7 Rekomendasi Wisata Alam di Sekitar Semarang

Ilustrasi: Backpacker
Ngaliyan semakin panas, suhu udara di siang hari bahkan mencapai 34 derajat celcius. Wisata alam pun menjadi alternatif, khususnya bagi mahasiswa UIN Walisongo, untuk sejenak menyejukkan diri sambil menikmati keindahan alam, apalagi kali ini bertepatan dengan libur panjang Idul Adha. Daripada hanya berdiam diri di kos, tak ada salahnya mengajak teman terdekat untuk menjelajahi wisata alam di Semarang.

Ada banyak pilihan wisata alam di sekitar Kota Semarang, hanya perlu menempuh perjalanan selama 30 menit hingga satu setengah jam untuk mencapai tujuan. Berikut rekomendasi wisata alam di Semarang:

1. Candi Gedong Songo

Salah satu dari lima candi di kompleks wisata Cansi Gedong Songo

Terletak di lereng Gunung Ungaran, tempat ini menjadi pilihan utama bagi para wisatawan pecinta alam di Semarang yang selalu ramai dikunjungi ketika hari libur tiba. Jarak tempuh normal dari Ngaliyan menuju ke Candi Gedong Songo hanya sekitar 90 menit. Namun ketika hari libur tiba pengunjung harus rela bermacetan hingga berjam-jam untuk bisa sampai di kompleks candi yang konon didirikan pada masa Dinasti Syailendra pada abad ke-9 tersebut.

Setibanya di kompleks wisata, pengunjung disambut oleh hawa sejuk dan suara binatang tonggeret khas pegunungan. Pengunjung ditantang untuk berjalan kaki menjelajahi lima kompleks candi dengan jalan setapak yang menanjak. Namun lelahnya kaki tak akan terasa karena sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhi pemandangan alam berlatar Gunung Ungaran. Sementara bagi pengunjung yang tak ingin merasa lelah karena berjalan kaki, warga sekitar menyediakan jasa penyewaan kuda untuk mengitari kelima kompleks candi.

2. Curug Lawe Benowo Kalisidi (CLBK)


Curug Lawe di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang

Buat kamu yang sudah tak tahan dengan panasnya Ngaliyan, dan ingin merasakan dinginnya air Gunung Ungaran, CLBK menjadi rekomendasi utama. Pengunjung bisa merasakan kesegaran dua air terjun sekaligus, Curug Lawe dan Curug Benowo, dalam satu kompleks wisata yang sama. Ketika berada di Curug Lawe, pengunjung akan merasa sangat kerdil. Pasalnya pengunjung dikelilikgi oleh tebing setinggi 50 meter, dengan air yang mengalir deras di sekeliling sisi tebing membentuk sebuah tirai air raksasa.

Sebelum tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus terlebih dahulu menyusuri jalan setapak yang sejajar dengan saluran air yang jernih, selama kurang lebih satu jam dari loket masuk. Cukup capek memang, tapi itu semua terbayarkan dengan pemandangan dan kesegaran curug yang tak ada duanya di Semarang. Kebersihan dari tempat wisata ini pun sangat terjaga, baik oleh pengunjung maupun warga Desa Kalisidi. Terdapat karung tempat sempah di setiap 50 meter di sepanjang perjalanan dari loket masuk menuju lokasi curug.

3. Umbul Sidomukti


Wisatawan menikmati pemandian air panas dan air dingin sambil menikmati panorama pegunungan

Tempat ini terkenal dengan pemandian air panas dan air dingin yang berada di lereng Gunung Ungaran. Pengunjung bisa berenang sepuasnya sambil menikmati lekuk tubuh Gunung Ungaran. Selain itu, di obyek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan outbond yang cukup memacu adrenalin seperti flying fox, rappling, dan marine bridge. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, di tempat ini juga disediakan camping ground yang cocok digunakan untuk menikmati keindahan bintang-bintang di malam hari.

4. Gua Kreo dan Waduk Jatibarang


Menyeberangi jembatan yang melintasi Waduk Jatibarang untuk menuju ke Gua Kreo

Waduk Jatibarang baru diresmikan penggunaannya pada Mei 2015 lalu, namun sudah banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke sini. Di tengah hamparan air waduk terdapat sebuah pulau kecil, di sana terdapat sebuah gua yang diberi nama Gua Kreo. Di sekitar obyek wisata ini terdapat ratusan kera yang berkeliaran, mereka ramah terhadap manusia selama tak diganggu. Meskipun tak jarang kera-kera itu berlaku usil dengan mengambil makanan, minuman, atau barang-barang milik pengunjung. Menurut cerita, leluhur dari kera-kera tersebut pernah ngreo (membantu) Sunan Kalijaga ketika mengangkat kayu sebagai bahan untuk membangun Masjid Agung Demak.

5. Kebun Teh Medini


Pemandangan perkebenun teh di Medini kecamatan Boja, kabupaten Kendal berlatar Gunung Ungaran

Kawasan ini sering dijadikan tempat makrab oleh mahasiswa UIN Walisongo. Kondisi dan suasananya tak jauh beda dengan kawasan lain di sekitar lereng Gunung Ungaran. Hamparan hijau tanaman teh sejauh mata memandang akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Wisatawan pun dapat melihat secara langsung rutinitas warga sekitar yang memetik daun teh di pagi hari. Satu catatan penting, butuh perjuangan berat untuk tiba di kebun teh yang berlokasi di Kecamatan Boja Kendal ini, pengunjung harus melalui rute sepeda motor yang menanjak dan berbatu selama kurang lebih 30 menit.

6. Basecamp Mawar


Tenda para pendaki Gunung Ungaran yang menginap di Basecamp Mawar

Kamu yang pernah mendaki ke Gunung Ungaran, pasti sudah tak asing dengan tempat ini. Basecamp Mawar menjadi camping ground utama sebelum mendaki ke Gunung Ungaran. Berada pada ketinggian 1.200 mdpl, Basecamp Mawar menjadi tempat yang pas untuk beradaptasi dengan udara pegunungan bagi para pendaki pemula yang ingin naik ke Gunung Ungaran. Kawasan ini dihiasi oleh hutan pinus serta vegetasi khas Gunung Ungaran, jika enggan untuk melakukan pendakian, para pengunjung dapat menikmati indahnya matahari terbenam dari tempat ini.

7. Bukit Semarang Baru (BSB)


Patung kuda di BSB City, Ngaliyan, Semarang

Sebenarnya BSB bukanlah obyek wisata, namun sering dijadikan sebagai tempat yang asyik buat nongkrong atau pun sekadar jogging oleh kaum muda. Jajaran enam patung kuda yang menjadi ikon BSB sering dijadikan sebagai obyek untuk foto selfie. Pohon karet yang berbaris lurus menjadi pemandangan khas dari BSB. Meskipun tak sesejuk dulu, namun BSB masih bisa menjadi pilihan alternatif bagi kamu untuk sekadar keluar dari gerahnya kamar kos.

Itulah tujuh rekomendasi wisata alam di Semarang yang patut buat kamu kunjungi. Ingat! Tetap jaga kelestarian alam dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak mencorat-coret bebatuan maupun pepohonan, serta tidak memburu binatang liar. (Nashokha)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,569,cerpen,13,EkspreShe,16,Essay,32,Oase,59,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: 7 Rekomendasi Wisata Alam di Sekitar Semarang
7 Rekomendasi Wisata Alam di Sekitar Semarang
Ngaliyan semakin panas, 7 rekomendasi wisata alam di Semarang patut kamu kunjungi untuk mencari udara sejuk serta melupakan penatnya tugas kuliah.
https://4.bp.blogspot.com/-C_x0C1270_0/V9SKG4qfb8I/AAAAAAAAAXc/NXduueblDNYxeJvo4cYvfGi4_X4r_G3EgCLcB/s1600/wisata-alam-semarang-ideapers.com.png
https://4.bp.blogspot.com/-C_x0C1270_0/V9SKG4qfb8I/AAAAAAAAAXc/NXduueblDNYxeJvo4cYvfGi4_X4r_G3EgCLcB/s72-c/wisata-alam-semarang-ideapers.com.png
IDEApers
http://www.ideapers.com/2016/09/7-rekomendasi-wisata-alam-semarang.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2016/09/7-rekomendasi-wisata-alam-semarang.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin