Ini 5 Makanan yang Dapat Memacu Fungsi Otak Kamu

gambar: carygastro.com



Kamu seorang pelupa? Suka galfok (gagal fokus) atau sering kurang konsentrasi dalam melakukan aktivitasmu? Sulit konsentrasi dan mudah lupa memang selalu menjadi masalah dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Apalagi sebagai seorang pelajar yang setiap hari harus bergumul dengan banyak materi dan tugas-tugas yang menumpuk.

Kalau kamu sering mengalami hal ini, mungkin kamu harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk otak kamu. Dari banyak daftar makanan yang kaya akan nutrisi, ini dia beberapa makanan yang yang bisa menjaga stabilitas otak kamu. Simak dan cermati dengan baik.

1. Dark Chocolate

Siapa sih, yang nggak suka coklat? Makanan ringan yang satu ini memang menjadi primadona dari kalangan muda hingga orang tua. Rasanya yang manis dan khas, membuat siapa pun yang memakannya selalu ingin memakannya kembali. Coklat juga mengandung kafein, senyawa kimia yang juga ada dalam kopi. Kafein inilah yang membuat efek stimulan dalam kopi dan coklat untuk menambah daya konsentrasimu.

Kafein dalam coklat bervariasi, tergantung jenis cokelatnya. Dark chocolate misalnya, mengandung sekitar 12 miligram kafein. Sedangkan dalam cokelat susu hanya mengandung enam miligram saja. Lain dengan cokelat putih yang bebas dari kafein.

Selain kafein, ada juga senyawa kimia theobromin yang memberikan sensasi  rasa pahit pada coklat. Senyawa yang bersifat stimulan ini memberi rangsangan pada otak untuk tetap fokus dan konsen, juga membuat mood menjadi lebih baik. Kandungan theobromin lebih banyak daripada kafein dalam dark chocolate, yaitu 250 miligram per 50 gram cokelat.

2. Alpukat

Buah yang lebih sering dibuat jus dibandingkan dinikmati secara langsung ini memiliki banyak manfaat lho. Di samping mempunyai kaya lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, alpukat juga mengandung Lutein, yaitu senyawa karotenoid yang biasa kita temukan pada sayur dan buah-buahan berwarna kuning.

Lutein yang terkandung dalam alpukat baik bagi kesehatan mata dan otak. Karena mampu menambah kemampuan kognitif dan memori otak kita. Kamu bisa memanfaatkan buah ini sebagai tambahan menu sehari-hari untuk mendapatkan banyak manfaatnya.

3. Ikan Laut

Ikan laut memang sudah dipercaya dan teruji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain kaya akan protein, ikan laut juga mengandung asam lemak omega-3 EPA (eicosapentaenoic aced) dan DHA (docosahexaenoic acid). Kandungan ini baik untuk kesehatan jantung dan kulit. Selain itu, omega-3 yang terkandung dalam ikan sangat membantu menjaga otak kita agar berfungsi secara normal dan efisien.

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 punya peran meningkatkan fungsi otak. Terutama pada kondisi mild cognitive impairment (penurunan fungsi kognitif ringan) baik akibat penuaan atau penyakit Alzheimer.

Untuk orang dewasa, mengkonsumsi setidaknya 300  mg atau dua porsi ikan laut  dalam satu minggu, sudah mampu memenuhi kebutihan lemak omega-3. Kamu bisa memilih ikan laut seperti tuna, makarel, atau sarden untuk mengcover lemak omega-3 kamu yang dibutuhkan tubuhmu.

4. Gandum utuh

Gandum utuh memang bukan makanan pokok bagi orang Indonesia. Tetapi sekarang, untuk mendapatkannya semakin mudah karena sudah tersedia di toko-toko swalayan. Selain dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung, menkonsumsi gandum utuh ternyata juga bisa menjaga kesehatan otak, lho. Gandum utuh dapat menjaga kelancaran aliran darah di berbagai organ tubuh manusia, termasuk otak.

Gandum utuh juga lebih baik daripada nasi atau tepung terigu karena mengandung lebih banyak nutrisi. Tidak cuma karbohidrat, gandum utuh juga mengandung serat, vitamin E dan omega-3 yang melimpah. Salah satu contoh dari whole grain ini adalah oatmeal dan nasi merah. Kamu bisa mengkonsumsinya dalam berbagai bentuk olahan seperti roti atau pasta gandum utuh.

5. Kacang-kacangan

Selain sebagai cemilan yang menemani waktu senggang atau kegiatan sehari-hari, kacang juga menjadi sumber vitamin B yang penting bagi tubuh. Vitamin B penting bagi pembentukan energi dan sel tubuh, juga penting bagi otak karena berperan  dalam pembentukan senyawa neurotransmitter, yaitu senyawa kimia yang penting bagi pembentukan sel saraf.

Vitamin B yang penting untuk kesehatan otak dan saraf antara lain, vitamin B1 (thiamine), B6 (piridoksin) dan B9 (asam folat). Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengonsumsi kacang merah, kacang hijau, atau kacang kedelai.

Untuk merasakan manfaatnya yang melimpah, kamu cukup mengkonsumsi setengah cangkir atau sekitar 100 gram per hari. Kalau bosan memakan kacang dengan cara biasa, kamu bisa mencampurkannya dalam sup, salad, atau makanan lainnya sebagai variasi menu dan menambah cita rasa.

Nah, Itu dia daftar beberapa makanan yang bisa menjadi referensi ketika kamu merasa kerja otakmu sudah kurang maksimal. Pasti tidak mau kan, jadi lemot atau Lola (loading lama) ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar atau pun berinteraksi di ruang publik. Jangan salah pilih nutrisi untuk otakmu ya kawan! (N)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,13,Berita,616,cerpen,15,EkspreShe,18,Essay,39,Oase,70,Opini,70,Puisi,51,Resensi,4,Resensi Buku,10,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,8,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Ini 5 Makanan yang Dapat Memacu Fungsi Otak Kamu
Ini 5 Makanan yang Dapat Memacu Fungsi Otak Kamu
Kamu seorang pelupa? Suka galfok (gagal fokus) atau sering kurang konsentrasi dalam melakukan aktivitasmu? Kamu harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk otak. Apa saja itu?
https://4.bp.blogspot.com/-Ohi3L9JjriA/W-vKIYRZqxI/AAAAAAAAGQE/62hUbo-atvEg7rFZ6thOh0TNYwUHFajEgCK4BGAYYCw/s1600/5%2BMakanan%2Bini%2BDapat%2BMemacu%2BFungsi%2BOtak.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Ohi3L9JjriA/W-vKIYRZqxI/AAAAAAAAGQE/62hUbo-atvEg7rFZ6thOh0TNYwUHFajEgCK4BGAYYCw/s72-c/5%2BMakanan%2Bini%2BDapat%2BMemacu%2BFungsi%2BOtak.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2018/11/ini-5-makanan-yang-dapat-memacu-fungsi-otak.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2018/11/ini-5-makanan-yang-dapat-memacu-fungsi-otak.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin