Fatah Syukur: Full Day School Bukanlah Hal Baru

Guru besar ilmu manajemen pendidikan, Fatah Syukur, ketika diwawancarai kru IDEApers.com di ruangannya
Semarang, IDEApers.com – Guru besar ilmu manajemen pendidikan UIN Walisongo, Fatah Syukur tak merasa kaget dengan wacana full day school yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

"Full day school bukan hal yang baru lagi, model pedidikan seperti itu telah ada di Indonesia. Rencana itu hanya sebagai penarik popularitas Mendikbud sebagai pejabat yang baru saja dilantik," kata Fatah Syukur saat diwawancarai di kantor Dekanat Fakultas Il Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Rabu, (17/08/16) siang.

Lebih lanjut Fatah Syukur mengatakan, seandainya program tersebut benar-benar akan dijalankan maka pemerintah akan menemui berbagai kesulitan, karena setiap sekolah di Indonesia mempunyai karakter sendiri-sendiri yang sulit untuk disamakan.

"Permasalahannya, full day school itu butuh biaya besar, dan tentunya tidak semua orang tua bisa mencukupinya. Selain itu fasilitas yang ditawarkan pihak sekolah pun harus lengkap, begitu juga dengan kualitas sumber daya siswanya harus disesuaikan," ungkapnya.

Fatah Syukur mencontohkan sekolah Nasima  Semarang, yang menurutnya memiliki fasilitas yang memadai untuk menerapkan program itu, sehingga bisa menjalankan program itu sejak 2006. "Sekolah Nasima sudah layak, jadi bisa sukses menerapkannya," imbuhnya.

Sementara itu hal yang lebih penting menurut Fatah bagi pedidikan Indonesia adalah penguatan pendidikan karakter bangsa, berupa penanaman dan pembentukan karakter pada anak-anak Indonesia, sehingga harus ditanamkan sedini mungkin. Ia pun menyatakan bahwa pembangunan pendidikan bukan hanya terletak pada wilayah pengetahuan saja, namun sikap dari peserta didik juga harus diperhatikan.


(Rep. Goleng-Kan/Red. Lee)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,569,cerpen,13,EkspreShe,16,Essay,32,Oase,59,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Fatah Syukur: Full Day School Bukanlah Hal Baru
Fatah Syukur: Full Day School Bukanlah Hal Baru
Guru besar ilmu manajemen pendidikan UIN Walisongo, Fatah Syukur tak merasa kaget dengan wacana full day school yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.
https://3.bp.blogspot.com/-XqYWx_PGuww/V7RXq5TX2_I/AAAAAAAACJU/Chjv592belcrAmeSHRNRs-WgDXmzT2yDgCLcB/s400/fatah-syukur-ideapers.com.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-XqYWx_PGuww/V7RXq5TX2_I/AAAAAAAACJU/Chjv592belcrAmeSHRNRs-WgDXmzT2yDgCLcB/s72-c/fatah-syukur-ideapers.com.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2016/08/fatah-syukur-full-day-school-bukanlah.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2016/08/fatah-syukur-full-day-school-bukanlah.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin