Diskusi 2013, "Membangun Kekompakan dan Persaudaraan"

doc. Imam


Ideapers – Forum diskusi perdana angkatan 2013 Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo, yang diikuti mahasiswa Aqidah Filsafat (AF), Tafsir Hadis (TH), Perbandingan Agama (PA), dan Tasawuf Psikoterapi (TP). Acara yang bertempat di Taman Jati Fakultas Tarbiyah tersebut, mengambil tema “Hadis Maudhu’” dengan pemateri Iin Sholihin (TH) dan beberapa pemateri yang diambil dari masing-masing jurusan. (23/05)

Dalam pemaparan Rubiantoro (TH) selaku ketua angkatan menjelaskan bahwa acara tersebut sebagai upaya integritas atau mempererat tali persahabatan dan persaudaraan angkatan 2013. Dia menambahkan dengan acara seperti itu, diharapkan mampu memberikan tambahan motivasi bagi temen-temen agar kedepannya mampu menjaga kekompakan.

“Dengan acara seperti ini, diharapkan tali silaturrakhim selalu dijaga dan kedepannya angkatan 2013 mampu memberikan sumbangsih kepada dirinya sendiri maupun fakultas.” Ungkapnya.

Iin sholihin selaku pemateri menjelaskan materi terkait “Hadis Maudhu’”, dia menjelaskan bahwa yang namanya Hadis Maudhu’ itu bukan berasal dari Nabi, tapi dinisbatkan kepada Nabi. Dan tidak bisa dikatakan sebagai Hadis, namun karena untuk membedakan mana Hadis Shahih dan Maudhu’, maka digolongkan kedalam Hadis.

“Hadis Maudhu’adalah Hadis palsu yang dinisbatkan kepada Nabi, tapi pada dasarnya bukan berasal dari Nabi.” Terangnya.

Dia menambahkan bahwa Hadis Maudhu’ boleh digunakan atau diamalkan dalam arti meningkatkan amal baik manusia, akan tetapi tidak bisa dijadikan sebagai Hujjah (sumber hukum-red) perbuatan tersebut.

“Hadis Maudhu’ bisa diamalkan untuk meningkatkan amal baik, namun yang tidak boleh adalah menjadikannya sebagi dasar hukum.” Tambahnya.  

Ali (TH) menambahkan bahwa dalam proses penelitain atau menguji keshahihan sebuah Hadis, harus melewati proses panjang sebelum mengetahui hadis itu Shahih atau Maudhu’.

“Kita bisa tahu sebuah hadis dikatakan Maudhu’, ketika sudah meneliti dengan melawati proses panjang.” Ungkapnya. (Imam/IDEA)

KOMENTAR

Name

Advertorial,1,Analisis Utama,2,Artikel,3,Berita,583,cerpen,14,EkspreShe,16,Essay,33,Oase,61,Opini,57,Puisi,43,Resensi,1,Resensi Buku,8,Resensi Film,16,Riset,2,Sastra,1,Surat Pembaca,7,
ltr
item
IDEApers: Diskusi 2013, "Membangun Kekompakan dan Persaudaraan"
Diskusi 2013, "Membangun Kekompakan dan Persaudaraan"
http://3.bp.blogspot.com/-R1ucfCHTV3w/U4LWDc-FKmI/AAAAAAAAAXQ/xsVkOP6TcNQ/s1600/IMAM.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-R1ucfCHTV3w/U4LWDc-FKmI/AAAAAAAAAXQ/xsVkOP6TcNQ/s72-c/IMAM.jpg
IDEApers
http://www.ideapers.com/2014/05/diskusi-2013-membangun-kekompakan-dan.html
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/
http://www.ideapers.com/2014/05/diskusi-2013-membangun-kekompakan-dan.html
true
2845694181721974662
UTF-8
Lihat Semua Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Komentar Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua BERITA TERKAIT RUBRIK ARSIP SEARCH SEMUA BERITA Tidak ditemukan Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow KONTEN INI PREMIUM Share sebelum membuka Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah disalin. Tidak bisa disalin