Bayang-bayang Kehidupan

Judul buku: Bayang-bayang
Pengarang: A. Sudiarja
Penerbit: Galang Press
Tempat dan tahun terbit: Yogyakarta, Oktober 2003
Jumlah halaman: 209 halaman
Melalui berbagai macam cerita dan sejarah, A. Sudiarja berusaha menghadirkan beragam masalah kehidupan. Permasalahan hidup seperti keadilan, kebenaran, dan kekuasaan dikemas secara menarik melalui kisah-kisah para filsuf dan tokoh-tokoh berpengaruh dunia lainnya.

Bayang-bayang, memuat 14 judul cerita, dengan tokoh besar dunia seperti Socrates, Plato, hingga Raja Asoka sebagai pemeran utamanya. Masing-masing cerita menyiratkan pelajaran hidup yang sangat berharga untuk kehidupan manusia. Tak heran jika Sindhunata dalam pengantar buku ini mengatakan bahwa bayang-bayang tidak hanya memiliki kebaikan dan keindahan, melainkan juga kejahatan dan kekejaman.

Buku ini diawali oleh cerita Raja Asoka yang gundah oleh hati nuraninya sendiri. Asoka menyesal atas perbuatannya ketika ia berhasil menanlukkan Kerajaan Kalingga. Dalam penaklukan itu, menewaskan lebih dari 100.000 jiwa serta 50.000 orang menjadi tawanan perang.

Dalam perenungan tersebut, Asoka melihat bayangan dari Siddharta Gautama serta ayahnya, Siddhonada. Di situlah Raja Asoka memperoleh secercah pencerahan dari keduanya. Ia pun sadar atas apa yang telah ia lakukan, penindasan dan kekerasan yang dilakukannya telah berakhir.

Raja Asoka pun tak lagi menerapkan politik digvijaya yang sarat dengan kekerasan dalam perluasan kekuasaan. Ia pun beralih menganut sistem politik dhammavijaya yang mengedepankan kebenaran, kasih, dan pengertian.

Dalam cerita lain yang berjudul Socrates Mati!, mengajarkan kepada pembaca tentang makna kebenaran. Dikisahkan bahwa Socrates dihukum mati karena dituduh menyebarkan doktrin tentang kebenaran. Sebelum dieksekusi mati, Socrates berpesan bahwa ia tidak melakukan apa yang telah hakim tuduhkan. Socrates berdalih bahwa ia hanya membantu melahirkan kebenaran dari dalam diri seseorang, karena manusia sendirilah yang mampu membangun diri dalam menemukan kebenaran.

Sudiarja pun menyelipkan kisah cinta yang terjadi antara Haloise dan Abelard. Haloise sangat tulus mencintai Abelard, ia bahkan rela disebut pelacur demi kebebasan dan kemurnian cinta mereka. Cinta Haloise dan Abelard memang abadi, namun keabadian itu harus mereka nikmati dalam keterpisahan yang memilukan.

Contain dari buku ini terbilang “berat” karena memuat materi-materi dari para filsuf. Namun Sudiarja mampu menghadirkannya dalam bahasa yang cukup mudah dipahami. Pembaca diajak untuk menyelami dan merefleksi dari setiap judul cerita yang dituliskan.


Pembaca pun dapat menjumpai banyak quote dalam buku ini. Salah satu di antaranya adalah, “Orang bijak bukanlah mereka yang kaya akan pengetahuan maupun ajaran, melainkan orang-orang yang berani mengakui bahwa dirinya tak cukup berpengetahuan”, Socrates. (Isti)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,15,Berita,616,cerpen,15,EkspreShe,18,Essay,39,Oase,70,Opini,72,Puisi,51,Resensi,4,Resensi Buku,10,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,8,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Bayang-bayang Kehidupan
Bayang-bayang Kehidupan
Bayang-bayang, belajar arti kebijaksanaan dari para filsuf melalui cerita yang cukup mudah untuk dipahami. Untuk mendapatkan makna kehidupan yang lebih baik.
https://2.bp.blogspot.com/-5uKDv421Jeg/V67kX0muM5I/AAAAAAAACFg/oWGDsrrcUIgHL4MxEhr4pFESKSSbUbWpQCLcB/s400/bayang-bayang-ideapers.com.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-5uKDv421Jeg/V67kX0muM5I/AAAAAAAACFg/oWGDsrrcUIgHL4MxEhr4pFESKSSbUbWpQCLcB/s72-c/bayang-bayang-ideapers.com.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2016/08/bayang-bayang-kehidupan.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2016/08/bayang-bayang-kehidupan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin