33 Aktivitas yang Dilakukan Orang di Bulan Puasa

Add caption

Selama berpuasa di bulan Ramadhan, seringkali kita tidak menyadari bahwa aktivitas selama puasa telah berulang setiap tahun dan kita terus saja melakukannya. Tidak ada salahnya memang, ini juga sebagai bukti bahwa kita benar-benar menjalankan ibadah istiqomah yang pula diajarkan Islam.

1. Makan Sahur

Sedang nyenyak-nyenyaknya tidur, tiba-tiba kita terpaksa makan sebelum subuh, rasanya memang enggak enak banget. Inilah makan sahur. Meski ngantuk berat dan makan tidak enak, namun dengan makan sahurlah tenaga kita selama seharian nanti akan tercukupi.

2. Sikat Gigi Sebelum Subuh

Biasanya kita menyikat gigi sekitar pukul 06.00 WIB saat mandi sebelum pergi beraktivitas di luar rumah. Namun, saat bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk sikat gigi sebelum imsak. Mari sikat gigi...

3. Minum yang Banyak Sebelum Imsak

“Minum air putih minimal delapan gelas sehari”, kata dokter di televisi. Kadar cairan yang ada di dalam tubuh akan mempengaruhi kekuatan kita dalam melakukan aktivitas. Di saat berpuasa, kita harus mempersiapkannya yakni saat selesai makan sahur. Jangan sampai ndak minum yaa..

4. Jogging

Ini yang ditunggu-tunggu, lari-lari kecil nan sehat bareng teman-teman atau gebetan di pagi bulan puasa. Ada kenangan tersendiri tentunya gais. Puasa bukan melelahkan, malah menyehatkan kok..

5. Sering Baca al-Quran

Penting bagi kamu. Sempatkanlah membaca al-Quran di bulan yang penuh keutamaan ini. Kamu bisa ke masjid dengan berwudhu dan membaca mushaf al-Quran, bukan hanya al-Quran digital yang ada di smarthone. Insya Allah lebih berkah cuy..

6. Sering Meludah

Saat berpuasa, akan berkurang cairan yang ada di dalam diri kita. Sehingga produksi ludah meningkat untuk membasahi mulut yang kering-kerontang. Ini yang menyebabkan kita jadi sering meludah. Bahkan ada anggapan bahwa menelan ludah saat puasa dapat membatalkan puasa, tapi saya kira tidak demikian. Bagi saya, meludah saat berpuasa bisa mengeluarkan sisa-sisa cabe ramesan yang menempel di gigi, agar tidak malu ketemu doi.

7. Sering Mengucap Istighfar

Tepat sekali. Di bulan yang penuh ampunan ini merupakan momentum untuk bertaubat, sob. Sering membaca istighfar, insya Allah dosa-dosamu akan diampuni. Sehingga banyak orang yang sering beristighfar di bulan ini. Tapi ingat, sob, kalau sudah bertaubat jangan diulangi lagi dosa-dosa kelamnya, ya.

8. Ngantuk Karena Lapar

Tubuh akan terasa letih, lemah, dan lesu saat berpuasa karena mulai kehilangan energi. Akibatnya potensi untuk ngantuk sangat tinggi. Itu yang menyebabkan konsumsi tidur seseorang meningkat di bulan puasa. Apalagi didukung dengan statement “Tidurnya orang yang puasa adalah ibadah”. Tidur lagi aja dah.

9. Lihat Jam

“Maghrib kurang berapa menit lagi ya?” Mungkin ini yang sering ada di pikiran kita saat berpuasa. Sehingga kita sering melihat jam untuk memastikan berapa lama lagi tiba waktunya untuk berbuka puasa. Bahkan seseorang akan lebih sering melihat jam di bulan ramadhan daripada melihat foto mantan.

10. Bikin Bakti Sosial

Beramal di bulan ini dapat menyebabkan serangan pahala yang bertubi-tubi. Jadi jangan kaget jika akan muncul orang-orang yang mendadak baik dan dermawan di sekelilingmu. Sehingga menjadikan bulan ini sebagai momentum untuk berbagi rizki dan dan menuai berkah.

11. Tidur untuk Menahan Pipis

Simpan cairan air putih dalam tubuh kita agar tidak mudah lelah, dengan tidur yang lama untuk menahan pipis. Pipis di sini akan menjadi ancaman bagi kita. Tapi pipis juga penting loh, gaes, awas kena kencing batu nanti. Sekali sehari cukup kok. Terus tidur lagi.

12. Teleponan Bagi yang Punya Pasangan

Nah, mblo-mblo yang budiman. Jangan iri ya kalau lihat fenomena ini. Kamu bisa menghindarinya dengan main game atau nderes al-Quran. Bagi yang sedang dimabuk asmara, teleponan boleh saja, tapi ingat waktu sholat dan mandi yey..

13. Ngabuburit

Menikmati waktu menanti berbuka puasa alias ngabuburit dalam bahasa sunda, dan kini menjadi ungkapan tekenal saat ramadhan. Memburu senja, keliling kota, muter-muter taman, diskusi, atau sekedar menunggu warung buka. Ngabuburitlah yang sehat bro... ngabuburit di mimpi juga bisa kok.

14. Nyiapin Takjil

Bagi calon ibu-ibu PKK, calon istri sholehah idaman suami. Inilah waktumu beraksi. Tunjukan masakanmu yang super duper mantaff pada pasanganmu. Mungkin lidah pasangannya bisa terhipnotis. Atau mungkin juga bisa nyiapin takjil yang buanyak untuk dibagikan kepada yang membutuhkan, yang tidak bisa berbuka. Semoga puasamu berkah.

15. Buka Bersama

Waktu yang ditunggu-tunggu oleh pejuang pahala dari Allah, yakni para Shoim-shoim yang sabar dan ihlas. Berbuka puasa kini lebih sering dilakukan bersama-sama teman maupun gebetan. Di tempat-tempat yang ramai seperti pusat kota atau di warung makan favorit. Bagi jomblowers.. kamu tidak perlu sedih, kamu juga bisa buka bersama dengan keluarga atau teman-teman dirumah. Tetap yakin.. Masakan ibu paling enak kok..

16. Selfie dan Grovie Saat Buka Puasa

Di dunia layar smartphone. Semangat eksistensialisme narsisus benar-benar nyata sekarang. Apalagi saat berbuka puasa. Kamera handphone adalah pelengkap atas apa yang telah kita lakukan. Dandan dulu ya sebelum foto. Stop rembese...

17. Tarawih

Dalam menjalankan sholat sunnah ini, istiqomah adalah kuncinya. Pahalanya gede cuy. Semangat!!!

18. Sering Broadcast Motivasi

Akan banyak broadcast yang masuk di BBM maupun whataspp tenta mutiara ramadhan di bulan puasa ini. hal ini memiliki dua sisi mata pisau. Pertama, menambah infoemasi. Kedua, tes kesabaranmu berpuasa.

19. Mendengarkan Kultum

Kultum alias kuliah tujuh menit, meski kadang lebih dari tujuh menit. Namanya akan tetap kultum. Begitu.

20. Baca Novel

Bagi kamu yang jenuh di siang hari yang panas dan menunggu buka puasa. Novel bisa menjadi teman yang setia di bulan ramadhan. Apalagi saat kamu sudah masuk ke dalam alur ceritanya. Hueh.. lupa buka puasa mungkin bisa terjadi. 

21. Nonton Film

List film-film yang super duper kueren. Ada banyak film yang dapat membuatmu melupakan lapar. Awas jangan film porno ya gaes.. pleaseee....

22. Nulis-nulis Buku Diari

Selama sebulan berpuasa. Kemudian menuliskan aktivitasnya di buku diari pun bisa menjadi referensi dan perbandingan untuk puasa di tahun mendatang. Ingat gaes. Manusia yang dapat melawan kebingungan adalah ia yang pernah mempelajari masa lalunya.

23. Lihat-lihat Calon Baju Hari Raya

Akan pakai baju apa nanti di hari raya? Lihat-lihatlah dulu di toko mulai sekarang. Jangan sampai salah pilih. Penampilanmu akan menentukan ke-waw-an dirimu di hari raya (cah alay kekinian).

24. Lebih Banyak Bersedekah

Mumpung di bulan yang penuh keutamaan pahala. Memperbanyak sedekah atau modal untuk masa depanmu di akhirat nanti. Subhanallah.

25. Sering melihat lebih banyak pengemis

Akan banyak sekali pengemis bulan ini. tidak cacat pun dibuat cacat. Yang kaya pun bisa menjadi pengemis. Kita harusjeli melihat pengemis yang benar-benar pengemis.

26. Iseng-iseng Bikin Meme Ramadhan

Di era visual meme. Akan banyak kelucuan yang ditayangkan di meme. Maka dari itu, sebagai generasi yang kreatif, cobalah iseng-iseng bikin meme. Itung-itung mengasah imajinasi kita dan kritis walau lapar di bulan ramadhan.

27. Bikin Planning Reunian di Hari Raya

Nah bagi yang tidak bisa move on dari teman-teman masa lalu. Kamu juga perlu menyiapkan planning untuk reunian. Jalin silaturrahmi dianjurkan agama loh gaes. Bisa juga bikin planning reunian dengan mantan. Eaaaw.

28. I’tikaf

Sebagai muslim yang mukmin. Daripada membuang-buang waktu yang tidak bermanfaat. Lebih baik datang ke masjid dan beri’tikaf. Karena i’tikaf bisa lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT dari kesibukan hari-hari kita yang penuh pikiran duniawi.

29. Menghitung Hari Puasa

Ini pekerjaan orang-orang rajin dan update.. menghitung hari karena tidak saba untuk segera berpesta di hari raya. Kalau lupa harus pake alarm atau note.

30. Mengharapkan Malam Lailatul Qodar

Malam yang ditunggu-tunggu. Semoga kamu yang shole-sholehah beruntung mendapatkannya ketika beribadah. Amin. Semangat !!

31. Malas Keluar Kamar

Kita juga manusia. Apalagi saat lapar. Malas dan tidak ingin keluar kamar pun tidak terelakan. Namun jangan sampai sebulan tidak keluar kamar. Kita juga mahluk sosial cuy. Berbagi itu indah walau hanya senyuman. Kalau sering dikamar terus, awas bahaya ambeyen bisa datang kapan saja.

32. Menyiapkan Mudik Lebaran

Bagi kamu yang ada di perantauan. Siapkan apa yang penting untuk dibawa mudik ke kampung halaman. Jangan terlalu banyak. Akan kerepotan tentunya, belum lagi kalau terkena macet.

33. Mudik


Mudik. Tradisi tahunan. Walau repotnamun seakan wajib dilakukan demi dapat berkumpul dengan keluarga di hari raya. Mudik memiliki resiko yang tak sedikit. Jaga barang-barangmu, juga nyawamu. Bersabarlah. Alon-alon asal kelakon. Agar samapai rumah dapat berkumpul dengan keluarga dan berbahagia bersama di hari raya. (K/Pect)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,569,cerpen,13,EkspreShe,16,Essay,32,Oase,59,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: 33 Aktivitas yang Dilakukan Orang di Bulan Puasa
33 Aktivitas yang Dilakukan Orang di Bulan Puasa
Selama berpuasa di bulan Ramadhan, seringkali kita tidak menyadari bahwa aktivitas selama puasa telah berulang setiap tahun dan kita terus saja melakukannya. Tidak ada salahnya memang, ini juga sebagai bukti bahwa kita benar-benar menjalankan ibadah istiqomah yang pula diajarkan Islam.
https://1.bp.blogspot.com/-CTDJntyGQ3I/V2FY9OMpczI/AAAAAAAABrw/W7o0aMzzPGkZaVfknDDYfukqm29nAcVxgCLcB/s400/maaf-puasa-ideapers.com.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CTDJntyGQ3I/V2FY9OMpczI/AAAAAAAABrw/W7o0aMzzPGkZaVfknDDYfukqm29nAcVxgCLcB/s72-c/maaf-puasa-ideapers.com.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2016/06/33-aktivitas-yang-dilakukan-orang-di.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2016/06/33-aktivitas-yang-dilakukan-orang-di.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin