Sebelum Ujian Munaqosah, Baca Dulu Kiat-Kiat Ampuh Ini

Ilustrasi: Youtube
Rasa takut seringkali menimpa mahasiwa dan mahasiswi menjelang ujian munaqosah. Perasaan grogi, gemetar dan bingung hampir dialami semua mahasiswa. Apalagi dosen pengujinya terkenal sadis dan gemar membantai peserta ujian.

Ya, perasaan seperti itu sangatlah wajar. Bagaimana tidak takut? Skripsi yang dikerjakan dengan berdarah-darah, hanya ditentukan oleh dua penguji selama satu jam setengah. Belum lagi, perjuangan atur jadwal "kencan" dengan dosen pembimbing yang acapkali gampang-gampang susah.

Sebenarnya, perasan dag-dig-dug sebelum ujian munaqosah, bisa diatasi dengan mudah. Asalkan, kita tahu trik dan tipsnya saat presentasi di depan penguji. Simak tips dan trinya agar sukses saat munaqosah berikut ini:

1. Persiapkan materi dengan baik



Untuk mengatasi rasa takut dan grogi di saat menjelaskan isi skripsi, langkah pertama adalah menyiapkan materi yang akan dipresentasikan dengan baik. Persiapan materi yang baik akan memudahkan presentator dalam menjelaskan materinya.

Di samping itu, hal tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang besar. Sehingga, mampu menyampaikan materi dengan lancar dan tegas, tanpa ada keraguan. Sebab, dosen penguji biasanya akan menghabisi peserta ujiaan yang ragu dan terkesan tidak yakin dengan apa yang dipresentasikannya.

2. Road map materi



Siapa pun pasti ingin presentasinya lancar di depan penguji. Namun kadang terkendala dalam mempersiapkan materi. Ia merasa kebingungan dalam menyusun langkah-langkahnya. Akhirnya, pasrah sebelum bertempur.

Dalam tahapan ini, ada suatu hal yang prinsip dan penting yang sering terlewati atau bahkan peserta ujian melupakannya. Padahal, hal tersebut sangat penting untuk dipersiapkan.

Jadi, yang perlu diperhatikan sebelum ujian munaqosah adalah membuat road map materi yang akan dibahas. Pembuatan road map materi akan memudahkan dalam menyusun materi yang akan dipresentasikan. Di samping itu, dengan adanya road map dapat membatasi pokok-pokok bahasan yang akan disampaikan

3. Power point yang simpel dan efektif



Setelah menyiapkan materi dan road map skema pembahasan yang akan disampaikan ketika presentasi, buatlah power point yang simpel dan efektif. Power point bukan hanya untuk membantu saat presentasi. Akan tetapi, power point juga berfungsi untuk mengarahkan dosen penguji agar masuk "perangkap" presentator.

Maka dari itu, power point yang simpel dan efektif sangat diperlukan. Pokok-pokok bahasan saja yang ditampilkan di dalam slide. Ingat, jangan sampai menampilkan materi secara utuh dalam slidet tersebut. Bisa dibantai habis sama dosen penguji.

Langkah membuat power point yang efektif adalah dengan menampilkan materi secara umum saja. Kemudian, buat pola dan skema pembahasan yang bisa mengarahkan pertanyaan penguji sesuai keinginan kita. Sehingga pertanyaan-pertanyan yang akan dilontarkan, hanya seputar apa yang tampil di slide.

Percayalah. Dosen penguji tidak membaca skripsi secara detail. Yang paling sering diteliti adalah rumusan masalah, kesesuain analisis dan kesimpulan. So, kalau tidak ingin bunuh diri, jangan mempersulit diri sendiri dengan menampilkan slide yang begitu detail.

4. Simulasi munaqosah



Untuk menguji mental dan kelancaran dalam menyampaikan materi, perlu kiranya melakukan simiulasi dengan teman kost, kelas atau seangkatan. Sepiring nasi padang, cukuplah sebagai jatah simulasi. hehehe

Ibaratnya, simulasi merupakan uji kungfu  sebelum menghadapi "yaumul hisab" di depan dosen penguji. Dijamin,  siap mental lahir batin.

5. Doa orang terdekat



Percayalah, doa adalah senjata terbesar yang dimiliki umat manusia. Dengan doa, sesuatu yang tidak mungkin terjadi, bisa menjadi hal yang mungkin. Terutama doa orangtua dan teman dekat.

Jadi pertama kali, pastikan menghubungi orangtua, kemudian teman-teman terdekat. Good luck[Ms]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,74,Berita,743,cerpen,19,EkspreShe,20,Essay,59,Oase,111,Opini,109,Puisi,61,Resensi,6,Resensi Buku,11,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,22,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Sebelum Ujian Munaqosah, Baca Dulu Kiat-Kiat Ampuh Ini
Sebelum Ujian Munaqosah, Baca Dulu Kiat-Kiat Ampuh Ini
Rasa takut seringkali menimpa mahasiwa dan mahasiswi menjelang ujian skripsi atau munaqosah. Perasaan grogi, gemetar dan bingung hampir dialami semua mahasiswa. Berikut kiat-kiat ampuh sebelum ujian munaqosah
https://1.bp.blogspot.com/-ywRLC5o1DAc/XD4TsCXMJVI/AAAAAAAAGk0/VPT6WR7dFXgizBJZxgRjGfs2K61-Q2pEgCK4BGAYYCw/s1600/maxresdefault.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ywRLC5o1DAc/XD4TsCXMJVI/AAAAAAAAGk0/VPT6WR7dFXgizBJZxgRjGfs2K61-Q2pEgCK4BGAYYCw/s72-c/maxresdefault.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/01/sebelum-ujian-munaqosah-baca-dulu-kiat-kiat-ampuh-ini.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/01/sebelum-ujian-munaqosah-baca-dulu-kiat-kiat-ampuh-ini.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin