Seminar Kebangsaan, Memilih Pemimpin Indonesia yang Ideal



Semarang-IDEAPers.com-Rabu (21/05), Audit 2 kampus 3 IAIN Walisongo Semarang dipadati ratusan peserta Seminar Kebangsaan dengan tema “Menggagas Pemimpin Indonesia: Pemimpin Agama Pancasila”.  Acara yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuludin (BEM-FU) dan bekerja sama dengan Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) tersebut menghadirkan KH. Salahuddin Wahid (Pengasuh Pondok pesantren Tebu Ireng Jombang) sebagai pembicara utama, Abdul Basith (Ketua Ahmadiyah Indonesia) yang diwakili oleh Zulfikar Ahmad, dan David Herman Jaya (Ketua Wali Umat Budha Indonsia Jawa Tengah) yang diwakili oleh Widyanto Candra.

Seminar ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan perdana Barongsai Jateng. Peserta selain dari kalangan mahasiswa juga dihadiri pemerhati sosial, pengamat kepercayaan, dan masyarakat umum.

Ahmad Muqsith, selaku ketua BEM-FU menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan sebagai refleksi pemilihan presiden (Pilpres) mendatang. “Menyambut Pemilihan presiden, maka saya rasa perlu adanya refleksi untuk memilih pemimpin yang tepat. Gus Shalah cukup representatif dan layak untuk memberi gambaran tentang Pilpres mendatang dari sudut pandang agama,” terangnya.

KH. Salahuddin Wahid selaku narasumber utama menjelaskan dalam makalahnya, bahwa pemimpin Indonesia mendatang, terlebih dahulu harus memahami dan menghayati HAM.  Tanpa perhatian, pemahaman, dan pemihakan yang nyata terhadap nilai-nilai HAM yang ditunjukkan oleh sang pemimpin, maka akan sulit bagi kita untuk berharap. Jika pemimpin sudah memahami, menghayati, dan punya prioritas tinggi untuk melindungi HAM, tentu dibutuhkan tindakan nyata atau aplikasi langsung oleh pemimpin.

Ia juga menambahkan, "Pemimpin kita nanti haruslah orang yang bisa membumikan pancasila," pungkas adik Gus Dur di akhir presentasinya.

Zulfikar Ahmad sepakat dengan materi yang disampaikan oleh Gus Sholah. Lebih lanjut Zulfikar menjelaskan bahwa untuk menjadikan Indonesia lebih baik maka kita harus menghilangkan korupsi dan narkotika dari Indonesia. “Memang hal tersebut sulit terwujud, namun kita harus tetap berusaha dengan menjaga diri dan masyarakat sekitar serta tidak lupa berdoa pada Allah” paparnya.


Menambahi juga Widyanto Candra, menurutnya, untuk memilih pemimpin yang ideal bagi Indonesia, dibutuhkan pemimpin yang bijaksana. Indonesia adalah Negara yang besar dan majemuk, jadi diperlukan pemimpin yang dapat menerima dan berusaha menyelesaikan masalah bangsa dengan bijak. (Imam Muslim- IDEA)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,5,Berita,591,cerpen,14,EkspreShe,17,Essay,33,Oase,62,Opini,58,Puisi,44,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,18,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Seminar Kebangsaan, Memilih Pemimpin Indonesia yang Ideal
Seminar Kebangsaan, Memilih Pemimpin Indonesia yang Ideal
http://2.bp.blogspot.com/-rpk-VuN3kog/U30uRzPkBBI/AAAAAAAAAWU/H1dQ3gZQMUo/s1600/seniru.JPG
http://2.bp.blogspot.com/-rpk-VuN3kog/U30uRzPkBBI/AAAAAAAAAWU/H1dQ3gZQMUo/s72-c/seniru.JPG
IDEApers
http://www.ideapers.com/2014/05/seminar-kebangsaan-memilih-pemimpin.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2014/05/seminar-kebangsaan-memilih-pemimpin.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin