Di 'Kampus Merdeka', Mahasiswa Bisa Kuliah di Prodi Lain



Semarang, IDEAPERS.COM - Di kebijakan 'Kampus Merdeka' yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, mahasiswa memiliki hak untuk mengambil mata kuliah di program studi (prodi) lain selama satu semester.

"Mahasiswa dapat mengambil SKS di Prodi lain di dalam kampusnya sebanyak satu semester dari total semester yang harus ditempuh. Tetapi, kebijakan ini tidak berlaku untuk prodi kesehatan," kata Nadiem Makarim, dilansir dari Gatra.com.

Nadiem menilai, pembelajaran di prodi lain dapat menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia nyata setelah lulus kuliah nanti.

"Pendidikan tinggi di Indonesia harus menjadi ujung tombak yang bergerak tercepat. Karena dia begitu dekat dengan dunia pekerjaan," katanya.

Tetapi, ia menegaskan kembali bahwa kebijakan ini adalah hak mahasiswa yang diberikan oleh perguruan tinggi. Mahasiswa boleh mengambilnya atau pun tidak.

"Saya harus tekankan ini bukan pemaksaan. Kalau mahasiswa itu ingin 100 persen di dalam prodi itu. Ini adalah hak mereka. Ini adalah opsinya untuk mahasiswa," ujar Nadiem.

Selain hak untuk mengambil mata kuliah di prodi lain, mahasiswa juga memiliki hak untuk melakukan kegiatan di luar kampus selama dua semester. Nantinya kegiatan luar kampus tersebut akan dihitung sebagai SKS. Adapun dalam kebijakan 'Kampus Merdeka' Nadiem, SKS bukan lagi "jam belajar", melainkan diartikan sebagai "jam kegiatan".

Hak untuk mengambil mata kuliah di prodi lain ini adalah salah satu dari empat kebijakan yang diluncurkan Nadiem Makarim dengan tajuk 'Kampus Merdeka'. [Rep. Mahfud/ Red. Ma]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,251,Beasiswa,1,Berita,1099,buku,1,cerpen,23,Corona virus,49,download,1,EkspreShe,29,Essay,86,Generasi Milenial,24,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,8,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,34,Keagamaan,30,Kesehatan,16,Komunikasi,1,Kuliah Online,7,Mahasiswa,210,Mendikbud,1,Muhammad,3,New Normal,5,Oase,256,Opini,184,opini mahasiswa,6,PBAK,17,pdf,1,politik,3,Puasa Ramadan,27,Puisi,95,Resensi,15,Resensi Buku,16,Resensi Film,24,Riset,4,Sahabat,1,Sastra,63,Semarang,35,Skripsi,2,Surat Pembaca,7,Teknologi,23,Toefl-Imka,14,UIN Walisongo,264,UKM,5,ukt,10,Wisuda,38,Zodiak,3,
ltr
item
IDEApers: Di 'Kampus Merdeka', Mahasiswa Bisa Kuliah di Prodi Lain
Di 'Kampus Merdeka', Mahasiswa Bisa Kuliah di Prodi Lain
Di kebijakan 'Kampus Merdeka' yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, mahasiswa memiliki hak untuk mengambil mata kuliah di program studi (prodi) lain selama satu semester.
https://4.bp.blogspot.com/-iYdKuTIGcEQ/Xj2fXgrKclI/AAAAAAAAJ4U/m0Y_RyN9VyIUBsAFGFmzDBhAp5tLwgqlgCK4BGAYYCw/s1600/prodi%2Blain.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-iYdKuTIGcEQ/Xj2fXgrKclI/AAAAAAAAJ4U/m0Y_RyN9VyIUBsAFGFmzDBhAp5tLwgqlgCK4BGAYYCw/s72-c/prodi%2Blain.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2020/02/di-kampus-merdeka-mahasiswa-bisa-kuliah-di-prodi-lain.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2020/02/di-kampus-merdeka-mahasiswa-bisa-kuliah-di-prodi-lain.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin