Kru IDEA Antusias Ikuti Pelatihan Bareng Kompas


Ignatius Kristanto (kiri) tengah memperkenalkan jurnalistik presisi kepada kru LPM IDEA.
Foto: IDEA

Semarang-ideapers.com- Merasa belum memiliki metode pengolahan data yang mumpuni, muncul inisiatif di antara kru untuk meningkatkan metode pengolahan data di LPM IDEA. Menindaklanjuti gagasan tersebut, Mochamad Saifudin, Pimpinan Umum LPM IDEA periode 2015, mengajukan permohonan kerja sama tentang pelatihan metodologi riset kepada media nasional, Kompas. “Kami menganggap Kompas memiliki prinsip-prinsip jurnalisme yang disiplin,” tutur pria yang biasa dipanggil Ivo tersebut. Setelah menunggu selama kurang lebih dua bulan, akhirnya Kompas bersedia memberikan pelatihan jurnalistik yang bertajuk “Pelatihan Pengenalan Jurnalistik Presisi dan Penulisan Resensi Buku Bareng Kompas”.

Seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya, pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua hari (19-20/01/16). Pada hari pertama (19/01), Ignatius Kristanto, memperkenalkan jurnalistik presisi kepada kru LPM IDEA. Ia menuturkan bahwa jurnalistik presisi berbeda dengan jurnalistik konvensional. “Jurnalistik presisi lebih akurat dalam menggambarkan suatu peristiwa, karena didasarkan pada data statistik,” ujar Manajer Litbang Kompas itu. Data statistik tersebut, lanjut Kristanto, didapatkan melalui survei atau polling, maupun eksperimen.

Ali Khafidin, salah satu peserta, mengaku terkesan mengikuti pelatihan tersebut. Ia mengira belajar polling itu susah, namun setelah memperhatikan dengan seksama ternyata terasa lebih mudah. “Mungkin cara penyampaian dari Pak Kristanto yang bagus. Setelah diberi teori kami diajak untuk mempraktekkannya dengan melakukan riset langsung kepada peserta lain,” jelas kru LPM IDEA angkatan 2014 itu. 

Hari kedua (20/01), pelatihan dilanjutkan oleh Yohanes Krisnawan mengenai resensi buku. Dalam penyampaian materinya, ia mengungkapkan bahwa pembaca sering menganggap remeh rubrik resensi buku. “Padahal rubrik itu sama pentingnya dengan analisis utama,” aku Krisnawan.
Krisnawan pun sangat terkesan datang ke Semarang dan bisa memberi materi kepada awak LPM IDEA. “Kesan saya pada anak-anak Idea sangat antusias. Di musim liburan seperti ini, kru tetap hadir dan jumlahnya banyak pula,” ungkap Mas Wawan, panggilan akrab peneliti utama Kompas itu. 

Lebih lanjut, Saifudin berharap acara semacam ini bisa diselenggarakan kembali oleh kepengurusan selanjutnya. “Saya pun berharap kawan-kawan segera melakukan follow up dengan melakukan survei sungguhan,” pungkas pria asal Bojonegoro tersebut. (Yuli/IDEA)

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,151,Berita,830,cerpen,19,Dosen,4,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,8,Kesehatan,8,Mahasiswa,36,Oase,174,Opini,142,opini mahasiswa,1,PBAK,6,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,68,Resensi,10,Resensi Buku,14,Resensi Film,21,Riset,4,Sastra,31,Surat Pembaca,7,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,53,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Kru IDEA Antusias Ikuti Pelatihan Bareng Kompas
Kru IDEA Antusias Ikuti Pelatihan Bareng Kompas
http://2.bp.blogspot.com/-mIdTWBFxqKY/VqGPqS7Av_I/AAAAAAAAA-8/zNWFvgR39h4/s320/Ideapress.com.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-mIdTWBFxqKY/VqGPqS7Av_I/AAAAAAAAA-8/zNWFvgR39h4/s72-c/Ideapress.com.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2016/01/kru-ideaantusias-ikuti-pelatihan-bareng.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2016/01/kru-ideaantusias-ikuti-pelatihan-bareng.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin