11 Hal yang Biasa Terjadi Saat KKN

Ilustrasi: Seorang mahasiswi sedang mengajar di salah satu desa tempat KKN
Sebulan lebih bareng-bareng di satu rumah. Kerja bareng, makan bareng, hampir segala sesuatu dikerjakan bareng saat KKN. Banyak hal yang ngga kamu sadari ternyata sering terjadi, ada suka bahkan duka juga ada. Coba deh baca 11 hal yang sering terjadi saat KKN ini, biar kamu bisa hindarin kejadian duka yang nantinya bisa aja menimpa secara tiba-tiba. Be carefull, bro!

1. Cinta Lokasi

KKN yang menuntut mahasiswa selalu bareng-bareng dengan teman satu posko, ternyata bikin mas dan mbak KKN pada cinlok. Gimana enggak? Setiap hari pasti ketemu, pas bangun tidur ketemu, mau makan ketemu, bahkan mau cuci piring aja nih, masih sempat ketemu. (jomblowan dan jomblowati bahagia banget nih).

Awalnya cuma ngobrol biasa seputar KKN, minta nomer HP, sering chatingan, ternyata nyambung dan bikin nyaman. Akhirnya keluar bareng deh, alasanya sih cuma mau nyari angin, padahal mau ngedate. Tak lama kemudian adek-kakakan, lalu pacaran deh. (mas mbak KKN yang udah punya gebetan, hati-hati, ya, jaga hatinya, kuatkan imannya).

2. Disayang Pak Lurah

Sering ikut kegiatan masyarakat di kampung bikin mbak dan mas KKN disayang pak lurah. Apalagi sering mengimami salat, memimpin dzibaan, dan ngeramein kampung dengan acara yang bisa meningkatkan kemampuan masyarakat. Bisa jadi kalau pak lurahnya punya anak, nanti dijodohin sama mas atau mbak KKN. So, jangan males-malesan pas KKN, ya.

3. Keluarga Baru

Berada di kampung orang selama sebulan lebih membuat mbak dan mas KKN sudah merasa seperti di rumah sendiri. Apalagi kalau masyarakatnya ramah-ramah, bikin kamu betah di tempat KKN dan gak mau balik kampus. Jadi, sering-sering silaturahmi sama masyarakat kampung, ya, mbak dan mas KKN, biar berada keluarga barunya semakin nyaman.

4. Warga Mengira Mahasiswa KKN adalah Malaikat

Mbak dan mas yang mau KKN bisa mempesiapkan skill dalam bidang apapun. Terutama agama. Masyarakat yang dijadikan tempat KKN itu enggak mau tahu, namanya mahasiswa, ya bisa segalanya. Enggak peduli jurursan apa, yang penting mahasiswa bisa segalanya dan akan menjadi malaikat pencerah buat mereka. Nah, buat mas dan mbak KKN persiapkan, ya, daripada menyesal di akhir loh.

5. Selfie, Upload Instagram dengan #KKN

Awal KKN, beranda Instagram udah mulai penuh sama foto-foto mbak dan mas yang lagi KKN. Tak lupa hastag KKN (#KKN) menjadi pelengkap wajib setiap foto yang diupload. Mau makan foto, mau minum foto, bahkan mau pake sandal aja nih harus foto dulu. Luar biasa, bukan. Makanya jangan heran kalau pas KKN kuota kalian boros tingkat dewa.

6. Safari KKN

Enggak lengkap rasanya kalau ada KKN tapi tak ada safari. Ya, disafariin teman-teman, pacar, atau bahkan mantan menjadi agenda yang pasti akan kamu rasakan pas KKN nanti. Selalu sedia makanan, dan aneka jajanan aja buat nyambut mereka. (siap-siap patungan, ya. Apalagi yang temennya banyak). Semangat, ya, mbak dan mas KKN.

7. Berantem di Posko

Tiap kepala selalu punya cara yang berbeda. Mungkin inilah yang membuat mas dan mbak KKN kadang cek-cok enggak jelas atau bahkan berantem di posko. Kadang masalah sepele seperti buang sampah bisa jadi masalah besar. Ketika temen kamu ada yang sukanya bersih-bersih sedang yang lain malah membuat kotor dan buang sampah sembarang, bisa saja menjadi konflik. maka jauhkanlah tipikal orang yang berlawanan semacam ini semampu yang kamu bisa. Kalau tidak, posko kamu bakalan rame karena ada yang adu jotos di posko.

8. Beberapa Program Tidak Jalan

Awal pembuatan program KKN kadang mbak dan mas masih pada semangat sehingga bikin program yang seabreg-abreg untuk kampung yang mereka singgahi. Padahal, mereka enggak tahu kalau semangat itu kayak iman, kadang naik kadang turun. Selang beberapa minggu semangat kamu mulai habis. Akhirnya program seabreg yang kamu bikin enggak jalan dan tak terlaksana. Jadi, bikin program jangan muluk-muluk, ya.

9. Mie Instan Jadi Makanan Favorit

Bisa dibayangkan kerja sampai sore, habis maghrib ngelesin anak-anak warga, setelah itu malamnya rapat evaluasi. Luar biasa banget kan jadwalnya. Jadwal yang padat bikin mbak dan mas KKN malas nyari makan. Kalau lapar dadakan dan jatah makan posko belum ada mie instan menjadi teman setia pengganjal perut. Apalagi kalau jajan di luar mahal, mie instan adalah solusi tepat buat ngirit pas KKN (jangan lupa persiapan mie yang banyak, ya, mas dan mbak KKN).

10. Jarang Ganti Baju

Acara KKN kadang mengharuskan mbak dan masnya jarang ganti seragam, apalagi seragamnya cuma satu atau dua. Kalau hanya bau badan dan tidak terlalu kotor masih bisa disiasati dengan parfum (cowo kreatif biasanya bawa Freshcare sebagai pengganti parfum). Kalau punya dana banyak, bikin seragam yang banyak juga, biar sering ganti baju, ya.

11. Nangis Saat Perpisahan

Perpisahan sebenarnya biasa saja, tapi ketika pas perpisahan ada kumpul bareng di rumahnya pak lurah, siap-siap tisu yang banyak aja, ya. Karena apa, kadang pak lurah suka bikin suasana di dalam rumahnya menjadi luar biasa sedih dengan membuat anggota keluarga atau bahkan pak lurannya sendiri nangis. Setelah itu karena kebawa suasana, kamu enggak bakalan sadar kalau ikut nangis-nangis juga bareng mereka. [Mae]

KOMENTAR

Name

Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,552,cerpen,12,EkspreShe,16,Essay,31,Oase,53,Opini,57,Puisi,42,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: 11 Hal yang Biasa Terjadi Saat KKN
11 Hal yang Biasa Terjadi Saat KKN
Banyak hal yang sering terjadi saat KKN. Disadari atau tidak, kamu pasti merasakannya.
https://2.bp.blogspot.com/-VypS2Z6wRPM/WMzQMWKamgI/AAAAAAAADiQ/AszDeAzylzUZbvNC-6UhXV02GGcunwSwACK4B/s1600/Salah%2Bsatu%2Bkegiatan%2Bmahasiswa%2BKKN%2BIAIN%2BWalisongo%2BSemarang%2B2.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-VypS2Z6wRPM/WMzQMWKamgI/AAAAAAAADiQ/AszDeAzylzUZbvNC-6UhXV02GGcunwSwACK4B/s72-c/Salah%2Bsatu%2Bkegiatan%2Bmahasiswa%2BKKN%2BIAIN%2BWalisongo%2BSemarang%2B2.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2017/03/11-hal-yang-biasa-terjadi-saat-kkn.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2017/03/11-hal-yang-biasa-terjadi-saat-kkn.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin