Menjaga Mitos, Menjaga Hari Esok


Kepercayaan terhadap mitos masih sangat melekat di pulau Jawa, terutama di pedesaan karena kebudayaannya yang masih kental, juga masih menjalankan tradisi-tradisi terdahulu. Namun setelah modernisme dan westernisasi datang, semua berubah.

Kini, karena pengaruh modernisme yang tak terbendung, kita menganggap mitos yang ada hanya sekedar cerita nenek moyang saja. Kemudian akan lenyap ditelan zaman suatu hari nanti.

Mitos sendiri merupakan cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi serta dianggap suci, oleh masyarakat dijadikan sebagai pedoman hidup atau hukum tidak tertulis yang mengatur perilaku masyarakat. Endraswara (2003) Kehidupan orang Jawa banyak dipengaruhi mitos dengan paham kejawen, mitos yang ada berkaitan dengan keyakinan atau kepercayaan.

Masyarakat Jogja dan sekitarnya misalnya, mempercayai gunung Merapi memiliki penunggu ghaib yang memiliki hubungan erat dengan keraton Jogjakarta, kondisi ini diperkuat dengan adanya penempatan juru kunci. Tugas juru kunci sebagai pemimpin dalam ritual-ritual seputar gunung Merapi, ritual itu diadakan untuk membuat keseimbangan antara kerajaan Jawa dan kekuatan besar kerajaan ghaib di gunung Merapi. Ritual yang dimaksud adalah upacara selamatan labuhan (persembahan) setiap tahun pada tanggal kelahiran Sri Sultan Hamengkubuwono X,  setiap tanggal 30 Rajab.

Masyarakat sekitar meyakini, selain gunung Merapi ditempati oleh manusia, juga ditempati oleh makhluk-makhluk halus. Penduduk percaya gunung Merapi memiliki tempat-tempat sakral, yang dipercaya dijaga oleh mahluk halus sehingga harus dihormati. Penduduk diberi pantangan melakukan penebangan pohon, merumput, atau memindahkan benda-benda yang ada di wilayah tersebut. Selain itu ada pantangan untuk tidak berbicara kotor, kencing, bahkan buang air besar sembarangan, karena akan mengakibatkan penunggu gunung tersinggung.

Mitos yang berkembang telah mempengaruhi masyarakat yang ada, menjadi pola kehidupan yang dipercaya dan ditaati agar tidak menemui bencana atau pun musibah yang tak diharapkan. Rasa kepercayaan yang ada telah menunjukan kehati-hatian masyarakat untuk tidak bertindak sembarangan.

Di balik mitos atau kepercayaan masyarakat yang ada di sekitar gunung menunjukan adanya keselarasan dan keseimbangan hidup dengan alam. Diwujudkan dengan denagn menjaga lingkungan, dengan tidak menebang pohon sembarangan, merumput, dan mengambil benda-benda di gunung untuk keperluan manusia secara tidak wajar.

Begitu pula dengan tidak berbicara kotor, bermakna agar setiap perkataan yang terucap dapat bermanfaat tidak menyinggung perasaan orang lain. Serta kencing atau buang air besar sembarangan akan mengakibatkan aroma yang tidak sedap yang dapat mengganggu kenyamanan sesama pendaki gunung.

Orang ramai-ramai datang ke gunung untuk berwisata dan menikmati keindahan alam. Namun banyak yang lupa dengan adanya keyakinan penduduk sekitar dengan mengabaikan segala bentuk mitos yang diyakini masyarakat. Para pendaki banyak yang meninggalkan sampah sembarangan sehingga hanya menyisakan kerusakan ekosistem lingkungan.

Modernisasi pada dasarnya sebagai jalan untuk berubah ke cara yang lebih baik, serta westernisasi menjadi pertukaran budaya yang dapat diaplikasikan secara bijaksana. Agar tercipta kemajemukan tanpa mengalahkan identitas budaya yang orisinil dari salah satu golongan.


Memang, tidak ada yang mewajibkan untuk menjaga sebuah mitos, namun lebih kepada pemaknaan dan penghayatan bahwa kebahagian hidup manusia adalah manusia yang dapat bahagia dengan alam dan Tuhan. [Djicant]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,23,Berita,643,cerpen,17,EkspreShe,18,Essay,47,Oase,80,Opini,85,Puisi,56,Resensi,6,Resensi Buku,11,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,15,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Menjaga Mitos, Menjaga Hari Esok
Menjaga Mitos, Menjaga Hari Esok
Kini, karena pengaruh modernisme yang tak terbendung, kita menganggap mitos yang ada hanya sekedar cerita nenek moyang saja. Kemudian akan lenyap ditelan zaman suatu hari nanti.
https://4.bp.blogspot.com/-AIUN8aAceLM/Vw0RtDCjb_I/AAAAAAAABS0/5GYxSHxGnA4XtVeqVGgJsnS4UuhLRZo4QCLcB/s400/menjaga-mitos-menjaga-hari-esok-lpm-idea.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-AIUN8aAceLM/Vw0RtDCjb_I/AAAAAAAABS0/5GYxSHxGnA4XtVeqVGgJsnS4UuhLRZo4QCLcB/s72-c/menjaga-mitos-menjaga-hari-esok-lpm-idea.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2016/04/menjaga-mitos-menjaga-hari-esok.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2016/04/menjaga-mitos-menjaga-hari-esok.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin