Kelompok Teater UIN Walisongo Tolak Rencana Pembangunan Trans Studio di TBRS

Foto: Mahfudz
Semarang-Ideapers.com-Senin (23/3), kelompok teater UIN Walisongo yang terdiri dari teater Asa, Metafisis, Beta, Wadas, dan Mimbar bersatu menyuarakan penolakan rencana pembangunan Trans Studio di komplek Taman Budarya Raden Saleh (TBRS) dengan mengambil tema “TBRSku Memanggil #Pagari TBRS”. Acara tersebut digelar di lapangan Fakultas Syari’ah Kampus 3 UIN Walisongo Semarang.

Aksi penolakan disimbolkan dengan adegan teater yang diawali dengan upacara di depan gerbang kampus 3 yang dipimpin oleh Yazid sebagai pemeran Raden Saleh kemudian diikuti oleh segenap peserta teater yang memakai pakaian adat daerah-daerah sebagai representasi dari budaya Nusantara, kemudian melingkar melambangkan kesatuan aksi kebudayaan Nusantara. 

“Kami sebagai komunitas penguri-nguri budaya dari UIN Walisongo, warga TBRS, dan segenap warga semarang bersatu menolak tanpa syarat pembangunan Trans Studio di kompleks TBRS”, terang Yazid

Muhammad Muflihun, salah satu seniman kampus UIN Walisongo mengisyaratkan pihaknya merasa benci sekalugus merasa berterima kasih atas adanya rencana pembangunan Trans Studio di kompleks TBRS. Karena dengan adanya rencana pembangunan tersebut, para seniman di kampus UIN Walisongo bersatu kembali untuk menolak rencana yang bagi mereka sebagai perampasan secara paksa hak-hak mereka. Ia menegaskan para seniman kampus UIN Walisongo Semarang siap mati untuk mempertahankan TBRS.

            “TBRS adalah pusat kesenian orang Semarang. Di tempat itu pula sebagai wadah kesenian bagi kaum seniman se-Semarang untuk berapresiasi, mengembangkan ilmu, dan membangun jaringan. Jadi apabila TBRS ada yang mengusik, kami akan mempagarinya hingga mati”, ujarnya.

Lebih jauh lagi, Muflihun menjelaskan bahwa aksi penolakan tersebut tidak hanya untuk menggagalkan upaya pembangunan Trans Studio, tapi acara tersebut juga untuk mengajak dan menyadarkan segenap lapisan masyarakat khususnya para mahasiswa untuk menyuarakan suara mereka “Iki low TBRS arep digusur, rasa ati njenengan pripun? ( ini loh TBRS mau digusur, rasa hatimu bagaimana? Red. )”, tegasnya. (Mahfud/Gigih)

KOMENTAR

Name

Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,552,cerpen,12,EkspreShe,16,Essay,31,Oase,53,Opini,57,Puisi,42,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,15,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Kelompok Teater UIN Walisongo Tolak Rencana Pembangunan Trans Studio di TBRS
Kelompok Teater UIN Walisongo Tolak Rencana Pembangunan Trans Studio di TBRS
http://1.bp.blogspot.com/-GcGR_3QW-t0/VRD_5OMGwiI/AAAAAAAAAzc/Jl56C1vgxuU/s1600/20150323221500.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-GcGR_3QW-t0/VRD_5OMGwiI/AAAAAAAAAzc/Jl56C1vgxuU/s72-c/20150323221500.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2015/03/kelompok-teater-uin-walisongo-tolak.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2015/03/kelompok-teater-uin-walisongo-tolak.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin