Si Cantik yang Melestarikan Kesenian Membatik

Rizka Rahayuni
Rizka Rahayuni (20), mahasiswi jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) UIN Walisongo asal Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang ini berkeinginan melestarikan kesenian membatik yang sudah meregenerasi di tanah kelahirannya tersebut. Ia merasa tertantang untuk menjaga dan mengembangkan nilai-nilai kesenian yang telah ada agar tidak ditinggalkan oleh generasi Kini yang kekinian.

Gadis cantik semester tiga ini sudah tertarik dengan dunia membatik sejak ia masih duduk di bangku kelas empat SD. Ia rajin belajar membatik dari keluarganya sendiri yang memang berprofesi sebagai perajin kain batik. Rizka pun menceritakan pengalamannya terkait tahapan-tahapan dalam belajar membatik.

"Belajar membatik memang cukup sulit" ujarnya. Agar menjadi mahir, kata Rizka, butuh ketelatenan serta kesabaran dalam proses belajar, terutama bagi mereka yang masih pemula. Ia memberikan penjelasan, tahap pertama dalam membatik yakni belajar cara memegang canting dengan baik dan benar.

Kemudian dilanjutkan dengan berlatih menebalkan pola di atas kain yang sebelumnya sudah digambari menggunakan pensil. Setelah kedua tahapan itu dikuasai, baru bisa berlanjut ke tahap pembuatan pola batik secara langsung.

"Kalau sudah bisa menebalkan pola dan sudah tidak kaku, baru dilanjut dengan mencoba membatik di atas kain berukuran satu meter yang sudah berpola," imbuhnya.

Lebih lanjut, Rizka Rahayuni mengatakan jika membatik pun sudah menjadi sumber mata pencaharian warga di desanya. Maka dari itulah, Ia mempunyai cita-cita agar mampu memberi peluang kerja yang lebih baik, khususnya bagi ibu-ibu di desanya. Pasalnya saat ini, ibu-ibu di desanya masih belum bisa mendapat pekerjaan membatik yang pasti.

"Saya juga ingin agar bisa mengolah skill saya dan ibu-ibu perajin batik, biar mampu meningkatkan perekonomian desa kami. Semoga suatu hari nanti bisa terwujud," harapnya. (Sholihin)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,560,cerpen,12,EkspreShe,16,Essay,31,Oase,56,Opini,57,Puisi,42,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Si Cantik yang Melestarikan Kesenian Membatik
Si Cantik yang Melestarikan Kesenian Membatik
Putri daerah asal Kabupaten Rembang ini bertekad untuk mengembangkan kesenian membatik di desanya. Ia ingin menyejahterakan warga desanya yang rata-rata berprofesi sebagai perajin batik.
https://4.bp.blogspot.com/-WQ67MC6Eu2U/WGKgImg850I/AAAAAAAADGQ/eQk2ONuTWII3wUyrc2YojmrYV51m02YygCLcB/s1600/rikza-batik-rembang-ideapers.com.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-WQ67MC6Eu2U/WGKgImg850I/AAAAAAAADGQ/eQk2ONuTWII3wUyrc2YojmrYV51m02YygCLcB/s72-c/rikza-batik-rembang-ideapers.com.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2016/12/si-cantik-yang-melestarikan-kesenian-membatik.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2016/12/si-cantik-yang-melestarikan-kesenian-membatik.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin