Belajar Kemandirian dan Ketangguhan dari Si Kecil Piper

Judul: Piper
Sutradara: Alan Barillaro
Durasi: 6 menit
Tanggal rilis: 17 Juni 2016
Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures

Sekumpulan burung berwarna putih di pinggir pantai. Dari sekian banyak burung, hanya ada satu burung yang masih kecil yang tinggal bersama induknya. Dia bernama Piper. Di sana, para burung memanfaatkan ekosistem laut, mereka memakan kerang laut yang bisa didapatkan dengan mencari di dalam pasir. Begitu pun dengan Piper, dia berusaha mencari makanan. Sampai ketika ada ombak datang, para burung pun berusaha lari menghindari pantai. Malang nasib piper, ia jatuh dan sebelum sempat menghindar, ombak pun menerjang tubuh ringkihnya. Akibatnya, Piper kedinginan dan trauma dengan ombak.

Ibunya mengajarkan kemandirian. Walaupun Piper sakit, ibunya tak memberi makan. Justru Piper sendirilah yang harus mengisi perutnya. Dengan terpaksa ia kembali ke tepian pantai, Piper merasa ketakutan ketika hendak mencari kerang. Gambaran sikap yang berlawanan dengan hubungan orangtua dan anak di zaman sekarang. Ketika anaknya sakit, justru orangtuanya sangat memanjakan anaknya. Apapun keinginan anaknya pasti dituruti.

Piper, karena didikan kemandirian dari induknya, akhirnya ia pun menemukan solusi dari masalahnya. Bahkan solusi tersebut sangat berbeda dengan burung-burung lainnya. Dan tentu saja menghasilkan hal yang luar biasa. Di dalam cerita itu, Piper bertemu dengan sekeluarga kelomang yang terus saja berjalan ke arah laut saat ombak sudah mulai datang. Berniat menolong, Piper dengan polosnya mengikuti cara keluarga kelomang menghindari ombak. Tak disangka dengan cara itulah piper mendapatkan jawaban atas masalahnya, sehingga ia dapat berani dengan air dan tidak lagi trauma. Karena itu pula, dia lebih hebat mencari kerang dibanding dengan burung lainnya.

Kisah Piper di film pendek yang berdurasi enam menit karya Alan Barillaro ini memang berisi pelajaran atau sarat akan pesan moral yang dibingkai dalam film animasi. Alan Barillaro, sutradara film pendek ini pernah mendapatkan penghargaaan nominasi Academy Award for Best Animated Short Film. Direktor Pixar ini juga pernah menyutradai film-film animasi terkenal lainnya seperti Finding Nemo, Finding Dory, Moana, dan Zootopia.

Banyak pelajaran berharga yang dapat diambil oleh penonton. Seperti halnya, cara mencari solusi ketika ada masalah. Lihat sudut pandang yang berbeda dengan orang lain. Memecahkan masalah sebaiknya dengan cara sendiri. Di era sekarang, penyampaian pesan atau pelajaran melalui film tidak melulu harus dengan film yang berdurasi panjang, sebab untuk menonton sebuah film yang berdurasi panjang membutuhkan waktu yang inten. Sehingga, sekarang banyak film-film pendek malah bagus dan mengandung banyak pesan untuk ditonton.

Dari film Piper ini, pesan tentang kemandirian dan ketangguhan untuk hidup. Jika  anak zaman sekarang, anak-anak lebih condong hidup manja dengan fasilitas yang membuat mereka enggan berusaha menyelesaikan maslaah. Piper, mengajarkan untuk tidak berputus asa, tidak bermanja, berusaha mencari solusi dari masalah yang menimpa dirinya dengan keberanian. (Azah Zamrud)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,6,Berita,601,cerpen,14,EkspreShe,18,Essay,37,Oase,63,Opini,61,Puisi,46,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,18,Riset,2,Sastra,2,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Belajar Kemandirian dan Ketangguhan dari Si Kecil Piper
Belajar Kemandirian dan Ketangguhan dari Si Kecil Piper
Si kecil Piper berusaha mengatasi traumanya terhadap ombak. Dengan usaha keras ia berhasil menemukan solusi efektif atas masalah yang dihadapinya.
https://3.bp.blogspot.com/-S7s7HRNOeTk/WLKWfBBXzMI/AAAAAAAADXI/3TmXNVwnT90gtu8UsL88wYJ7nZu1VBzsgCLcB/s1600/belajar-kemandirian-dari-si-kecil-piper-ideapers.com.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-S7s7HRNOeTk/WLKWfBBXzMI/AAAAAAAADXI/3TmXNVwnT90gtu8UsL88wYJ7nZu1VBzsgCLcB/s72-c/belajar-kemandirian-dari-si-kecil-piper-ideapers.com.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2017/02/belajar-kemandirian-dan-ketangguhan-dari-si-kecil-piper.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2017/02/belajar-kemandirian-dan-ketangguhan-dari-si-kecil-piper.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin