Cara Jitu untuk Bisa Lolos Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

gambar: economy.okezone.com
Bisa menempuh pendidikan di luar negeri memang jadi impian banyak orang. Bagaimana tidak, selain menawarkan kualitas pendidikan yang lebih baik kesempatan ini juga bisa digunakan untuk memperluas jaringan. Tidak jarang orang bisa mengubah nasibnya sepulang dari bersekolah di luar negeri.

Sayangnya masalah biaya sering jadi kendala paling besar yang menghalangi. Tapi enggak usah khawatir, sekarang ada banyak cara kok untuk memecahkannya. Tersedia banyak pilihan beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Nah, jika kamu memiliki semangat tinggi kuliah di luar negeri di tengah keterbatasan biaya, IDEAPERS.COM akan memberikan tips untuk menyiasati keterbatasan itu.

1. Bertindak Excellent di Bidang Akademis

Bagi kalian yang masih SMA atau bahkan sudah sarjana dan ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi, apalagi melanjutkan ke luar negeri dengan beasiswa, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah usahakan selalu dapat nilai bagus. Kalau ada kesempatan jangan segan mencoba ikut olimpiade atau kompetisi lainnya yang berkaitan dengan bidang studi yang kamu minati. Kalian harus mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam bidang akademik. Walau angka di atas kertas bukan segalanya tapi pencapaian akademis yang bagus akan menunjukkan komitmenmu terhadap pemberi beasiswa.

2. Jadi Relawan yang Aktif 

Kesempatan untuk menjadi relawan di daerahmu sangatlah mudah. Aktifkanlah dirimu dalam kegiatan sosial yang bisa mendukung dirimu untuk lolos seleksi beasiswa. Selain keaktifan di organisasi, pengalaman di kegiatan sosial juga menjadi nilai plus. Khususnya kalau kamu mengincar beasiswa di benua Amerika dan Eropa. Beasiswa Fullbright Amerika Serikat, misalnya, lebih tertarik pada pendaftar beasiswa yang aktif menjadi relawan. Sebab di Amerika Serikat tidak terlepas dari kultur volunteerism-nya yang masih membudaya hingga sekarang.

Baca juga: Bagi Kalian Para Semester Akhir, Mau Skripsi Gratis? Ikut Beasiswa Mizan 2019 Yuk!

3. Aktifkan Diri dalam Organisasi

Bermodal nilai bagus saja enggak cukup untuk mendaftar beasiswa di luar negeri. Kamu harus punya sesuatu yang menarik untuk ditawarkan ke pemberi beasiswa. Biasanya mereka akan mencari orang yang tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik, tapi juga aktif di organisasi. Tidak perlu masuk partai politik atau bahkan gerakan-gerakan aneh. Kamu bisa mulai dari OSIS kalau kamu masih SMA atau di Himpunan Mahasiswa Jurusan di dalam perguruan tinggi. Mereka yang aktif di organisasi akan lebih dilirik para pemberi beasiswa karena dianggap bisa memanfaatkan ilmu yang didapat untuk kepentingan orang banyak.

4. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Jika tiga persyaratan sebelumnya sudah terpenuhi semua, saatnya kamu mengasah bahasa asing kamu. Hal ini sangat penting  dalam menunjang aktivitasmu selama studi di luar negeri. Kamu juga harus mempersiapkan persyaratan TOEFL dan IELTS. Masing-masing beasiswa punya persyaratan tes bahasa sendiri, tapi yang paling umum digunakan adalah TOEFL dan IELTS. Untuk mengamankan posisimu, pastikan kamu memiliki skor TOEFL di atas 550 dan nilai IELTS diatas 6,5. Saat ini kamu bahkan bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti latihan via online yang banyak tersedia di internet untuk mengasah TOEFL dan IELTS.

Baca Juga: Ingin Kuliah di Luar Negeri? Beasiswa di Taiwan Terbuka Sampai Akhir Maret

5.  Cari Orang yang Bisa Memberimu Rekomendasi Beasiswa

Pihak pemberi beasiswa akan meminta surat rekomendasi dari mereka yang sudah mengetahui rekam jejakmu. Biasanya surat rekomendasi bisa diberikan oleh staf pengajar dari institusi tempatmu menempuh pendidikan atau supervisor di tempatmu bekerja. Nah, dari sini kamu bisa mengenal lebih jauh bagaimana prosedur pendaftarannya. Pihak pemberi beasiswa akan meminta surat rekomendasi dari mereka yang sudah mengetahui rekam jejakmu. Rekomendasi dari mereka sangat penting, maka dari itu jaga hubungan baik dengan mereka yang bisa memberimu rekomendasi.

6. “Jual” Dirimu Lewat Motivation Letter

Penyedia beasiswa biasanya meminta calon penerima untuk membuat motivation letter. Kamu diminta untuk menuliskan alasan dan motivasimu untuk memperoleh beasiswa tersebut. Untuk membuat motivation letter yang baik kamu perlu mengenal lebih jauh jurusan yang akan kamu ambil. Jelaskan kenapa program itu menarik buatmu, tunjukkan juga bagaimana pengalaman kerja dan pencapaianmu selama ini. Sehingga membuat kamu cocok untuk belajar di situ. Yakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu punya komitmen untuk memberikan yang terbaik sehingga layak menerima beasiswa dari mereka.

7. Latihan Sebelum Interview

Biasakan diri untuk berbicara dengan bahasa Inggris (atau bahasa lain yang akan digunakan dalam wawancara) minimal 2 hari sebelum wawancara berlangsung. Cara ini akan melatih lidahmu agar tidak terkaget-kaget dan kehilangan banyak kosa kata. Di depan panelis, tunjukkan bahwa kamu percaya diri dan meyakinkan. Bekali dirimu dengan pengetahuan soal bidang studi yang kamu pilih dan tunjukkan semangatmu untuk belajar dengan beasiswa. Setelah dirasa sudah mampu cobalah sesering mungkin melakukan simulasi interview dengan kerabat atau kawanmu, agar kamu lebih siap dalam menghadapi wawancara yang sebenarnya.

8. Buat Curriculum Vitae (CV) yang Informatif

Dalam CV yang telah kamu buat, mereka akan mendapatkan gambaran bagaimana dirimu selama ini telah berkembang. Untuk membuat CV yang baik kamu perlu cermat dalam mencatat kegiatan yang kamu lakukan selama ini berdasarkan waktu kegiatan. Pastikan kamu membuat CV yang representatif tapi tetap informatif. Agar enak dalam membacanya, Salah satu format CV yang cukup oke untuk kamu contoh adalah CV Europass yang wajib digunakan bagi pelamar beasiswa Erasmus Mundus.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia 2019 Dibuka,Yuk Segera Cek Persyaratan di Sini

9. Tunjukkan Bahwa Beasiswa Ini Akan Membantumu Berkontribusi di Indonesia

Saat ditanya mengapa kamu ingin mendapatkan beasiswa, jangan hanya menjawab dengan tujuan egois seperti ingin mengembangkan diri atau memperbanyak pengalaman. Tunjukkan juga bahwa jika kamu menerima beasiswa maka kamu akan lebih punya kapasitas untuk berkontribusi di lingkungan terdekatmu. Pemberi beasiswa akan lebih tertarik pada kandidat yang memiliki visi yang luas dan bermanfaat. maka disinilah peran pentingnya jika kamu banyak melakukan kegiatan sosial. Kamu enggak bakalan bingung untuk menerapkan hasil belajar di luar negeri setelah kamu lulus nantinya.

10. Never Give Up

Jika beasiswa yang kamu ajukan belum berhasil, kamu jangan langsung putus asa dan merasa nggak memenuhi kualifikasi. Kamu masih memiliki banyak kesempatan untuk mendaftar lagi. Jadikan hal itu sebagai ajang memperbaiki strategi untuk pendaftaran beasiswa selanjutnya. Sebab kamu sudah mengenal "medan perang" sehingga strategi yang kamu persiapkan bisa lebih matang. Lagipula kebanyakan beasiswa tidak melarang kandidat yang sempat gagal untuk mendaftar kembali di seleksi selanjutnya. So, kenapa takut gagal? Kalau gagal sekali, coba lagi. Coba teruuus! Never Give Up!

[Zair]

KOMENTAR

Name

22 Mei 2019,1,Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,126,Berita,777,cerpen,19,Dosen,3,EkspreShe,22,Essay,70,Generasi Milenial,16,Hari Buruh Internasional,3,Hari Raya,6,Ilmu Pengetahuan,17,Keagamaan,4,Kesehatan,4,Mahasiswa,8,Oase,147,Opini,132,opini mahasiswa,1,politik,2,Puasa Ramadan,19,Puisi,63,Resensi,7,Resensi Buku,12,Resensi Film,20,Riset,4,Sastra,25,Surat Pembaca,7,Teknologi,6,Toefl-Imka,12,UIN Walisongo,17,Zodiak,1,
ltr
item
IDEApers: Cara Jitu untuk Bisa Lolos Beasiswa Kuliah di Luar Negeri
Cara Jitu untuk Bisa Lolos Beasiswa Kuliah di Luar Negeri
Sayangnya masalah biaya sering jadi kendala paling besar yang menghalangi. Tapi enggak usah khawatir, sekarang ada banyak cara kok untuk memecahkannya. Tersedia banyak pilihan beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Nah, jika kamu memiliki semangat tinggi kuliah di luar negeri di tengah keterbatasan biaya, IDEAPERS.COM akan memberikan tips untuk menyiasati keterbatasan itu.
https://3.bp.blogspot.com/-r9LwRqbynVM/XIin713p3DI/AAAAAAAAHOI/5qK7urwyqkonERUuGhemrqVHxQoG9ifmQCK4BGAYYCw/s1600/Cara-Jitu-untuk-Bisa-Lolos-Beasiswa-Kuliah-di-Luar-Negeri.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-r9LwRqbynVM/XIin713p3DI/AAAAAAAAHOI/5qK7urwyqkonERUuGhemrqVHxQoG9ifmQCK4BGAYYCw/s72-c/Cara-Jitu-untuk-Bisa-Lolos-Beasiswa-Kuliah-di-Luar-Negeri.jpg
IDEApers
https://www.ideapers.com/2019/03/cara-jitu-untuk-bisa-lolos-beasiswa-kuliah-di-luar-negeri.html
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/
https://www.ideapers.com/2019/03/cara-jitu-untuk-bisa-lolos-beasiswa-kuliah-di-luar-negeri.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin