Hasyim: Mari Ciptakan ‘Keluarga FU’

Hasyim Muhammad (kanan) ketika memberikan penjelasan mengenai OPAK. (doc.Zaki)


Semarang-IDEAPers.com-Rabu (17/06), “Mari kita eratkan hubungan layaknya keluarga. Kalau ada masalah apapun, mari diselesaikan bersama.” Begitulah inti pembicaraan Hasyim Muhammad, Wakil Dekan bagian Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin (FU) IAIN Walisongo Semarang, dalam acara sarasehan di Kantor Dekanat FU, Rabu (17/06).

Acara yang difasilitasi oleh Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Ushuluddin itu merupakan bentuk sambung rasa (sharing) antara seluruh pejabat ‘kampus biru’ (FU-red), meliputi pejabat dekanat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM-F), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). “Acara ini dimaksudkan agar kita bisa ngobrol bareng dengan dekanat terkait kaluh kesah dalam kegiatan. Juga nanti bisa disampaikan semua harapan dan keinginan tiap-tiap lembaga kepada pihak dekanat,” tegas Zaimuddin, ketua SMF Ushuluddin dalam sambutannya.

Sedangkan Nasihun Amin, Dekan Fakultas Ushuluddin juga menekankan tentang pentingnya acara sarasehan semacam ini. “forum ini menjadi ajang silaturrahim antara mahasiswa dengan pejabat dekanat, terutama kemahasiswaan. Semua elemen kampus sejatinya harus saling bersinergi satu sama lain,” papar Nasihun dalam sambutannya.

Ia juga menambahkan bahwa, sebenarnya pihak dekanat sudah berusaha sekuat mungkin untuk memenuhi keinginan mahasiswa, salah satunya memaksimalkan pengadaan dan penggunaan sarana dan prasarana di fakultas. “Selama ini, kami sudah berusaha melayani dengan sekuat tenaga. Misalnya saja, pengadaan lapangan volley dan juga peminjaman alat-alat musik yang sebelumnya berada di kantor dekanat. Semua itu memang berhak dipakai oleh mahasiswa. Namun perlu dipahami, prosesnya agak panjang, karena berurusan dengan birokrasi,” lanjutnya.

Karen ini adalah acara sharing, maka ada sesi tanya jawab dan juga saling tukar pikiran. Salah satunya Muqsith, Ketua BEM FU. Ia menanyakan tentang kejelasan OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan) di tahun ajaran mendatang (2014-2015). “Apa benar bahwa di OPAK berikutnya, akan fokus kepada bidang akademik, sedangkan bidang kemahasiswaan dikurangi, misalnya saja seperti UKM Expo?,” tegasnya saat bertanya ke pihak dekanat.

Dalam tanggapannya, Hasyim menjelaskan bahwa, untuk teknis dalam OPAK sebenarnya tidak menjadi masalah jika hal-hal urusan kemahasiswaan juga disampaikan. Namun, yang ditekankan dalam aturan baru adalah, agar mahasiswa baru benar-benar dapat memahami segala urusan akademik, meliputi cara pendaftaran (online), perwalian, pengambilan mata kulian, daftar ulang, dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar tak ada lagi mahasiswa yang kebingungan, mengingat sistem akademik sekarang sudah ‘serba on-line’.

Mengenai harapan dan keinginan dari pihak dekanat, sebagaimana pemaparan Hasyim dan Nasihun, yaitu agar bisa tercapai suasana kekeluargaan antara seluruh ‘warga’ Ushuluddin dan bisa saling bersinergi antar lembaga, baik kemahasiswaan maupun dekanat. Hasyim juga sempat menyesalkan tentang salah satu pemberitaan miring dalam beberapa berita di majalah IDEA maupun buletin el-Manhaj. “Saya itu sebenarnya tidak tahu tentang berita PPL di el-Manhaj. Malah Pak Nasihun yang kasih tahu saya. Ibarat, keluarga, maka ini adalah membuka aib keluarga sendiri kepada orang lain. Apalagi, saya juga sekaligus pembina IDEA, maka, rasanya seperti sakit hati,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Pemimpin Umum (PU) IDEA, Faiqoh Rosita, menjelaskan bahwa, tulisan apapun yang dibuat di dalam IDEA dan el-Manhaj merupakan aspirasi mahasiswa. “Kami hanya menyalurkan aspirasi mahasiswa, tanpa ingin dan punya niat jahat untuk menjelek-jelekkan atau menjatuhkan pihak fakultas,” tutur perempuan asal Rembang itu. (Iin-IDEA)

KOMENTAR

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,13,Berita,616,cerpen,15,EkspreShe,18,Essay,39,Oase,70,Opini,70,Puisi,51,Resensi,4,Resensi Buku,10,Resensi Film,19,Riset,4,Sastra,8,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Hasyim: Mari Ciptakan ‘Keluarga FU’
Hasyim: Mari Ciptakan ‘Keluarga FU’
http://1.bp.blogspot.com/-Mzl7yITM5KI/U6Hbk63vcpI/AAAAAAAAAY8/f8MYDTNS8go/s1600/Foto-0101.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-Mzl7yITM5KI/U6Hbk63vcpI/AAAAAAAAAY8/f8MYDTNS8go/s72-c/Foto-0101.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2014/06/hasyim-mari-ciptakan-keluarga-fu.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2014/06/hasyim-mari-ciptakan-keluarga-fu.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin