Kholilul Adib: Tariqah Dapat Menyetir Kesimpang-siuran Politik


Kamis, (12/09), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Studi Mahasiswa Walisongo (KSMW) mengadakan acara diskusi publik. Acara bertajuk “Revitalisasi Kehidupan Beragama Berasaskan Pancasila”. Bertempat di gedung Q Fakultas Tarbiyah dan keguruan, diskusi tersebut menghadirkan senior sekaligus alumni KSMW Kholilul Adib.
“Belumkah kita bisa mengondisikan diri sebagai negara yang berasaskan Pancasila?” Demikian pemantik yang disampaikan Kholilul Adib di awal memulai diskusi. Adib kemudian menjelaskan mengapa sampai saat ini Indonesia tidak mengalami kemajuan.
Menurutnya, hal ini salah satunya disebabkan oleh orang islam sendiri yang selalu bertengkar sesama orang islam.“Sedikit-sedikit geger. Terlalu banyak konflik antar organisasi islam”katanya.
Adib mencontohkan, hal tersebut dapat dilihat dari hal yang sangat sederhana dan telah terjadi setiap tahun. Misal, di dalam menentukan hari raya Idul Fitri. “menentukan hilal saja sudah ribut. Coba kita lihat, Amerika sudah menginjakkan kaki di bulan. Sedangkan kita baru melihat bulan saja sedah ribut”jelasnya disertai dengan candaan kecil.
Menurut Adib, Pancasila berbeda dengan hukum Islam yang berkontek Arab. Sedangkan Islam datang ke Indonesia bisa mengondisikan diri. Dengan catatan, tanpa mengaku secara formal mengatakan Islam. Melainkan hanya semangat dan culture saja.
Untuk mengetasi permasalahan tersebut Adib mengusulkan salah satunya harus dimulai dari gerakan spiritual seperti tariqah guna menanamkan kepercayaan dan keyakinan. “Jika pun ada unsur politik yang masuk, maka tariqah akan bisa membawahi politik dengan kepercayaan dan keyakinan sehingga bisa menyetir adanya kesimpang-siuran politik,”pungkasnya[Ivo/IDEA]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,13,Berita,615,cerpen,15,EkspreShe,18,Essay,39,Oase,70,Opini,70,Puisi,51,Resensi,4,Resensi Buku,10,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,8,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Kholilul Adib: Tariqah Dapat Menyetir Kesimpang-siuran Politik
Kholilul Adib: Tariqah Dapat Menyetir Kesimpang-siuran Politik
http://4.bp.blogspot.com/-s3xmC2RCG6c/UjHNWVMd9ZI/AAAAAAAAAGw/KpX6afpyZvI/s320/opload.JPG
http://4.bp.blogspot.com/-s3xmC2RCG6c/UjHNWVMd9ZI/AAAAAAAAAGw/KpX6afpyZvI/s72-c/opload.JPG
IDEApers
http://www.ideapers.com/2013/09/khoirul-adib-tariqah-dapat-menyetir.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2013/09/khoirul-adib-tariqah-dapat-menyetir.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin