Kartono dan Emansipasi Kartini

gambar: www.goodnewsfromindonesia.id


Siapa yang tidak mengenal Kartini? Perjuangannya dalam menyuarakan keseteraan perempuan di Indonesia, membuat Kartini dinobatkan sebagai tokoh nasional. Pada setiap tanggal 21 April, mengenangnya sebagai hari Kartini, hari peringatan emansipasi perempuan Indonesia. Tanngal ini dipilih dari tanggal kelahiran Kartini, 21 April 1879 di Jepara. Putri bangsawan Jawa, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan Ngasirah.

Pada setiap peringatan Hari Kartni, selalu disambut meriah oleh masyarakat Indonesia. Di sekolah-sekolah, peringatan dan bermacam perlombaan diadakan. Mulai dari berdandan menggunakan baju adat Jawa, lomba kreativitas, kegiatan-kegiatan sosial, dan lain sebagainya. Tidak hanya di sekolah, masyarakat secara luas juga ikut memeriahkan peringatan Hari Kartini dengan caranya masing-masing.

Pernah gak sih, berpikiran bahwa kalau ada Ibu Kartini, pasti ada Bapak Kartono? Pertanyaan semacam ini sering dijadikan candaan dan memanggil laki-laki ketika Hari Kartini dengan sebutan "Kartono". Semacam pelesetan dari nama "Kartini".

Jarang ada yang mengetahui bahwa nama "Kartono" tidak hanya pelesetan, melainkan benar-benar ada dalam sejarah Kartini. Kartono merupakan saudara laki-laki dari Kartini, dengan nama lengkap Raden Mas Panji Sosrokartono. Asing memang, karena jarang dari masyarakat Indonesia yang mengetahui hal ini.

Sosrokartono lahir di Mayong, Jepara pada tanngal 10 April 1877. Pada Perang Dunia Pertama, Sosrokartono berprofesi sebagai jurnalis. Ia juga dikenal dengan kecerdasannya. Setelah tamat dari Europesche Lagere School di Jepara, Sosrokartono melanjutkan pendidikannya ke H.B.S Semarang. Selanjutnya pada tahun 1898, Sosrokartono meneruskan sekolahnya ke Belanda dengan masuk di Sekolah Teknik Tinggi Leiden.

Sayangnya, ia merasa tidak cocok dengan bidang yang diambil. Akhirnya, Sosrokartono pindah ke jurusan Bahasa dan Kesustraan Timur. Ia lulus dengan gelar "Doctorandus in de Oostersche Talen" di Perguruan Tinggi Leiden. Sosrokartono juga menjadi mahasiswa Indonesia pertama yang meneruskan pendidikan ke Negeri Belanda.

Di balik perjuangan emansipasi Kartini, Sosrokartono menjadi orang yang berpengaruh. Dialah yang menginspirasi Kartini dalam mengusulkan perubahan. Bahkan, Kartini ingin mengikuti jejak Sosrokartono untuk belajar ke Belanda. Sayangnya, karena budaya yang mengikat perempuan pada masa itu agar tidak pergi jauh dari rumah, memupuskan keinginan Kartini untuk melihat dunia. Meski tidak bisa menyusul ke Belanda, Sosrokartono menempati peran vital dalam mencetuskan ide-ide dan mendorong semangat Kartini dalam melakukan perubahan.

[Rohman]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,170,Berita,912,cerpen,19,Dosen,5,EkspreShe,23,Essay,71,Generasi Milenial,22,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Hari Santri,4,Ilmu Pengetahuan,23,Keagamaan,14,Kesehatan,8,Mahasiswa,77,Muharram,1,Oase,194,Opini,149,opini mahasiswa,2,PBAK,10,politik,3,Puasa Ramadan,19,Puisi,78,Resensi,11,Resensi Buku,14,Resensi Film,22,Riset,4,Sastra,41,Surat Pembaca,7,Suro,2,Teknologi,10,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,125,UKM,1,Wisuda,5,Zodiak,2,
ltr
item
IDEApers: Kartono dan Emansipasi Kartini
Kartono dan Emansipasi Kartini
21 April diperingati sebagai hari Kartini. Tokoh emansipasi wanita pada masa kolonial. Namun, tidak banyak yang mengenal sosok Kartono.
https://2.bp.blogspot.com/-yNRGYi7i0UU/XLwr6glRudI/AAAAAAAAHms/DLpR08CecOsdvFm3PN70wr79VwDSNQRjQCK4BGAYYCw/s1600/Kartono%2Bdan%2BEmansipasi%2BKartini.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-yNRGYi7i0UU/XLwr6glRudI/AAAAAAAAHms/DLpR08CecOsdvFm3PN70wr79VwDSNQRjQCK4BGAYYCw/s72-c/Kartono%2Bdan%2BEmansipasi%2BKartini.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/04/kartono-dan-emansipasi-kartini.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/04/kartono-dan-emansipasi-kartini.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin