Baca al-Quran Jadi Syarat Perwalian di FUHum


Mahasiswa UIN Walisongo sedang menunngu giliran perwalian
Semarang, IDEAPERS.com - Mahasiswa yang ingin melakukan perwalian di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHum) UIN Walisongo, harus membaca ayat al-Quran terlebih dahulu sebagai syarat disetujuinya mata kuliah yang diambil.

Salah satu dosen wali FUHum, Syaifuddin Zuhri, mengungkapkan membaca ayat al-Quran menjadi syarat wajib agar bisa melakukan perwalian dengannya.

"Iya kalau untuk mahasiswa semester baru, mereka baca ayat-ayat al-Quran terlebih dahulu. Tapi untuk mahasiswa lama enggak perlu," ujar Syaifuddin saat ditemui di ruang dosen Rabu (22/02/17).

Sementara itu dosen wali lainnya, Mokh. Sya'roni, mengugkapkan membaca al-Quran sebelum perwalian dilakukan untuk melihat kemampuan mahasiswa.

"Ya, itu untuk branding saja. Melihat sejauh mana mahasiswa bisa membaca al Quran. Masak mahasiswa UIN tidak bisa baca al-Quran," ungkapnya.

Pemberlakuan syarat membaca al-Quran, lanjut Sya'roni, telah dilakukan sejak tiga semester terakhir, dengan menggolongakan mahasiswa sesuai tahun masuk. Ia pun berharap melalui cara tersebut bisa tahu siapa mahasiswa yang belum bisa membaca.

"Kita berharap dengan begitu bisa melihat mana yang sudah bisa baca al-Quran dan mana yang belum. Setelah itu nanti kita lakukan pemetaan dan follow up," katanya.

Sementara itu mahasiswa FUHum, Luki, membenarkan jika sebelum melakukan perwalian, ia diminta dosennya agar membaca ayat al-Quran sebagai syarat disetujuinya mata kuliah yang telah diambil.

"Saya enggak tahu apa alasannya, tapi kemarin pas perwalian saya disuruh baca ayat al-Quran. Saya juga diminta bawa buku panduan kuliah, katanya sambil mengecek hasil kuliah saya," kata Luki, mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi itu.

Luki mengaku jika syarat tersebut merupakan hal yang baik, namun menurutnya mahasiswa harus diberitahu terlebih dahulu agar tak terkesan dadakan.

"Kalau bisa sebelum perwalian diumumkan dulu, biar enggak kaget. Kalau sudah dikasih tahu dulu, nanti juga lebih enak," katanya. (Rep. Rozikan/Red. Nashokha)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,6,Berita,601,cerpen,14,EkspreShe,18,Essay,37,Oase,63,Opini,61,Puisi,46,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,18,Riset,2,Sastra,2,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Baca al-Quran Jadi Syarat Perwalian di FUHum
Baca al-Quran Jadi Syarat Perwalian di FUHum
Setiap mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHum) diwajibkan membaca ayat al-Quran sebelum mata kuliahnya disahkan oleh dosen wali.
https://1.bp.blogspot.com/-g2ejUNaRd6c/WK6_e_7ZxTI/AAAAAAAADWk/zAtvycFZQq01DbdR1UsTm7BgVNp_DnnswCK4B/s1600/baca-alquran-jadi-syarat-perwalian-fuhum-ideapers.com.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-g2ejUNaRd6c/WK6_e_7ZxTI/AAAAAAAADWk/zAtvycFZQq01DbdR1UsTm7BgVNp_DnnswCK4B/s72-c/baca-alquran-jadi-syarat-perwalian-fuhum-ideapers.com.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2017/02/baca-al-quran-jadi-syarat-perwalian-di-fuhum.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2017/02/baca-al-quran-jadi-syarat-perwalian-di-fuhum.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin