Begini Cara Mudah Urus Kartu Tanda Mahasiswa UIN Walisongo yang Hilang

Mahasiswa tengah menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) UIN Walisongo Semarang.

Semarang, IDEAPERS.COM - UIN Walisongo secara resmi telah membagikan kartu sakti atau Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang memiliki tiga fungsi sekaligus bagi mahasiswa angkatan 2017.

Adapun fungsi KTM itu di antaranya menjadi kartu pengenal mahasiswa, kartu ATM dan kartu Parkir.

Memang jelas kartu itu memudahan mahasiswa karena cukup membawa satu kartu. Namun yang menjadi ketakutan ketika KTM itu hilang.

Kasubag Informasi Kemahasiswaan UIN Walisongo, Fadhol mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam mengurus KTM yang hilang.

Disebutnya, mahasiswa bisa mulai dengan mengajukan surat permohonan kehilangan dari masing-masing fakultas dan meminta surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

"Kedua surat itu nanti difotokopi lalu dibawa ke bagian akademik dan kemahasiswaan. Nanti kita buatkan surat pengantar sehingga bisa lanjut ke proses pencetakan kartu," kata Fadhol, Jumat (10/1).

Fadhol mengatakan, saat ini pembuatan KTM bisa diurus satu hari jadi. Berbeda dengan sebelumnya yang mencapai tiga bulan.

"Sekarang kita sudah bisa cetak sendiri, kalau dulu bisa sampai tiga bulan karena kan yang membuat bank, bukan kita," ucapnya.

Dijelaskan, pembuatan KTM baru tidak dipungut biaya. Namun karena KTM itu telah terintegrasi dengan kartu parkir sehingga harus mengganti biaya sebesar Rp 20.000.

"Untuk KTM gratis, yang bayar kartu mifare-nya (kartu parkir) karena kartu mifare harus beli di luar. Jadi harus ganti Rp 20.000. Itu pun bukan wewenang kami, melainkan dari pencetak kartu parkir itu," jelasnya.

Dilanjutkan, untuk pengganti KTM sementara mahasiswa bisa meminta surat pengantar dari fakultas atau menggunakan kartu perpustakaan. [Rep. Agung/Red. Ainun]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,19,Berita,630,cerpen,17,EkspreShe,18,Essay,43,Oase,77,Opini,79,Puisi,54,Resensi,5,Resensi Buku,11,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,13,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Begini Cara Mudah Urus Kartu Tanda Mahasiswa UIN Walisongo yang Hilang
Begini Cara Mudah Urus Kartu Tanda Mahasiswa UIN Walisongo yang Hilang
Kasubag Informasi Kemahasiswaan UIN Walisongo, Fadhol mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam mengurus KTM yang hilang. Cara mengurus KTM yang hilang. Cara mengurus kartu parkir yang hilang di UIN Walisongo. Denda bila kartu parkir hilang.
https://3.bp.blogspot.com/-FRZ3ZsxMnwc/XDiHavu5fHI/AAAAAAAAGkY/tPgHtIkcrbkWDIDXi17SSoswFLEjxk5fgCLcBGAs/s1600/DSC_5247.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-FRZ3ZsxMnwc/XDiHavu5fHI/AAAAAAAAGkY/tPgHtIkcrbkWDIDXi17SSoswFLEjxk5fgCLcBGAs/s72-c/DSC_5247.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/01/begini-cara-mudah-urus-kartu-tanda-mahasiswa-uin-walisongo-yang-hilang.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/01/begini-cara-mudah-urus-kartu-tanda-mahasiswa-uin-walisongo-yang-hilang.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin