Pesantren Kilat Bersama MUI dan Inside.com


TUGU - Untuk mengisi kegiatan bulan Ramadhan, banyak lembaga pendidikan yang mengisinya dengan kegiatan Pesantren Kilat. Tak terkecuali di SMA Negeri 8 Semarang. Acara yang berlangsung selama tiga hari, mulai hari Kamis sampai Jum’at (18-20/7), ini dimaksudkan untuk mendidik akhlak para siswa dengan tambahan pelajaran agama.
Muhammad Faiq, anggota Rohani Islam (Rohis) yang juga ketua panitia mengungkapkan, tiap tahun SMAN 8 selalu mengadakan Pesantren Kilat ketika bulan Ramadhan tiba. Tetapi tidak seperti tahun lalu yang diisi oleh para guru, pesantren kilat tahun ini diisi oleh pemateri dari Majelis Ulama’ Indonesia (MUI) dan lembaga bernama Inside.com. “Teman-teman banyak yang tertarik dengan suasana baru ini,” ungkap Faiq.
Pesantren kilat ini terdiri dari tiga sesi tiap harinya. Di sesi pertama, Ateng Ghozali, Sekretaris MUI Jawa Tengah, memaparkan materi tentang fikih puasa. Dalam sesi yang bertempat di Aula SMAN 8 itu, ia menjelaskan berbagai hal yang berhubungan dengan puasa. Ia juga menyebutkan metode-metode apa saja yang digunakan untuk menentukan awal bulan Ramadhan, yaitu dengan rukyatul hilal, istikmal, dan hisab.
Ajeng, siswi kelas XII IPA 1, tertarik dengan materi yang disampaikan. “Sayang pak Ghozali hanya menjelaskan metode rukyatul hilal, istikmal. Ia tidak sempat menerangkan bagaimana sih hisab itu?” Tutur Ajeng.
Foto: Zuha-Idea

Selain mendapatkan materi fikih puasa, para siswa diberi materi tentang birr al-walidain oleh Inside.com, sebuah lembaga yang fokus pada pemberdayaan moral remaja dan anak-anak. Tidak seperti sesi fikih puasa yang bertempat di Aula, materi birr al-walidain diberikan di kelas-kelas. Inside.com menerjunkan beberapa anggotanya untuk menyampaikan materi yang telah disiapkan.

Para siswa juga diajak melakukan muhasabah sebagai lanjutan dari materi birr al-walidain yang disampaikan sebelumnya. Kali ini, mereka kembali ditempatkan di Aula. Dalam acara renungan yang berlangsung cukup khidmat itu, para siswa diajak untuk sadar bahwa menjadi orang tua bukan pekerjaan yang mudah. Karena itu mereka tidak boleh disakiti, apalagi didurhakai. (Zubair).

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,583,cerpen,14,EkspreShe,16,Essay,33,Oase,61,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,16,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Pesantren Kilat Bersama MUI dan Inside.com
Pesantren Kilat Bersama MUI dan Inside.com
http://2.bp.blogspot.com/-if19pCY86jQ/Uesp2R--sOI/AAAAAAAAAEg/mHEUQ-vxov0/s320/DSCF2965.JPG
http://2.bp.blogspot.com/-if19pCY86jQ/Uesp2R--sOI/AAAAAAAAAEg/mHEUQ-vxov0/s72-c/DSCF2965.JPG
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/07/pesantren-kilat-bersama-mui-dan.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/07/pesantren-kilat-bersama-mui-dan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin