9 Program Simpel Tapi Ampuh untuk Kamu yang Akan KKN

Ilustrasi
Melihat pengalaman KKN sebelumnya, hal pertama yang terbersit di benak peserta KKN ialah membuat program kerja yang amazing, seperti pengaspalan jalan, pembangunan masjid dan mushola, serta program-program lainnya yang memerlukan banyak biaya. Ujung-ujungnya, jika program yang dicanangkan tak sesuai dengan rencana anggaran belanja akan membengkak sementara dana yang tersedia tak seberapa. Kita juga, kan yang rugi. Ngenes banget, bro.

Pilihan terakhirnya, mas dan mbak KKN terpaksa harus "melempar" proposal ke lembaga atau perusahaan tertentu demi menutup kekurangan dana. Akibatnya, angan-angan akan suksesnya program kerja yang kamu canangkan tergantung pada proposal. Iya, kalau proposalnya tembus, kalau enggak gimana, bro? Untuk menyiasati hal buruk itu terjadi, ada baiknya kamu menyusun program yang simpel, tidak terlalu banyak mengeluarkan anggaran tapi dijamin ampuh untuk menarik perhatian warga setempat.

Berikut program-program simpel tapi ampuh yang patut untuk kamu pertimbangkan menjadi program utama:

1. Silaturrahmi kepada Warga

Bersilaturrahmi kepada warga menjadi hal yang utama dan pertama yang bisa kamu lakukan. Dengan bersilaturrahmi terlebih dahulu, kamu bisa mengamati dan bertanya-tanya terkait permasalahan yang dihadapi masyarakat. Sehingga kamu telah sedikit banyak mampu mendapatkan hati warga. Kamu pun bisa memulainya dengan mengunjungi rumah kepala desa, tokoh masyarakat, ketua RW, ketua RT, hingga rumah-rumah warga.

2. Les Belajar dan Mengaji

Membantu anak-anak mengerjakan PR dan mengajari mereka mengaji tentunya menjadi hal yang sangat mulia. Setelah lama belajar teori di kampus, tiba waktunya bagi kamu untuk mengaplikasikannya secara langsung. Kamu bisa berbagi pengetahuan, mengabdi, sekaligus belajar sendiri bagaimana mendidik anak dengan cara yang tepat.

3. Mengajar PAUD, SD, dan TPQ

Biasanya di setiap desa tempatmu KKN terdapat sekolah Taman Pendidikan Al Quran yang setiap sorenya banyak dijumpai anak-anak kecil yang belajar membaca al-Quran. Nah, di sini kamu bisa memberikan pengajaran kepada anak-anak tentang ilmu al-Quran dan memberikan aneka pengetahuan, seperti cerita tentang nabi-nabi dan orang soleh lainnya.

Melalui program ini, kamu bisa mengambil hati anak-anak dan bisa lebih akrab, sehingga harimu akan terasa lebih berwarna dengan tawa-riang anak-anak. Jika anak-anak sudah merasa nyaman dengan program kerja yang kamu buat, maka dengan otomatis orangtuanya tidak akan menuntut hal yang aneh-aneh. Hal terpenting bagi mereka ialah anak-anak bisa tersenyum bahagia.

4. Bersih-bersih Masjid atau Balai Desa 

Masyarakat desa, lebih suka dengan tradisi gotong royong. Nah, maka dari itu kamu juga harus bisa mengikuti kebiasaan mereka dengan ikut bergotong royong. kamu pun bisa memasukkan kegiatan ini ke dalam program kerja yang akan kamu jalankan. Misalnya, kamu bisa membuat program bersih-bersih masjid, kantor kelurahan, atau pun pemakaman umum setempat.

5. Buat Festival Anak Soleh

Berikutnya kamu juga bisa membuat festival anak soleh dengan membuatkan aneka lomba, mulai dari lomba azan, kaligrafi, tilawah al-Quran, pidato, hafalan surat-surat pendek, dan perlombaan lainnya. Kamu tidak perlu mempersiapkan hadiah yang mewah, cukup seadanya saja dengan memberikan hadiah tropi, buku, dan bolpoin, atau pun hadiah sederhana lainnya. Hal terpenting dari program ini ialah kamu bisa menghadirkan senyuman anak-anak di sekitar poskomu.

6. Bikin Pengajian

Program ini biasanya dilakukan bertepatan dengan peringatan hari-hari besar Islam. Kebetulan selama pelaksanaan KKN ke-68 ini bertepatan dengan peringatan Isra' Mi'raj pada 24 April 2017 mendatang. Nah, jika kamu tidak mau repot dengan mengundang kiai kondhang dari luar kota, kamu bisa undang dosen atau senior kamu untuk mengisi pengajian kepada warga. Sekali lagi tak perlu acara yang mewah,

7. Promosi Potensi Desa Melalui Media Sosial

Lokasi KKN kali ini, berdekatan dengan obyek wisata yang telah dikembangkan oleh warga setempat. Kamu bisa membantu warga desa untuk mempromosikan obyek wisata di daerah setempat dengan membuat dan mengoptimalisasikan website serta media sosial. Dengan perencanaan dan pengembangan yang baik, program yang kamu canangkan ini bisa membuat orbyek wisata di sekitar poskomu menjadi semakin hits dan dikenal oleh banyak orang.

8. Mengagas Desa Melek Teknologi 

Selama pelaksanaan KKN, kamu juga bisa menularkan kemampuanmu dalam menggunakan microsoft word kepada perangkat desa. Kamu bisa membuat program pelatihan penggunaan microsoft office agar para perangkat desa tidak gagp teknologi. Dan mengetahui cara praktis dalam menggunakan microsoft office, sehingga administrasi dan berkas-berkas desa bisa tertata dengan rapi.

9. Membuat Program Inisiatif

Program satu ini disebut sebagai program inisiatif, membuat warga bahagia dengan berkumpul bersama. Kamu bisa mengadakan nonton bareng, entah itu nonton pertandingan sepak bola atau nonton film bareng. Melalui kegiatan ini, kamu bisa lebih akrab dengan pemuda desa setempat. Program inisiatif lainnya, buat poskomu yang memiliki karangtaruna, kamu bisa mengadakan kegiatan workshop kepemimpinan. Memberikan pengarahan agar kegiatan di desa bisa berjalan dengan baik. Kamu bisa pula mengundang senior untuk mengisi acaranya.

Bagaimana? Praktis, efektif, dan tidak memerlukan banyak anggaran, bukan? Silahkan pertimbangkan kembali program-program di atas untuk masuk dalam program kerja KKN-mu selama 45 hari. [Khan/Alina]

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,569,cerpen,13,EkspreShe,16,Essay,32,Oase,59,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: 9 Program Simpel Tapi Ampuh untuk Kamu yang Akan KKN
9 Program Simpel Tapi Ampuh untuk Kamu yang Akan KKN
Tak perlu program mewah untuk membuat pengabdian KKN-mu bisa terlaksana. Kamu perlu mempertimbangkan untuk membuat program yang simpel tapi ampuh untuk membuat pengabdian KKN-mu berkesan di benak warga. Pengen tahu apa saja? Cek di sini.
https://3.bp.blogspot.com/-aLxbKxiDXY0/WM-fl6LiOKI/AAAAAAAADmA/jaZa4Yahb2ISfrcl_AE9jR8WyuozIdYWQCK4B/s1600/9-program-simpel-kkn-uin-walisongo-ideapers.com.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-aLxbKxiDXY0/WM-fl6LiOKI/AAAAAAAADmA/jaZa4Yahb2ISfrcl_AE9jR8WyuozIdYWQCK4B/s72-c/9-program-simpel-kkn-uin-walisongo-ideapers.com.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2017/03/9-program-simpel-tapi-ampuh-untuk-kamu-yang-akan-kkn.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2017/03/9-program-simpel-tapi-ampuh-untuk-kamu-yang-akan-kkn.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin