Mengelola Konflik dengan Kepemimpinan

Suasana diskusi Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia (FPBI). Foto: Ipin/IDEA


Solo, ideapers.com - Konflik menjadi hal yang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Mulai dari konflik diri, orang perorangan, sampai pada konflik kelompok yang melibatkan agama, suku, ras atau yang lainnya. Indonesia dipandang sebagai negara yang rentan dengan konflik karena memiliki banyak suku bangsa, ras, etnis, budaya, dan agama sebagai wujud kemajemukan bangsa. 

"Konflik pada mulanya merugikan, tapi ia akan menguntungkan jika bisa dikelola dengan baik," kata Sekretaris Forum Persatuan Bangsa Indonesia (FPBI) Jawa Tengah Pujho Rahayu Rizan dalam diskusi Fasilitasi Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia (FPBI) Propinsi Jawa Tengah di Hotel Indah Plasa Solo, Senin, (15/09).

Pudjo mengatakan, metode yang paling bagus untuk mengelola konflik ialah dengan kepempinan yang berfokus pada komunikasi. Kepemimpinan diri mejadi langkah paling dasar karena setiap orang pada dasarnya ialah pemimpin. 

Pudjo menegaskan, kepemimpinan bukan jabatan, tetapi lebih kepada tindakan. Metode ini, lanjut Pudjo, harus dimulai dari diri sendiri dan dari hal hal sederhana. 
"Tidak usah mentereng. Mari kita tutup kran di kamar mandi. Itu bagian dari kepemimpinan diri," Pudjo menyontohkan.

Menurut Pudjo, konflik diri merupakan konflik paling sulit karena ia tidak akan pernah selesai.
"Berbeda kalau konflik dengan orang lain. Ketika seseorang itu tidak bertemu maka konflik selesai (tidak berlangsung)," tambahnya.

FPBI menggandeng Forum Persatuan Antar Etnis Nusantara (Forum Perantara) Jawa Tengah agar menjaga kondusifitas masyarakat Indonesia khususnya di Jawa tengah.

Sebagai informasi, Forum Perantara Jateng merupakan forum persaudaraan antar etnis di seluruh Indonesia di Jawa tengah yang bertujuan untuk menjunjung kebhinnekaan dan mencegah konflik, dimana, karena perbedaan etnis konflik seringkali muncul.

Ketua Forum Perantara Ahwani Ad- dakhil mengatakan, penting untuk menjaga kondusifitas karena sebentar lagi Indonesia khususnya Jawa Tengah akan melaksanakan kontestasi politik yaitu pemilihahan kepala daerah.

Wakil Forum Perantara Kresna Ombo menegaskan, bahwa forum perantara adalah forum kekeluargaan yang tidak boleh ditunggangi kepentingan politik.

"Jika ini sampai terjadi maka hanya ada dua opsi. Kita keluarkan itu orang atau kita bubarkan Perantara," kata mahasiswa asal Sumba itu.

Acara yang berlangsung selama dua hari itu, Senin-Selasa, (05-06/09), diikuti oleh 70 orang perwakilan dari Organisasi Kedaerahan (Orda) di Semarang dan Solo.

Pudjo berharap kepada pesarta yang hadir dalam diskusi, agar memiliki nilai lebih khususnya dalam kemimpinan sebagai solusi untuk mengelola konflik.

(Arifin/IDEA).

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,13,Berita,615,cerpen,15,EkspreShe,18,Essay,39,Oase,70,Opini,70,Puisi,51,Resensi,4,Resensi Buku,10,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,8,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Mengelola Konflik dengan Kepemimpinan
Mengelola Konflik dengan Kepemimpinan
Mengelola Konflik dengan Kepemimpinan
http://2.bp.blogspot.com/-aMRTyEl8-V8/VhN7ycfSRvI/AAAAAAAAA6w/z-RqA5qS9Mk/s320/P_20151005_164816.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-aMRTyEl8-V8/VhN7ycfSRvI/AAAAAAAAA6w/z-RqA5qS9Mk/s72-c/P_20151005_164816.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2015/10/mengelola-konflik-dengan-kepemimpinan.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2015/10/mengelola-konflik-dengan-kepemimpinan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin