Enggan Salat di Masjid, Mahasiswa Fuhum Pilih Salat di Ruang Kelas

Salah satu mahasiswa FUHum UIN Walisongo sedang salat di ruang kelas.
Semarang, IDEAPERS.com - Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHum) enggan salat di masjid al-Fithroh kampus dua UIN Walisongo. Faktor kenyamanan dan kebersihan menjadi persoalan yang tak bisa dituntaskan, akibatnya mahasiswa FUHum memlilih salat di dalam kelas. Hal ini dikatakan oleh mahasiswa FUHum Jurusan Tafsir dan Hadis, Etika Filashofia.

“Keadaan masjid yang tidak nyaman dan bersih, memaksa saya dan teman-teman untuk salat di ruang kelas, karena ruang kelas lebih mendukung kekhusyu’an saat beribadah. Ditambah lagi ruang kelas lebih terfasilitasi karena ada Air Conditioner (AC), serta tidak perlu berdesak-desakan seperti di masjid,” tutur Etika saat diwawancarai kru IDEAPERS.com, Kamis (29/09/16).

Sementara itu, Zuli Muflihatin mengatakan bahwa keamanan di masjid al-Fithroh tidak terjamin. “Saya dengar, selama lima bulan terakhir sudah terjadi dua kali aksi pencurian di Masjid al-Fithroh. Bahkan teman saya dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) turut menjadi korban pencurian, ia kehilangan laptop, dompet, dan buku,” ujar mahasiswi semester lima tersebut.

Lebih lanjut, mahasiswa jurusan Tafsir dan Hadis, Agidea membandingkan antara kampus UIN Walisongo dengan kampus keagamaan lain seperti UIN Sunan Kalijaga dan UIN Maulana Malik Ibrahim yang telah memiliki mushola di setiap fakultas. Ia menilai UIN Walisongo yang menjadi kampus berbasis agama, kalah jauh dibanding dengan Universitas lain yang tidak ada embel-embel agama. Misalnya kampus UNNES dan UNDIP telah memiliki mushola kecil yang medukung kegiatan ibadahnya.

“Saya berharap masing-masing fakultas bisa dibuatkan mushola-mushola kecil yang berdekatan dengan ruang kelas, tidak perlu yang mewah. Ditambah masalah masjid Al-fithroh kini sudah melebihi kapasitas, karena hanya ada satu masjid untuk empat fakultas,” ujar Faiz Selawati, mahasiswi FUHum jurusan Tasawuf Psikoterapi. (Rep. Isma/Red. Nashokha)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,583,cerpen,14,EkspreShe,16,Essay,33,Oase,61,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,16,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Enggan Salat di Masjid, Mahasiswa Fuhum Pilih Salat di Ruang Kelas
Enggan Salat di Masjid, Mahasiswa Fuhum Pilih Salat di Ruang Kelas
Faktor kenyamanan menjadi persoalan yang belum tuntas. Menurut mahasiswa FUHum UIN Walisongo, ruang kelas lebih mendukung kekhusyu'an beribadah daripada masjid.
https://4.bp.blogspot.com/-nxX3GpS-6GU/V_C5DF_hPPI/AAAAAAAACpc/SQcMf3gmfkoL1dKIGXVgBlI59zAOkgvGQCK4B/s1600/enggan-salat-di-masjid-mahasiswa-fuhum-piih-salat-di-ruang-kelas.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-nxX3GpS-6GU/V_C5DF_hPPI/AAAAAAAACpc/SQcMf3gmfkoL1dKIGXVgBlI59zAOkgvGQCK4B/s72-c/enggan-salat-di-masjid-mahasiswa-fuhum-piih-salat-di-ruang-kelas.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2016/10/enggan-salat-di-masjid-mahasiswa-fuhum-pilih-salat-di-ruang-kelas.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2016/10/enggan-salat-di-masjid-mahasiswa-fuhum-pilih-salat-di-ruang-kelas.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin