Alam Sebagai Sumber Intuisi, di Kebun Teh ini Mereka Hidupkan Sastra


Peserta Kemah Sastra Sedang Foto Bersama Usai Acara. (Foto: Fahmi)
“Alam sebagai Sumber Intuisi” diangkat sebagai tema utama Kemah Sastra di kebun Teh Medini, Limbangan, Kendal, (1-3/05). Acara yang berlangsung selama 3 hari itu diadakan oleh Komunitas Lereng Medisi Semarang.


Selain untuk menegaskan bahwa alam merupakan sumber intuisi, inspirasi atau pengetahuan bagi manusia, acara yang dikemas sederhana itu bertujuan untuk merubah sudut pandang, bahwa kajian dan diskusi sastra hanya dilakukan oleh orang-orang elit di gedung-gedung mewah yang bersifat eksklutif.


“Acara ini merupakan suatu langkah untuk merubah anggapan pada umumnya,” kata inisiator sekaligus pembimbing Komunitas Lereng Medini Sigit Susanto.


Acara tersebut diadakan di salah satu barak penginapan yang ada di sekitar area perkebunan teh di Medini dengan tampilan yang sangat sederhana. Tak terlihat karpet mewah untuk menutupi lantai.


Koordinator Komunitas Lereng Medini Heri Chandrasantosa menjelaskan, acara tersebut diselenggarakan untuk menyambung tali persaudaran yang bersifat spiritual dengan menyediakan alternative tempat di alam  berbuka untuk proses kreatif dan belajar sastra, serta sebagai tempat berkumpul sastrawan-sastrawan dari berbagai daerah.


Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan rangkain Parade Obrolan Sastra ke-8 di tahun ini. Parade Obrolan Sastra sudah berlangsung sejak tahun 2008 dengan format diskusi sastra dan budaya selama sepekan berturut-turut.


“Untuk tahun ini kemah sastra merupakan variasi dari kegiatan Parade Obrolan Sastra. 3 hari di Kemah Sastra dan 4 hari di Pondok Maos Guyub, sebagai secretariat Komunitas Lereng Medini," katanya.


Selain Kemah Sastra, komunitas ini juga merealisasikan pembuatan pustaka baca  untuk warga khususnya anak-anak kecil. Sigit mengatakan, gagasan tersebut berawal dari rencana pembuatan banguan perpustakaan kecil. Karena sulinya prosedur izin pembangunan, akhirnya mereka baru dapat merelisasikan pembuatan rak buku yang dapat dipindah-pindah setiap saat.


Kemah Sastra diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas diantaranya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Universitas Muria Kudus (UMK), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Selain itu, mereka berasal dari beberapa komunitas budaya, jurnalis kampus dan sebagian atas nama pribadi.


Acara itu diisi oleh sastrawan dari berbagai daerah seperti Korrie Layan Rampan Kutai Barat, Martin Alaida jakarta, Yahya Tirta Prewita dari Purwantoro dll. 

Antusias peserta untuk mengkuti rangkaian acara cukup membanggakan. "Menurut saya peserta merupakan sastrawan militan, pasalnya tidak mungkin dengan kondisi cuaca yang kurang baik, rute yang buruk dan spontanitas peserta merespon dengan pertanyaan kepada para Narasumber yang kami hadirkan,” ungkap Sigit.

Acara diakhiri dengan kegiatan tapak tilas jejak salah satu pembina menuju ke salah satu desa di kaki gunung Medini. Sekitar dua setengah jam mereka menempuh perjalanan.

[Fahmi/Idea]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,583,cerpen,14,EkspreShe,16,Essay,33,Oase,61,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,16,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Alam Sebagai Sumber Intuisi, di Kebun Teh ini Mereka Hidupkan Sastra
Alam Sebagai Sumber Intuisi, di Kebun Teh ini Mereka Hidupkan Sastra
http://2.bp.blogspot.com/-8SeSpW2bNsw/VUvCyrHNFOI/AAAAAAAAA2Y/vqyslKquAZc/s400/gg.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-8SeSpW2bNsw/VUvCyrHNFOI/AAAAAAAAA2Y/vqyslKquAZc/s72-c/gg.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2015/05/alam-sebagai-sumber-intuisi-di-kebun.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2015/05/alam-sebagai-sumber-intuisi-di-kebun.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin