Pesantren Tonggak perjuangan



Cirebon-ideaers.com-Sabtu (22/11), pondok pesantren Kyai Haji Aqil Siraj (KHAS) Kempek, menyelenggarakan peringatan haul KH. Aqil Siraj, KH. Nashir Abu Bakar, dan Hj. Afifah Harun yang ke-25. Acara yang bertempat di halaman madrasah Tsanawiyah KHAS ini dihadiri oleh pengasuh, alumni, dan warga sekitar. Tampak pula KH. Sa’id Aqil Siraj (Ketua Umum PBNU), Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat), Imam Nahrawi (Mentri Pemuda dan Olah Raga), dan Ki Entus Siswono (Bupati Tegal).

Setiba di lokasi pukul 20.00, rombongan tamu undangan disambut lantunan musik oleh Al-Anwar Marching Band (AMB) dari pondok pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang. Dilanjutkan dengan penayangan foto masyayikh Kempek dan pidato KH. Ja’far Siraj Aqil.

KH. Musthafa Aqil memberikan sambutan bahwa haul tahun ini terasa beda dari sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya KH. Ja’far masih hidup, segala urusan ditangani beliau semua. Beliau meninggalkan tugas yang berat, yang tidak mampu dilakukan keluarga yang ditinggalkan. “Saya berharap pondok pesantren Kempek selalu diparingi berkah,” ungkap kyai yang akrab disapa kang Mu.

Menurut Ahmad Heryawan, sekarang banyak bermunculan aliran-aliran sesat. Ia megajak semua elemen masayarakat, terutama kalanga pesantren, bersama-sama menegakkan Ahlus Sunah Waljama’ah.

“Pada dasarnya pesantren merupakan tonggak perjuangan, maka pemerintah Jawa Barat memberikan perhatian terhadap pesantren dengan memberi dana bantuan. Kami lakukan agar pesantren sebagai penggerak penyelamat alam semesta,” terang Ahmad Heryawan.


KH. Sa’id Aqil menambahkan bahwa peran pesantren adalah membentuk budaya, peradaban dan akhlaqul karimah. Di samping itu juga, pesantren harus mampu meredam segala konfik yang terjadi di masyarakat. Kaum Nahdliyin harus bisa menyinegirkan segala perbedaan yang ada. Sebagaimana yang pernah dilakukan Mbah Hasyim Asy’ari yang telah mampu mempersatukan antara ukhuwah islamiyah (beragama Islam) dan ukhuwah wathoniyah (bernegara). “Beliau berpesan kepada putranya, Wahid Hasyim, agar tidak mempertentangkan antara agama dan nasionalitas,” ungkap Kang Said mengakhiri ceramahnya. (Iin-IDEA)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,13,Berita,616,cerpen,15,EkspreShe,18,Essay,39,Oase,70,Opini,70,Puisi,51,Resensi,4,Resensi Buku,10,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,8,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Pesantren Tonggak perjuangan
Pesantren Tonggak perjuangan
http://1.bp.blogspot.com/-HkGRb6yZMbI/VHbzF1LjtgI/AAAAAAAAAd0/6mzP6X-cwJ4/s1600/IMG_20141123_104335.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-HkGRb6yZMbI/VHbzF1LjtgI/AAAAAAAAAd0/6mzP6X-cwJ4/s72-c/IMG_20141123_104335.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2014/11/pesantren-tonggak-perjuangan.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2014/11/pesantren-tonggak-perjuangan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin