Wadek III FUHUM Mengutuk Aksi Terorisme

Masrur, Wadek III Fakultas Ushuluddin dan Humaniora
Semarang-ideapers.com- Aksi teror bom yang terjadi di jalan M.H. Thamrin Jakarta pada Kamis 14/01/16 memicu tanggapan dari berbagai kalangan, termasuk Masrur, Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo Semarang.

Setelah ditemui di depan kantor dekanat (15/01), Masrur mengungkapkan bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya aksi teror di Jakarta kemarin.  Salah satunya ialah lemahnya alat intelegensi. “Negara sebenarnya punya alat intelegensi, ada Densus 88 dan sebagainya, seharusnya kejadian seperti terorisme di M.H. tamrin tidak terjadi,ujarnya.

Menurutnya, politik global menjadi faktor yang dianggap berpengaruh dalam aksi teror tersebut. “Kita memiliki pertumbuhan ekonomi 50 tahun ke depan cukup baik, karena bonus demografi. Jumlah penduduk produktif lebih banyak dari penduduk lansia. Teori konspirasi menjelaskan bahwa Indonesia akan dijadikan boneka seperti Timur Tengah, indikasinya ketika ada bom, Amerika langsung melakukan warning,” kata Masrur.

Selain dari sudut pandang politik, pejabat Fakultas Ushuluddin dan Humaniora ini juga memaparkan aksi teror dari segi agama, di mana isu sementara dari segala aksi teror tersebut selalu mengatasnamakan agama. “Kita sebagai umat Islam, mengutuk keras aksi terorisme. Umat Islam mengajarkan kedamaian dan kasih sayang, tapi karena ada sekelompok orang yang berdakwah dengan radikal akhirnya mereka enggan masuk Islam”, tegasnya.

Ia menambahkan bahwa aksi teror kali ini nampaknya mengalami pergeseran sasaran. Semula sasaran terpaku pada simbol-simbol ekonomi barat, seperti di Bali, hotel JW Marriot. Sedang aksi teror kemarin setelah aksi bom di kedai milik orang Belanda, dilanjutkan pada pos polisi. Artinya, mereka tengah mengincar musuh lokal. Karena banyak intimidasi dari anggota polisi, ini bisa menjadi faktor aksi teror kemarin”, ungkap Masrur.

Ada beberapa solusi ditawarkan Masrur untuk mencegah terjadinya terorisme. Solusi yang paling utama adalah evaluasi pada berbagai system keamanan. Kedua, pengaruh orang tua juga penting. Masrur menyayangkan keamanan di Indonesia. Telah terkuak, bahwa isu terorisme kemarin adalah ulah Burhan Naim dan Maman. “Posisi Maman ada di penjara, di sana, dia bisa mengendalikan gerakan di luar. Bahkan, di penjara dia bisa mendapatkan ilmu dan disebarkan ke anggota luar. Sungguh ironisnya keamanan Negara ini, bagaimana mungkin Maman bisa memimpin gerakan terorisme dari dalam penjara, pungkasnya. (Syaifullah/Gigih)

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,151,Berita,830,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,8,Kesehatan,8,Mahasiswa,36,Oase,174,Opini,142,opini mahasiswa,1,PBAK,6,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,68,Resensi,10,Resensi Buku,14,Resensi Film,21,Riset,4,Sastra,31,Surat Pembaca,7,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,53,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Wadek III FUHUM Mengutuk Aksi Terorisme
Wadek III FUHUM Mengutuk Aksi Terorisme
Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, terorisme
https://1.bp.blogspot.com/-vgPs0E02vHA/VpkuTT9hyrI/AAAAAAAAA-k/mN1-IL6BAic/s320/IMG-20160115-WA0005%255B1%255D.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vgPs0E02vHA/VpkuTT9hyrI/AAAAAAAAA-k/mN1-IL6BAic/s72-c/IMG-20160115-WA0005%255B1%255D.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2016/01/tanggapan-wadek-iii-fuhum-mengenai-aksi.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2016/01/tanggapan-wadek-iii-fuhum-mengenai-aksi.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin