Masuk Kampus UIN Walisongo, Mahasiswa Harus Bayar Seribu Rupiah

Barier gate berbayar di kampus satu UIN Walisongo



Semarang, IDEApers.com - Mahasiswa UIN Walisongo harus bayar seribu rupiah ketika masuk kampus pada tahun 2019 mendatang. Hal itu seperti yang dikatakan oleh Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK), Priyono.

"Saat ini sampai satu tahun ke depan, tarif parkir untuk mahasiswa gratis. Tapi tahun berikutnya, 2019, tarif akan diberlakukan untuk semuanya (mahasiswa dan masyarakat umum). Ini sebagai kontribusi mahasiswa terhadap universitasnya," tegas Priyono kepada kru IDEApers.com, Senin, (12/03/18).

Lebih lanjut, Priyono mengatakan, mahasiswa akan dikenakan tarif seribu rupiah. Sedangkan masyarakat umum akan dikenakan tarif sebanyak tiga ribu rupiah. Sistem pembayarannya sama seperti sistem e-tol.

"Kita tinggal menempelkan kartu parkir pada barcode scanner saja. Jadi kartu parkir tersebut harus selalu diisi saldo agar bisa digunakan. " jelasnya.

Priyono menambahkan, selain untuk menanggulangi banyaknya pencurian motor di kampus, hal ini juga bisa  mengurangi jumlah masyarakat yang parkir liar di lingkungan universitas.

"Ini menindaklanjuti dari kejadian-kejadian kehilangan kendaraan yang akhir-akhir ini terjadi di UIN Walisongo. Selain itu juga untuk mengatasi parkir liar dari kendaraan di luar staff maupun mahasiswa UIN yang menumpang parkir," imbuhnya.

Kata Priyono, mahasiswa memang membayar UKT, akan tetapi anggaran tersebut sifatnya bukan opersional kampus melainkan digunakan untuk kebutuhan mahasiswa itu sendiri. Sedangkan, barier gate bisa digunakan untuk biaya opersional kampus.

"UKT kan sifatnya in out. walaupun itu sudah masuk Badan Layanan Umum (BLU). Tapi, kalau barier gate kan enggak. Bisa digunakan untuk opersional kampus, kaya bangunan dan sebagainya," katanya.

Priyono menegaskan bahwa UIN Walisongo telah menjadi BLU, sehingga universitas harus memenuhi semua pembiayaan yang ada di kampus termasuk barier gate.

"Semisal, anggaran kita 1 tahun 100 milyar, sebelum BLU uang 100 milyar itu semuanya diberikan dari pemerintah full. Tapi setelah BLU, pemerintah hanya memberikan 75 milyar, sedang yang 25 milyarnya diambil dari kita (universitas)," tegasnya.

Priyono juga telah menginstruksikan kepada seluruh kepala bagian dari masing-masing fakultas untuk membuat dan menyebarkan surat edaran mengenai sistem ini kepada seluruh warga UIN Walisongo yang berada pada naungannya.

"Karena secepatnya setelah sistem ini dirasa efektif, barier gate akan diterapkan di gedung kampus yang lain (kampus dua dan kampus tiga)." pungkas Priyono.

Sampai berita ini diterbitkan, Wakil Rektor Bidang Adminitrasi Umum, Perencanaa, dan Keuangan, Imam Taufiq, belum menanggapi perubahan kebijakan barier gate pada tahun 2019 mendatang.
[Rep. Nui, Isqi/Red. Abdi]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,13,Berita,616,cerpen,15,EkspreShe,18,Essay,39,Oase,70,Opini,70,Puisi,51,Resensi,4,Resensi Buku,10,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,8,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Masuk Kampus UIN Walisongo, Mahasiswa Harus Bayar Seribu Rupiah
Masuk Kampus UIN Walisongo, Mahasiswa Harus Bayar Seribu Rupiah
Mahasiswa UIN Walisongo harus bayar seribu rupiah ketika masuk kampus pada tahun 2019 mendatang
https://1.bp.blogspot.com/-7dj_CEMb2gQ/WqZt4Je8t_I/AAAAAAAAFa4/6COLp6PPWQ8o4yH4MIqRkIn1vNCQ8clCACK4BGAYYCw/s1600/tahun2019-mahasiswa-harus-bayar-parkir-di-uin-walisongo.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7dj_CEMb2gQ/WqZt4Je8t_I/AAAAAAAAFa4/6COLp6PPWQ8o4yH4MIqRkIn1vNCQ8clCACK4BGAYYCw/s72-c/tahun2019-mahasiswa-harus-bayar-parkir-di-uin-walisongo.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2018/03/masuk-kampus-uin-walisongo-mahasiswa-harus-bayar-seribu-rupiah.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2018/03/masuk-kampus-uin-walisongo-mahasiswa-harus-bayar-seribu-rupiah.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin