Tak lulus Verifikasi, Partai Baru PMS Duga Ada Pencegalan

Doc. Google.com
IAIN- IDEA News- Pergantian kepemimpinan mahasiswa IAIN Walisongo sudah diambang mata. Sebagaimana dijadwalkan, Pemilu Mahasiswa (PEMILWA) sebagai pesta demokrasi rutin setiap tahun akan dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2013. Sekelumit persoalan terjadi. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dianggap mencegal salah satu partai hingga tidak lulus verifikasi.

Pencegalan dilakukan terhadap Partai Mahasiswa Sejahtera (PMS). Partai baru di IAIN itu tidak lulus dalam verifikasi. Panwaslu menganggap, ada kesalahan pada PMS. Sayangnya, hanya PMS yang dipermasalahkan, sedangkan partai lain yang juga bermasalah tidak dipersoalkan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris PMS Alimun Hakim, Minggu malam (15/12), setelah mengambil kembali berkas-berkas persyaratan partai PMS di KPM.

Bukti yang mengarah terhadap pencegalan itu, kata Hakim, adanya kesalahan dalam persyaratan partainya sebagaimana tuduhan panwaslu yang menyangkut partai lain. Yaitu, adanya kesamaan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dengan Partai Pembaharuan Mahasiswa (PPM), Partai Mahasiswa Demokrat (PMD), Partai Mahasiswa Nasionalis (PMN) dan lainnya.  

Berdasarkan daftar yang diberikan panwaslu bersamaan dengan pengembalian berkas-berkas PMS, ada 20 nama mahasiswa dari empat partai yang dianggap bermasalah dengan partainya. Ke-20 nama tersebut dianggap telah tercantum dalam partai lain selain PMS. Termasuk nama Sekretaris PMS Alimun Hakim tercantum dalam salah satu partai tersebut

Hakim menuding, adanya kecurangan oleh panwaslu hingga partainya tidak lolos.

“Saya dari partai PMS dan saya tidak pernah menyatakan diri sebagai anggota parta PMD, kenapa justru nama saya tercantum di dalam daftar itu. Seharusya partai yang lain juga bermasalah” ujar Hakim.

Klarifikasi

Merasa dirugikan, PMS meminta kejelasan dan pertanggungjawaban kepada PMD dan PPM berkaitan dengan beberapa nama anggota partai PMS yang tercantum dalam kedua partai tersebut.

Senin (16/12), diadakan forum klarifikasi. Acara bertempat di depan gedung F Fakultas Ushuluddin. Hadir dalam pertemuan yang berdurasi sekitar setengah jam itu Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Rohwan, Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PMD Sofi dan DPW PPM Hermawan.

Selain mempersoalkan nama-nama yang dianggap asal-asalan itu, Hakim juga mempertanyakan proses verifikasi bagi partai lain.

“Kami mempersoalkan nama-nama yang tidak pernah mengikuti partai sebelumnya kenapa bisa terdata dalam partai-partai itu, dan bagaimana proses verifikasi bagi partai yang lain,” tanya hakim.

Ditemani beberapa anggota partai, Hakim juga memberi masukan kepada panwaslu untuk mengkaji anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai yang ada, tidak hanya mewarisi dari generasi ke generasi . Ia juga mempersoalkan KPM yang sampai saat ini belum memiliki daftar pemilih tetap.

“Kalau kita mau mengecek ulang, banyak kesalahan-kesalahan mekanisme dalam AD/ ART itu,” jelas Hakim

Hakim menegaskan, bahwa dalam membuat kebijakan itu harus memiliki dasar yang jelas.

Menanggapi hal itu, Rohwan mengaku sudah menerima laporan terkait masalah dari pengadu. Terkait permintaan pengkajian ulang AD/ ART, bagi Rohwan, adalah satu masukan positif untuk Panwaslu.

“Untuk kajian pembasan AD/ ART, kemaren malam kita sudah terima laporan dari pengadu. Untuk tahun depan akan ada verifikasi ulang untuk semua partai. Saya akan usulkan ke Senat, DEMA, dan akan ditindaklanjuti ke loka karya,” ujarnya

Untuk masalah DPT, pihaknya akan menemui KPM untuk mengawalnya. "Kepada DPT sudah saya sampaikan. Mungkin saja mereka belum ke bagian kemahasiswaan untuk meminta data mahasiswa, ” katanya

Mengenai proses verifikasi partai, kata Rohwan, untuk partai lama tidak harus menggunakan persyaratan seperti partai baru. Melainkan hanya mengumpukan struktur kepungurusan partai yang telah dibentuk. Hal tersebut juga disampaikan DPW PMD Sofi.

Tidak tahu menahu

Menanggapi nama-nama yang terdaftar dalam partai PMD, Rohwan menyerahkan langsung ke DPW masing-masing untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan.

Di mulai dari PPM, DPW PMM Hermawan menjelaskan, bahwa partai yang diusungnya adalah partai terdahulu. Ia tidak bisa mempertanggung jawabkan asal-usul nama-nama tersebut hingga menjadi anggota partai PPM.

“Saya hanya ditugaskan menjadi regenerasi mereka. Dan saya baru sekitar dua mingguan mejadi DPW. Jadi, saya tidak tahu-menahu nama tersebut,” katanya.

Mewakili PPM, Hermawan kemudian meminta maaf atas kesalahan yang mungkin telah dilakukan pendahulunya.

“Kami selaku DPW PPM minta maaf kepada rekan-rekan semuanya. Kami juga masih baru di PPM. Jadi, mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini. Semoga ini menjadi pembelajaran untuk selanjutnya,” ujar Harmawan

Senada dengan Hermawan, DPW PMD Sofi juga mengaku tidak tahu mengenai nama-nama tersebut. 

Sebagai bentuk tanggung jawab, ia akan menghapus nama-nama itu. “Saya bertanggung jawab untuk menghapus nama-nama itu dari partai. Dan saya mewakili yang dulu-dulu menjadi pemimpin, minta maaf atas yang dilakukan, katanya.

Sanksi

Karena kesalahan tersebut atas nama lembaga, Rohwan mengatakan, maka permintaan maaf harus berdasarkan kelembagaan. Selain permintaan maaf secara lisan, PPM dan PMD harus minta maaf secara tertulis.

Panwaslu juga akan memberikan sangsi atas kesalahan tersebut. Mengenai sangsi yang dimaksud, Rohwan mengatakan, masih akan dikordinasikan dengan tujuh penasehat dan dua peserta dari Panwaslu.

Selain itu, PMS meminta PMD dan PPM menyatakan maaf atas kesalahannya secara terbuka dengan disaksikan mahasiswa. Permintaan ini pun disetujui oleh yang bersangkutan. Hingga berita ini ditulis, belum ditentukan kapan permintaan maaf itu akan dilakukan.

[Sael/ IDEA]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,583,cerpen,14,EkspreShe,16,Essay,33,Oase,61,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,16,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Tak lulus Verifikasi, Partai Baru PMS Duga Ada Pencegalan
Tak lulus Verifikasi, Partai Baru PMS Duga Ada Pencegalan
http://3.bp.blogspot.com/-hmEnpYyrqyk/Uq8oPS4x-MI/AAAAAAAAAOg/jrEth8xqLzc/s200/pemilu.gif
http://3.bp.blogspot.com/-hmEnpYyrqyk/Uq8oPS4x-MI/AAAAAAAAAOg/jrEth8xqLzc/s72-c/pemilu.gif
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/12/dicegal-partai-baru-tak-lulus-verifikasi.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/12/dicegal-partai-baru-tak-lulus-verifikasi.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin