Baru Dilantik Jadi Rektor, Ini 3 Strategi Imam Taufiq Dalam Membangun UIN Walisongo

Rektor Baru UIN Walisongo, Imam Taufiq 
Semarang, IDEAPERS.COM – UIN Walisongo Semarang baru saja mengalami pergantian rektor. Setelah masa kepemimpinan Muhibbin berakhir, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin resmi melantik Imam Taufiq menjadi Rektor UIN Walisongo periode 2019-2023 di Operation Room Kemenag RI Jakarta Pusat, Selasa (23/07/19).

Imam Taufiq mengutarakan tiga strategi baru yang akan dijalankan selama masa kepemimpinannya. Tiga strategi yang akan ia jalankan yaitu:

Pertama, fokus dengan maraknya tantangan revolusi industri 4.0. Revolusi tersebut ditandai dengan big data yang tersentral. Maka, di masa pendidikan sekarang, perlu memahami pentingnya pengoptimalan data-data itu dengan cara familiar.

“Tidak bisa tidak, seseorang yang hidup di dunia pendiddikan zaman sekarang harus berkompetensi pada pengolahan data dengan IT,” ujarnya saat ditemui kru IDEAPERS.COM di Ruang Wakil Rektorat III, Senin (05/05/19).

Kedua, UIN Walisongo harus menjadi pusat pengembang penyemai perdamaian dan anti kekerasan dengan membuat moderasi pedia. Kampus UIN Walisongo harus menjadi suara kampus dan referensi pusat penyebar isu moderat radikalisme.

“Menurut saya, ini harus menjadi suara kampus. Kampus Walisongo ini harus menjadi referensi untuk urusan itu,” jelasnya.

Ketiga, menjadi kampus internasional dengan meningkatkan akademik dan akreditasi. Dengan cara memperbanyak karya ilmiah, jurnal-jurnal internasional yang diisi oleh dosen, dan riset-riset yang dibutuhkan melalui kolaborasi dengan dosen yang mengarah pada World Class University.

“Kolaborasi dengan dosen mahasiswa harus ada riset yang mengarah pada International World Class University,” tandasnya.

Imam mengatakan bahwa suksesnya rencana didapat dengan mengajak seluruh komponen UIN Walisongo mengelola kampus bersama. Suksesnya pembangunan juga dipelajari dari pengalaman pemimpin pendahulu tentang bagaimana mereka bergerak membangun bersama dengan pimpinan yang lain serta masyarakat setempat.

“Pengalaman para pemimpin yang sukses dimanapun, itu adalah bagaimana bersama" dengan pimpinan yang lain, dan masyarakat dan aksitivitas akademik kita,” ujarnya.

Tentunya Imam tidak bisa bergerak sendiri. Memimpin UIN Walisongo dibutuhkan fokus, perhatian, serta dukungan dari semua pihak, baik dari dosen, karyawan,unsur-unsur komponen, dan mahasiswa.

“Memimpin kampus itu, adalah bukan sesuatu yang gampang. Jadi butuh fokus, perhatian, dan dukugan semua pihak,” ucapnya. [Rep Faila & Nada/Red Nada]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,152,Berita,835,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,9,Kesehatan,8,Mahasiswa,36,Oase,174,Opini,142,opini mahasiswa,1,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,68,Resensi,10,Resensi Buku,14,Resensi Film,21,Riset,4,Sastra,31,Surat Pembaca,7,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,58,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Baru Dilantik Jadi Rektor, Ini 3 Strategi Imam Taufiq Dalam Membangun UIN Walisongo
Baru Dilantik Jadi Rektor, Ini 3 Strategi Imam Taufiq Dalam Membangun UIN Walisongo
UIN Walisongo Semarang baru saja mengalami pergantian rektor. Setelah masa kepemimpinan Muhibbin berakhir, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin resmi melantik Imam Taufiq menjadi Rektor UIN Walisongo periode 2019-2023 di Operation Room Kemenag RI Jakarta Pusat, Selasa (23/07/19).Imam Taufiq mengutarakan tiga strategi baru yang akan dijalankan selama masa kepemimpinannya.
https://4.bp.blogspot.com/--NktV-HDAbU/XUphPmU1gVI/AAAAAAAAIZY/LKiTC6IWd_4EHva-eELuQHngw8kPaKggACK4BGAYYCw/s1600/rektor-uin-walisongo.jpg
https://4.bp.blogspot.com/--NktV-HDAbU/XUphPmU1gVI/AAAAAAAAIZY/LKiTC6IWd_4EHva-eELuQHngw8kPaKggACK4BGAYYCw/s72-c/rektor-uin-walisongo.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/08/baru-dilantik-jadi-rektor-ini-3-strategi-imam-taufiq-dalam-membangun-uin-walisongo.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/08/baru-dilantik-jadi-rektor-ini-3-strategi-imam-taufiq-dalam-membangun-uin-walisongo.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin