Dibalik Gerakan 30 September Masih Misterius

Foto: Zaim Idea

“Gerakan kiri pada mulanya berawal dari sidang parlemen di Prancis. Pada waktu itu kebetulan yang duduk di sebelah kanan adalah orang-orang konservatif dan yang duduk di sebelah kiri adalah orang-orang kritis. Makanya kiri identik dengan kritis.” Kata Rukardi, dalam memulai ceritanya tentang sejarah komunisme di Semarang ketika memantik diskusi bersama Kelompok Studi Mahasiswa Walisongo (KSMW) dengan tema  “Refleksi Bulan Kelam September; Menelusuri Sejarah Merahnya Indonesia”, Selasa (29/09) di depan auditorium 2 kampus 3 UIN Walisongo Semarang.

Rukardi juga mengatakan, mengenai sejarah Semarang, gerakan kiri yang dipelopori Semaun, Marco, Darsono, dan Tan Malaka dkk., pada waktu itu mencuri perhatian pemerintah. Karena pemerintah merasa mulai terganggu, sehingga mereka menjadi target penangkapan dan pembuangan.

“Selain itu, aksi-aksi revolusioner oleh kelompok semarang itu menjadi salah satu penanda era baru di Jawa dan Hindia Belanda pada umumnya. Era ini ditandai dengan munculnya kesadaran politik dikalangan masyarakat bumi putera yang secara kasat mata mewujud melalui media, surat kabar, pemogokan, organisasi dan partai politik,” tambah Rukardi.

Membahas tentang PKI, Yunantio yang menjadi pemantik diskusi kedua mengatakan, bahwa partai pertama kali yang menggunakan kata Indonesia adalah PKI. Yaitu pada tahun 1924 sewaktu konggres ke-9 di Batavia yang sebelumnya Partai Komunis di Hindia (PKH).

“Sampai saat ini siapa dibalik gerakan 30 September  itu, masih simpang siur. Ada yang mengatakan memang PKI, ada yang mengatakan bahwa CIA menjadi dalangnya, ada juga yang mengatakan itu ulah Suharto, ada juga ulah Sukarno,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa tidak tepat seandainya gerakan 30 September diberi PKI setelahnya. Karena orang-orang PKI pada waktu itu juga banyak yang menjadi korban. Selain itu, banyak para petinggi PKI juga tidak tahu-menahu gerakan itu. Jadi masih misterius. 

(Gigih)

KOMENTAR

Name

Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,552,cerpen,12,EkspreShe,16,Essay,31,Oase,53,Opini,57,Puisi,42,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Dibalik Gerakan 30 September Masih Misterius
Dibalik Gerakan 30 September Masih Misterius
gerakan, 30 September
http://1.bp.blogspot.com/-Y0m-MZDvJ10/VgtoPAOVv0I/AAAAAAAAA54/Z2PTZGPW4k4/s400/gh.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-Y0m-MZDvJ10/VgtoPAOVv0I/AAAAAAAAA54/Z2PTZGPW4k4/s72-c/gh.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2015/09/dibalik-gerakan-30-september-masih.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2015/09/dibalik-gerakan-30-september-masih.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin