Ini Cara Pakai Masker yang Benar untuk Cegah Penyebaran Corona

Womantalk.com
Sejak meluasnya kabar Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, pemerintah memberikan imbauan untuk memakai masker sebagai bentuk perlindungan diri. Akibatnya, permintaan masker di masyarakat melonjak tinggi. Hal ini menyebabkan harga masker melonjak tinggi.

Tetapi, benarkah masker dapat melindungi diri dari virus corona?

Masker wajah dan respirator N95 yang saat ini tengah di cari masyarakat sebenarnya lebih dibutuhkan oleh orang yang sakit agar tidak menularkan virus. Selain orang yang sakit, tenaga medis sangat membutuhkan masker tersebut. Ini disebabkan karena merekalah yang secara langsung berhubungan dengan pasien.

"Seharusnya yang pakai masker itu yang sakit, tapi karena maskernya tidak ada jadi mereka tidak pakai masker, dan itu malah bisa menyebarkan virusnya," ucap Fahrial Syam, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia UI, dikutip dari Kompas.com.

Ahli kesehatan menyampaikan, orang yang sehat tidak perlu menggunakan masker. Perlindungan diri terbaik dari virus bisa dilakukan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, serta menjaga sistem kekebalan tubuh dengan berolahraga, memperhatikan gaya hidup, dan mengatur pola makan.

Cara memakai masker yang benar

Bagi yang benar-benar memerlukan masker, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakannya untuk menghindari virus corona.

1. Gunakan masker sesuai ukuran wajah, tidak terlalu besar atau kecil.

2. Upayakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, atau siapkan hand sanitizer sebelum menggunakan masker.

3. Lihat sisi masker. Posisikan warna hijau pada masker berada diluar.

4. Letakkan garis kawat masker di bagian hidung.

5. Ikat tali bagian atas pada kepala bagian ubun-ubun, jika masker yang digunakan bertali. Tarik bagian bawah hingga menutup dagu, ikat pada leher. Hanya perlu mengaitkan pada telinga, jika itu masker karet.

6. Cubit garis kawat mengikuti bentuk hidung setelah masker terpasang. Ini agar tidak ada celah antara masker dan wajah.

7. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, sampai dagu.

8. Jangan menyentuh masker, terlebih bagian luar.

Cara melepas masker

Bukan hanya ketika menggunakan masker, melepaskan masker juga perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

1. Cuci tangan sebelum melepas masker

2. Pastikan tidak menyentuh sisi luar masker

3. Masker tali bisa dilepas pada tali bagian bawah terlebih dahulu, kemudian tali atas. Masker karet hanya perlu ditarik dari telinga.

4. Bila tidak bisa digunakan kembali, robek masker dan buang ke tempat sampah.

Memperhatikan penggunaan masker ini juga penting. Menggunakan masker asal-asalan dengan membiarkan celah terbuka di sekitar mulut, menyentuh bagian luar masker kemudian memegang wajah, bisa memicu terkontaminasi virus.

Menurut para ahli, masker hanya efektif digunakan 3-4 jam, dengan waktu maksimal satu hari. Pastikan mengganti masker jika sudah kotor. Jangan biarkan kita lalai terhadap kesehatan diri sendiri. Salam sehat.
[Devia]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,252,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,35,Keagamaan,30,Kesehatan,16,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,210,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,6,Oase,257,Opini,184,opini mahasiswa,6,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,96,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,64,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,264,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Ini Cara Pakai Masker yang Benar untuk Cegah Penyebaran Corona
Ini Cara Pakai Masker yang Benar untuk Cegah Penyebaran Corona
Cara memakai masker yang benar untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid- 19)
https://2.bp.blogspot.com/-9eiunoe_shE/Xp9Ab_nV06I/AAAAAAAAKZI/rFrs7SeWI04-VYG6dG1IeturXnhfuJp7gCK4BGAYYCw/s1600/image%2B%25281%2529.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-9eiunoe_shE/Xp9Ab_nV06I/AAAAAAAAKZI/rFrs7SeWI04-VYG6dG1IeturXnhfuJp7gCK4BGAYYCw/s72-c/image%2B%25281%2529.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/04/ini-cara-pakai-masker-yang-benar-untuk-cegah-penyebaran-corona.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/04/ini-cara-pakai-masker-yang-benar-untuk-cegah-penyebaran-corona.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin