Sedangkan untuk sejumlah aktivitas prioritas yang mempengaruhi kelulusan mahasiswa, maka perguruan tinggi boleh mengizinkan mahasiswa datang ke kampus.

"Ada yang namanya aktivitas prioritas. Aktivitas prioritas itu adalah yang berhubungan dengan kelulusan mahasiswa yang sulit sekali dilakukan secara daring. Contoh, penelitian di laboratorium untuk skripsi, tesis dan disertasi," terangnya.

Aktivitas serupa yang tak bisa digantikan dengan pembelajaran daring lainnya antara lain yaitu tugas laboratorium, praktikum, studio bengkel, dan hal-hal lain yang butuh peralatan dan mesin. Meski begitu, aktivitas tersebut harus memenuhi protokol kesehatan.

"Kenapa kita memperbolehkan itu, karena kita tidak ingin mengorbankan potensi dari setiap mahasiswa untuk lulus pada saat ini karena itu akan menimbulkan masalah lain," kata Nadiem. [Rep. Mahfud/Red.Firda]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,252,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,35,Keagamaan,30,Kesehatan,16,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,210,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,6,Oase,257,Opini,184,opini mahasiswa,6,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,96,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,64,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,264,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Mendikbud Putuskan Kampus di Semua Zona Tetap Berlakukan Kuliah Online
Mendikbud Putuskan Kampus di Semua Zona Tetap Berlakukan Kuliah Online
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim memutuskan, sistem pembelajaran kuliah di perguruan tinggi pada semua zona masih tetap diberlakukan secara online hingga ada kebijakan lebih lanjut.
https://1.bp.blogspot.com/-s-AJc4OEE28/Xuh9y5fPVoI/AAAAAAAAKkE/lTSPErVOqZk11Oo9D1i2Wx4jhjL_j60GQCLcBGAsYHQ/s1600/mendikbud.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-s-AJc4OEE28/Xuh9y5fPVoI/AAAAAAAAKkE/lTSPErVOqZk11Oo9D1i2Wx4jhjL_j60GQCLcBGAsYHQ/s72-c/mendikbud.jpeg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/06/mendikbud-putuskan-kampus-di-semua-zona-tetap-berlakukan-kuliah-online.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/06/mendikbud-putuskan-kampus-di-semua-zona-tetap-berlakukan-kuliah-online.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin