Mahasiswa, Seperti Apa Riwayatmu Kini?

“Mahasiswa adalah agent social of change”. Ah, masa iya? Nampaknya pernyataan yang sering dikoarkan oleh para aktivis mahasiswa tersebut perlu dikaji kembali. Apakah pernyatan tersebut masih relevan dengan kondisi mahasiswa sekarang.

Isu nasional maupun lokal yang beredar di media tentang bobroknya negeri ini sudah sangat memprihatinkan. Mahasiswa mencoba menunjukkan keberpihakan mereka kepada rakyat kecil dengan cara berunjuk rasa. Tak jarang demonstrasi tersebut berujung tindakan anarkis. Kalaupun tidak demikian, mahasiswa akan berhenti meneriakkan tuntutannya setelah dijejali makanan oleh pihak yang mereka tuntut.

Pertanyaannya sekarang adalah, apa yang harus dilakukan mahasiswa untuk melakukan perubahan sosial?

Di dalam kampus, mahasiswa di beri kebebasan untuk berorganisasi, baik organisasi intra maupun organisasi ekstra. Tujuan utamanya adalah untuk membentuk mahasiswa yang progresif dan visoner. Organisasi ini menjadi “Kawah Candradimuka” bagi mahasiswa untuk mengasah dan mengembangkan skill mereka. Pengalaman yang tak akan pernah didapatkan di dalam ruang perkuliahan.

Ada pula “mahasiswa kupu-kupu”, mereka hanya datang ke kampus untuk kuliah, setelah itu pulang ke kos. Mereka ogah berorganisasi karena berbagai alasan. Malas, mengganggu proses kuliah, dan ingin lulus cepat menjadi beberapa di antaranya.

Apalagi setelah diberlakukannya kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi universitas negeri di seluruh Indonesia. Bahkan di kampus UIN Walisongo, beban UKT yang harus dibayarkan mahasiswa baru telah merangkak naik. Bukan tidak mungkin hal ini akan berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah mahasiswa kupu-kupu di UIN Walisongo tahun akademik 2016/2017.

Pasalnya mahasiswa “diminta” untuk lulus cepat. Kalau tidak, tentu biaya kuliah yang hanya dijatah selama delapan semester akan membengkak. Nalar kritis yang sejatinya dibentuk dalam organisasi mahasiswa, perlahan akan luntur. Perguruan tinggi tak ubahnya pendidikan menengah, bahkan pendidikan dasar. Hanya belajar di ruang kelas, kemudian kembali ke kos.

Akibatnya kampus hanya akan melahirkan sarjana prematur yang tak tahu harus berbuat apa bagi masyarakat, terutama di daerah asalnya. Jika sudah demikian, bagaimana bisa mahasiswa menyandang status sebagai agent social of change? Perubahan apa saja yang akan dan telah mereka perbuat?


Tulisan ini hanyalah sebuah refleksi. Mencoba mengingatkan kembali bahwa mahasiswa memiliki tanggung jawab besar di masyarakat, dibandingkan dengan generasi muda lain yang tak menyandang status mahasiswa. (Abdi/Lee)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,569,cerpen,13,EkspreShe,16,Essay,32,Oase,59,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Mahasiswa, Seperti Apa Riwayatmu Kini?
Mahasiswa, Seperti Apa Riwayatmu Kini?
“Mahasiswa adalah agent social of change”. Ah, masa iya? Nampaknya pernyataan yang sering dikoarkan oleh para aktivis mahasiswa tersebut perlu dikaji kembali. Apakah pernyatan tersebut masih relevan dengan kondisi mahasiswa sekarang.
https://2.bp.blogspot.com/-Jn0DwohGkgc/V6nv6ZFPF0I/AAAAAAAACDA/rE71vAOndGczbehsBvcCucf4Gh20jr3UwCLcB/s400/mahasiswa-ideapers.com.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Jn0DwohGkgc/V6nv6ZFPF0I/AAAAAAAACDA/rE71vAOndGczbehsBvcCucf4Gh20jr3UwCLcB/s72-c/mahasiswa-ideapers.com.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2016/08/mahasiswa-seperti-apa-riwayatmu-kini.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2016/08/mahasiswa-seperti-apa-riwayatmu-kini.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin