Generasi Muda FKUB Jateng Kunjungi Tempat Ibadah Agama-Agama

ideapers.com
Dok. Arifin
Salatiga, Ideapers.com - Generasi Muda Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng mengadakan kunjungan ke tiga tempat ibadah di Jawa Tengah, Sabtu, (28/11). Ketiga tempat ibadah itu Klenteng Ambarawa, Goa Maria Ambarawa dan Gereja Kristen Jawa Tengah Utara (GKJTU), yang merupakan Gereja tertua di Salatiga. Acara yang dikemas dengan Touring Religi itu sekaligus dalam rangka pembentukan kepengurusan Generasi Muda FKUB Jawa Tengah.

Kordinator Generasi Muda FKUB Imron Nawawi mengatakan, kegiatan tersebut berangkat dari masih sering terjadinya konfik atas nama agama. Sehingga, generasi muda FKUB Jateng diharapkan menjadi benih yang dapat menjaga kerukunan antar umat beragama di Indoensia khususnya di Jawa Tengah.

“Saat ini banyak konflik sosial yang mengatasnamakan agama, seolah agama menjadi pemicu konflik meskipun dilatarbelakngi dengan hal yang berbau politik atau semata kepentingan kelompok yang mengadu domba dengan nama agama,” katanya ketika dikonfirmasi melalui handphone, Sabtu Malam.

Imron menjelaskan, pendekatan, pemahaman satu sama lain dan komunikasi yang baik, tentunya mampu menyangga serta memberikan pondasi yang kuat untuk mengantisipasi terjadinya konflik atas nama agama. Peran pemuda, lanjut Imron, sangat penting mengingat ia sebagai iron stock yang nantinya akan menjadi pemimpin dan dapat memberikan perubahan bagi bangsa termasuk dapat menabur benih perdamaian antar umat yang berbeda keyakinan.

Imron menegaskan, kegiatan Touring Religi ini untuk membangun humanisme lintas agama demi terwujudnya masyarakat yang pluralis dan cinta damai.

“Jangan sampai kita hanya ngomong bahwa kita plural dan saling menghormati antar umat beragama, sementara dalam kehidupan sehari-hari kita merasa jijik terhadap rumah ibadah agama lain,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari ini diikuti oleh 18 generasi muda FKUB meliputi tiga agama, yaitu Islam, Kristen dan Khonghucu. Sedangkan dari Katolik dan Budha tidak bisa hadir karena berhalangan.

Agenda kunjungan dimulai dari Klenteng Ambarawa, dilanjut ke Goa Maria dan terakhir di GKJTU di Salatiga. Acara ditutup dengan refreshing di pemandian kolam renang Muncul di Banyubiru Salatiga.

(Arifin/Kontributor IDEA)

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,126,Berita,777,cerpen,19,Dosen,3,EkspreShe,22,Essay,70,Generasi Milenial,16,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,17,Keagamaan,4,Kesehatan,4,Mahasiswa,8,Oase,146,Opini,132,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,63,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,25,Surat Pembaca,7,Teknologi,6,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,17,Zodiak,1,
ltr
item
IDEApers: Generasi Muda FKUB Jateng Kunjungi Tempat Ibadah Agama-Agama
Generasi Muda FKUB Jateng Kunjungi Tempat Ibadah Agama-Agama
agama damai, FKUB, Touring Religi, kunjungan berbagai tempat ibadah, GKJTU, lintas agama,
http://3.bp.blogspot.com/-iFsWFTtVosA/Vlnq8Md8htI/AAAAAAAAA7Y/cB73ex7N2hw/s640/IMG_20151128_232556.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-iFsWFTtVosA/Vlnq8Md8htI/AAAAAAAAA7Y/cB73ex7N2hw/s72-c/IMG_20151128_232556.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2015/11/generasi-muda-fkub-jateng-kunjungi.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2015/11/generasi-muda-fkub-jateng-kunjungi.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin