Terkuak, Dugaan Jual Beli Jabatan Rektor UIN Seharga Rp 5 M


Semarang, IDEAPERS.COM - Tertangkapnya Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy karena kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) berbuntut panjang. Kini, muncul fakta baru mengenai jual beli jabatan rektor  di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta seharga Rp 5 M. Hal tersebut diungkapkan oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di TV One, Selasa (19/03/19).

Mahfud menyampaikan ada mahar senilai Rp 5 miliar untuk bisa menduduki kursi rektor di UIN Jakarta. Mahfud mengatakan hal ini berdasarkan data, karena ada korban terkait kejadian ini. Andi Faisal Bakti misalnya, sudah dua kali mengikuti seleksi rektor dan selalu menang di UIN Makassar dan UIN Jakarta. Saat menang dalam seleksi rektor UIN Makassar, tiba-tiba dibuat aturan baru, bahwa yang boleh menjadi rektor di UIN Makassar adalah mereka yang sudah tinggal di 6 bulan terakhir. Sementara Andi merupakan dosen baru pindahan dari Kanada.

Hal tersebut membuat Andi memperkarakan sampai ke jalur hukum. Sesuai putusan pengadilan, Andi harus dilantik. Namun, pelantikan tidak pernah terjadi.

Hal serupa juga terjadi saat Andi mengikuti seleksi rektor di UIN Jakarta dan kembali memenangkannya. Meski menang, Andi tidak pernah dilantik, justru ia mengaku pernah dimintai uang sebesar Rp 5 miliar untuk memuluskan jalannya menuju kursi rektorat.

“Andi Faisal Bakti ini orangnya masih ada, dan dia pernah didatangi orang dimintai Rp 5 miliar untuk jadi rektor,” ungkap Mahfud dilansir dari suara.com (21/03/2019).

Kasus ini menjadi catatan hitam betapa lemahnya penegakan aturan, dibandingkan kepentingan politik yang lebih dominan menguasai dan mengintervensi tataran birokrasi pemerintahan. Kepentingan politik praktis yang menghantui dunia birokrasi menjadi preseden buruk dalam menciptakan aparatur yang bersih, berintegritas, dan profesional.

Pernyataan Mahfud terkait jual beli jabatan di rektorat UIN kian membesar. Pernyataan itu mengundang ratusan mahasiswa UIN Jakarta melakukan aksi unjuk rasa di kampusnya. Mereka mendesak agar rektor UIN Jakarta saat ini yakni Amany Burhanuddin Umar Lubis mundur dari jabatannya.

Tak sampai di situ, mahasiswa meminta agar KPK bisa mengusut tuntas skandal jual beli jabatan rektor ini. Pasalnya, UIN merupakan kampus Islam yang tidak pantas dikotori dengan aksi korupsi.

“Seperti dikatakan Prof Mahfud juga, seharusnya Prof Andi yang menang tapi Prof Amany yang dilantik. Kita mendorong KPK untuk memeriksa ke UIN. Apakah ada kaitannya dengan kasus Kementerian Agama,” ujar penanggung jawab aksi Adi Raharjo.

Akhirnya, Indonesian Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan penyelidikan lebih mendalam mengenai dugaan jual beli jabatan rektor UIN. Pernyataan Mahfud bisa menjadi data tambahan bagi KPK untuk membongkar skandal korupsi di Kementerian Agama.

“Ini bisa dijadikan informasi tambahan, apakah ini berkaitan atau tidak, dengan kasus yang sekarang ditangani KPK. Tentu harus diverifikasi informasinya,” kata peneliti ICW Agus Sunaryanto. [Rep. F/Red. D]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,126,Berita,777,cerpen,19,Dosen,3,EkspreShe,22,Essay,70,Generasi Milenial,16,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,17,Keagamaan,4,Kesehatan,4,Mahasiswa,8,Oase,146,Opini,132,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,63,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,25,Surat Pembaca,7,Teknologi,6,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,17,Zodiak,1,
ltr
item
IDEApers: Terkuak, Dugaan Jual Beli Jabatan Rektor UIN Seharga Rp 5 M
Terkuak, Dugaan Jual Beli Jabatan Rektor UIN Seharga Rp 5 M
Jual Beli Jabatan Rektor UIN Seharga Rp 5 Miliar. Tertangkapnya Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy karena kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) berbuntut panjang. Kini, muncul fakta baru mengenai jual beli jabatan rektor di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta seharga Rp 5 M. Hal tersebut diungkapkan oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di TV One, Selasa (19/03/19).
https://3.bp.blogspot.com/-adCTzr8C7I4/XJW5zkp94VI/AAAAAAAAHVk/do7OdLrmKlUQ9MnFE5S1TwI06-cb7nHtwCK4BGAYYCw/s1600/Jual-Beli-Jabatan-Rektor-UIN-Seharga-Rp-5-M.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-adCTzr8C7I4/XJW5zkp94VI/AAAAAAAAHVk/do7OdLrmKlUQ9MnFE5S1TwI06-cb7nHtwCK4BGAYYCw/s72-c/Jual-Beli-Jabatan-Rektor-UIN-Seharga-Rp-5-M.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/03/jual-beli-jabatan-rektor-uin-seharga-rp-5-m.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/03/jual-beli-jabatan-rektor-uin-seharga-rp-5-m.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin