Selain Wajib TOEFL, Wajib IMKA di UIN Walisongo Juga Membuat Takut Mahasiswa

Gedung Pusat Pengembangan Bahasa UIN Walisongo

Semarang, IDEAPERS.com – Setelah adanya ketakuatan mahasiswa dalam mengahadapi TOEFL, kini mahasiswa kembali dibuat takut dengan Ikhtibar Mi'yar al-Kafaah fii al-Lughah al-Arabiyyah (IMKA) yang turut menjadi syarat bagi mahasiswa untuk bisa mengikuti ujian munaqosah.

Mahasiswa Fakultas Ushuluddin jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Muhammad Farid Huda, mengaku jika dirinya sampai semester tujuh ini belum mengikuti IMKA, karena takut dengan kemampuannya dalam berbahasa asing yang kurang.

“Saya kesulitan semuanya (TOEFL dan IMKA) dan saya pun tidak berminat (belajar bahasa asing). Sejauh ini sudah banyak ngajak (tes), tapi saya tidak mau karena kurang persiapan,” kata Farid saat ditemui IDEAPERS.com di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) FUHum kampus dua, Kamis (22/12/16).

Farid mengaku jika ia sempat mengikuti TOEFL satu kali, namun ia dinyatakan tidak lulus dan ragu saat akan mengikuti tes selanjutnya. Farid pun mengaku ragu dengan standar TOEFL dan IMKA di Pusat Pengembangan Bahasa (PBB) UIN Walisongo, yang tidak seperti lembaga lain.

Sementara itu mahasiswa FUHum Rois, mengatakan jika ia merasa kesulitan mengerjakan soal TOEFL dan IMKA, hingga akhirnya tidak lulus. Ia mengulangnya sebanyak tiga kali, baru bisa lulus dan bisa mengikuti ujian munaqosah.

“Saya sampai tiga kali dan baru bisa lulus, soalnya kurang persiapan. Selain itu jumlah soalnya terlalu banyak, waktu minim, dan tidak bisa konsentrasi,” kata Rois mahasiswa semester sembilan itu.

Rois mengatakan hal yang membuatnya tidak lulus tiga kali berturut-turut disebabkan karena ia tak bisa memahami materi dan cara dosen saat menyampaikan mata kuliah dalam program intensif bahasa tingkat satu hingga tingkat tiga. “Cara penyampaian mata kuliah bahasa berbeda-beda dan terkadang sulit dipahami,” tambahnya.

Rois berharap kepada mahasiswa yang akan mengikuti TOEFL dan IMKA agar mempersiapkan kemampuan berbahasa asing mereka dengan baik, karena materi kuliah bahasa tidak cukup mendukung untuk bisa lulus. (Rep. Zela, Isqi/Red. Rozikan)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,583,cerpen,14,EkspreShe,16,Essay,33,Oase,61,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,17,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Selain Wajib TOEFL, Wajib IMKA di UIN Walisongo Juga Membuat Takut Mahasiswa
Selain Wajib TOEFL, Wajib IMKA di UIN Walisongo Juga Membuat Takut Mahasiswa
Selain wajib TOEFL, wajib IMKA juga menjadi momok bagi mahasiswa UIN Walisongo. Keduanya menjadi persyaratan bagi mahasiswa untuk bisa mengikuti sidang munaqosah.
https://4.bp.blogspot.com/-DNPnPsFl360/WF5HD_r2PsI/AAAAAAAADDw/FlOrgev0RFQx-9TQrESKm7kkHN3jL9SHQCLcB/s1600/imka-ppb-uin-walisongo-ideapers.com.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-DNPnPsFl360/WF5HD_r2PsI/AAAAAAAADDw/FlOrgev0RFQx-9TQrESKm7kkHN3jL9SHQCLcB/s72-c/imka-ppb-uin-walisongo-ideapers.com.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2016/12/wajib-imka-uin-walisongo-membuat-takut-mahasiswa.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2016/12/wajib-imka-uin-walisongo-membuat-takut-mahasiswa.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin