Menjadi Takmir, Praktik Penerapan Ilmu Agama Langsung pada Masyarakat

Ilustrasi
Semarang, IDEAPERS.com – Mahasiswa UIN Walisongo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Muhammad Bahrul Ulum bercerita bahwa ia merasa senang bisa menjadi anggota takmir, karena bisa praktik menerapkan ilmu agamanya kepada masyarakat secara langsung di sekitar Musola al-Azhar Kelurahan Purwoyoso RT. 09/RW. 12.

“Saya senang atas pencapaian saya karena dapat berperan di masyarakat. Saya mampu mengamalkan ilmu yang saya dapat dari kampus langsung kepada masyarakat, sehingga lebih bermanfaat,” tutur Ulum kepada IDEAPERS.com, Selasa (18/10/16).

Lebih lanjut ia beralasan memilih menjadi takmir karena melihat kondisi para aktivis di kampus yang terkadang melupakan ibadah mereka dengan lebih memilih kegiatan organisasi. Berawal dari hal itu ia kemudian memilih menjadi seorang takmir supaya bisa mendekatkan diri kepada Tuhannya.

Sementara itu mahasiswa UIN Walisongo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Eko Kholil, yang menjadi rekan Bahrul Ulum, mengatakan ia sempat merasa canggung dengan kegiatan di musala, karena dia adalah seorang aktivis Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

“Awalnya saya sempat merasa canggung bergabung menjadi anggota takmir, mulai dari sulitnya membagi waktu organisasi dan kuliah. Namun seiring berjalannya waktu, saya mulai terbiasa dengan kegiatan yang ada di musala,” kata Eko, mahasiswa semester tiga itu.

Eko mengatakan pilihannya menjadi seorang takmir dikarenakan ingin meringankan beban biaya kedua orangtuanya, serta berniat mengabdi di jalan Allah. Di samping itu kata Eko, dengan menjadi takmir ia pun bisa melatih tanggung jawab dan kedisiplinan di musala, karena diberikan tanggung jawab untuk mengurusnya.

Semenjak menjadi anggota takmir di musala, kata Eko, telah banyak pelajaran yang didapatkan. Salah satunya belajar bermasyarakat lewat kegiatan di musala, seperti kegiatan dziba’an dan tahlil, dari situlah ia merasa lebih dekat dengan masyarakat. (Rep. Wawan, Khasanah-calon kru magang LPM IDEA 2016-/Red. Rozikan)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,583,cerpen,14,EkspreShe,16,Essay,33,Oase,61,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,16,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Menjadi Takmir, Praktik Penerapan Ilmu Agama Langsung pada Masyarakat
Menjadi Takmir, Praktik Penerapan Ilmu Agama Langsung pada Masyarakat
Menjadi takmir bisa melatih tanggung jawab dan kedisiplinan. Mengamalkan ilmu yang didapat dari kampus kepada masyarakat, sehingga lebih bermanfaat.
https://1.bp.blogspot.com/-TnwwunQq6Qc/WA5EEqLaDZI/AAAAAAAACwU/08WS0it4mA8Z731cBLT4j11yiabhBGCVwCK4B/s1600/takmir-praktik-penerapan-ilmu-agama-di-masyarakat-ideapers.com.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TnwwunQq6Qc/WA5EEqLaDZI/AAAAAAAACwU/08WS0it4mA8Z731cBLT4j11yiabhBGCVwCK4B/s72-c/takmir-praktik-penerapan-ilmu-agama-di-masyarakat-ideapers.com.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2016/10/menjadi-takmir-praktik-penerapan-ilmu-agama-langsung-pada-masyarakat.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2016/10/menjadi-takmir-praktik-penerapan-ilmu-agama-langsung-pada-masyarakat.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin