Ini Isi Dokumen yang Ditandatangani Imam Besar Al-Azhar dan Paus Fransiskus

Gambar: http://www.suaraislam.co
Paus Fransiskus, pemimpin umat Katolik dunia, dan Imam Besar Al-Azhar Syekh Ahmed al-Tayeb menandatangani dokumen bersejarah yang menyerukan perdamaian di antara bangsa-bangsa, agama dan ras dalam sebuah Pertemuan Persaudaraan Manusia Manusia di Uni Emirat Arab (UEA), Senin (4/2/19).

Dokumen perdamaian ditandatangani oleh para pemuka agama Kristen, Islam, Yahudi dan agama lain, dan menjanjikan perdamaian, kebebasan dan hak-hak perempuan.

Mengutip Islami.co berikut isi lengkap Dokumen Persaudaraan Manusia yang ditandatangani Imam Masjid Al-Azhar dan Paus Fransiskus tersebut:

1. Keyakinan bahwa ajaran asli agama-agama mendorong manusia untuk hidup bersama dengan damai, menghargai kemanusiaan, dan menghidupkan kembali kebijaksanaan, keadilan, dan cinta kasih.

2. Kebebasan adalah hak setiap orang. Pluralisme dan keberagaman agama adalah kehendak dan karunia Allah.

3. Keadilan yang berlandaskan kasih adalah jalan untuk hidup yang bermartabat.

4. Budaya toleransi, penerimaan terhadap kelompok lain, dan kehidupan bersama dengan damai akan membantu mengatasi pelbagai masalah ekonomi, sosial, politik dan lingkungan.

5. Dialog antar agama berarti bersama-sama mencari keutamaan moral tertinggi dan menghindari perdebatan tiada arti.

6. Perlindungan terhadap tempat ibadah adalah tugas yang diemban oleh agama, nilai kemanusiaan, hukum, dan perjanjian internasional. Setiap serangan terhadap tempat ibadah adalah pelanggaran terhadap ajaran agama dan hukum internasional.

7. Terorisme adalah tindakan tercela dan mengancam kemanusiaan. Terorisme bukan diakibatkan oleh agama, melainkan kesalahan interpretasi terhadap ajaran agama dan kebijakan yang mengakibatkan kelaparan, kemiskinan, ketidakadilan, dan penindasan. Stop dukungan pada terorisme secara finansial, penjualan senjata, dan justifikasi. Terorisme adalah tindakan terkutuk.

8. Kewarganegaraan adalah wujud kesamaan hak dan kewajiban. Penggunaan kata “minoritas” harus ditolak karena bersifat diskriminatif, menimbulkan rasa terisolasi dan inferior bagi kelompok tertentu.

9. Hubungan baik antara negara-negara Barat dan Timur harus dipertahankan. Dunia Barat dapat menemukan obat atas kekeringan spiritual akibat materialisme dari dunia Timur. Sebaliknya, dunia Timur dapat menemukan bantuan untuk bebas dari kelemahan, konflik, kemunduran pengetahuan, teknik, dan kebudayaan dari dunia Barat.

10. Hak kaum wanita untuk mendapatkan pendidikan, pekerjaan, dan berpolitik harus diakui. Segala bentuk eksploitasi seksual dengan alasan apapun harus dihentikan.

11. Hak-hak mendasar bagi anak-anak untuk tumbuh dalam lingkungan keluarga yang baik, mendapat gizi yang memadai, pendidikan, dan dukungan adalah kewajiban bagi keluarga dan masyarakat. Semua bentuk pelecehan pada martabat dan hak anak-anak harus dilawan dan dihentikan.

12. Perlindungan terhadap hak orang lanjut usia, mereka yang lemah, penyandang disabilitas, dan mereka yang tertindas adalah kewajiban agama dan sosial, maka harus dijamin dan dibela. [Zk]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,74,Berita,744,cerpen,19,EkspreShe,20,Essay,60,Oase,111,Opini,111,Puisi,61,Resensi,6,Resensi Buku,11,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,22,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Ini Isi Dokumen yang Ditandatangani Imam Besar Al-Azhar dan Paus Fransiskus
Ini Isi Dokumen yang Ditandatangani Imam Besar Al-Azhar dan Paus Fransiskus
Paus Fransiskus, pemimpin umat Katolik dunia dan Imam Besar Al Azhar Syekh Ahmed al-Tayeb menandatangami dokumen perdamaian.
https://1.bp.blogspot.com/-4_VTonvq28U/XF-veCPbdEI/AAAAAAAAGxw/2V-ssg2HVqU5Evy6Z5B549xW0D2BLM8MgCK4BGAYYCw/s1600/Ini%2BIsi%2BDokumen%2Byang%2BDitandatangani%2BImam%2BBesar%2BAl-azhar%2Bdan%2BPaus%2BFransiskus.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-4_VTonvq28U/XF-veCPbdEI/AAAAAAAAGxw/2V-ssg2HVqU5Evy6Z5B549xW0D2BLM8MgCK4BGAYYCw/s72-c/Ini%2BIsi%2BDokumen%2Byang%2BDitandatangani%2BImam%2BBesar%2BAl-azhar%2Bdan%2BPaus%2BFransiskus.jpeg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/02/ini-isi-dokumen-yang-ditandatangani-imam-besar-al-azhar-dan-paus-fransiskus.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/02/ini-isi-dokumen-yang-ditandatangani-imam-besar-al-azhar-dan-paus-fransiskus.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin